Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Cara agar Tidak Malas bagi Kamu yang Suka Menunda-nunda Pekerjaan

Kompas.com - 05/03/2022, 18:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Buku Antimalas dan Suka Menunda
Pengarang: Eya Agency
|
Editor Ratih Widiastuty

Rasa malas sebenarnya hal yang wajar untuk dialami oleh setiap orang.

Namun jika terus dibiarkan berlarut-larut, perasaan malas ini bisa menjadi sebuah kebiasaan yang tidak sehat dan mengganggu produktivitas kamu sehari-hari.

Akibatnya banyak tugas atau pekerjaan yang seharusnya bisa kamu selesaikan jadi tertunda dan justru menumpuk hingga semakin membebani kamu.

Rasa malas yang tak kunjung diatasi ini dalam jangka panjang juga bisa memberikan dampak terhadap kesehatan, baik fisik maupun mental kamu.

Oleh sebab itu, jangan anggap remeh perasaan malas yang kamu alami dan segera kumpulkan tekad untuk bisa mengatasinya.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melawan rasa malas agar kamu tidak lagi menunda-nunda pekerjaan.

Cara untuk Mengatasi Rasa Malas

1. Mencari Tahu Penyebabnya

Luangkan waktu sejenak untuk mengintrospeksi diri dan mencari tahu penyebab dari rasa malas yang sering kali kamu alami.

Kamu perlu jujur kepada diri kamu sendiri tanpa menutup-nutupi apa yang sebenarnya kamu rasakan untuk bisa melakukan hal ini.

Apakah kamu merasa malas karena jenuh dengan aktivitas yang sama setiap harinya?

Apakah kamu merasa malas karena takut dan kewalahan dengan tugas yang harus kamu hadapi?

Setelah mengetahui penyebab dari rasa malas yang kamu rasakan, kamu pun bisa mencari solusi untuk mengatasi rasa malas tersebut.

Jika kamu merasa bosan dengan kegiatan sehari-hari, maka kamu bisa membuat rencana liburan atau aktivitas menyenangkan yang akan kamu lakukan di akhir pekan, agar kamu menjadi lebih semangat untuk menyelesaikan pekerjaan saat ini.

Jika kamu merasa takut serta kewalahan dengan tugas yang harus kamu hadapi, maka kamu bisa menenangkan diri sejenak dan meyakinkan diri bahwa kamu pasti bisa menyelesaikan tugas yang telah diberikan kepada kamu.

Kamu juga bisa meminta bantuan atau pertolongan dari orang lain jika kamu masih merasa kalau tugas tersebut terlalu berat untuk diselesaikan seorang diri.

2. Membuat Jadwal dan Menyusun Skala Prioritas

Agar kamu tidak terlalu merasa terbebani dengan banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan, buatlah jadwal dengan menyusun prioritas terkait tugas mana yang perlu untuk dikerjakan terlebih dahulu.

Kamu bisa menyusun skala prioritas berdasarkan deadline atau tenggang waktu pengumpulan dan juga dari tingkat kesulitan pekerjaan.

Selesaikan satu per satu pekerjaan yang memiliki tenggang waktu paling dekat atau kerjakan tugas yang kamu anggap paling sulit terlebih dahulu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dengan begitu kamu jadi memiliki jadwal yang jelas dan terhindar dari perasaan bingung serta kewalahan karena tidak tahu harus mengerjakan tugas yang mana, yang justru sering kali berujung pada rasa malas.

Jika ada pekerjaan yang dirasa terlalu berat, kamu bisa membagi pekerjaan tersebut ke dalam beberapa bagian sehingga kamu bisa menyelesaikannya secara bertahap.

Dengan cara ini, pekerjaan yang dianggap berat tersebut bisa jadi terasa lebih ringan dan membuat kamu bekerja dengan lebih efisien.

3. Hindari Distraksi yang Mengganggu Produktivitas

Jauhkan gangguan yang bisa membuat kamu jadi tidak fokus saat menyelesaikan pekerjaan, seperti handphone, suasana yang bising, dan lain-lain.

Jika informasi terkait pekerjaan yang perlu kamu selesaikan hanya bisa kamu akses melalui handphone, maka kamu bisa menggunakan aplikasi seperti AppBlock atau AppDetox.

Aplikasi-aplikasi ini memungkinkan kamu untuk memblokir beberapa aplikasi yang kamu pilih supaya kamu tidak bisa membukanya dalam kurun waktu tertentu.

Kamu bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk memblokir akses terhadap media sosial selama sementara waktu agar kamu tidak tergoda untuk membukanya saat sedang menyelesaikan pekerjaan.

Selain itu, aplikasi ini juga bisa memblokir notifikasi chat yang kerap mengganggu dan mengalihkan perhatian kamu saat sedang bekerja atau belajar.

Nah, itulah ketiga tips untuk mengatasi rasa malas agar tidak berlarut-larut dan bisa mengganggu produktivitas kamu sehari-hari.

Bagi kamu yang sering menunda-nunda pekerjaan namun memiliki tekad untuk bisa mengubah kebiasaan buruk tersebut, Buku Antimalas dan Suka Menunda yang ditulis oleh Eya Agency bisa membantu kamu untuk mengatasi masalah ini.

Menurut penulis, terkadang rasa malas berlebihan yang kamu rasakan bisa disebabkan oleh adanya masalah emosi yang perlu dicari tahu akar permasalahannya untuk bisa membasmi perasaan malas tersebut.

Masalah-masalah emosi ini yaitu meliputi perasaan cemas, hilangnya hasrat, perasaan marah, terlalu sensitif, kesepian, tidak pernah merasa puas, kurangnya motivasi, dan lain-lain.

Selain bisa membantu mengulik rasa malas yang kamu alami secara lebih mendalam, kamu juga akan mendapatkan berbagai tips dan solusi untuk mengatasi rasa malas dari beragam faktor penyebabnya.

Dengan membasmi rasa malas hingga ke akarnya, kamu pun bisa jadi lebih produktif dan memiliki kesempatan lebih besar untuk menggapai impian yang ingin kamu wujudkan.

Kamu bisa mendapatkan buku Buku Antimalas dan Suka Menunda ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com