Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Manajemen Waktu yang Efektif dan Efisien

Kompas.com - 02/03/2022, 20:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Seni Mengelola Waktu
Pengarang: BRIAN ADAM
Penulis Okky Olivia
|
Editor Novia Putri Anindhita

Semua orang memiliki waktu 24 jam sehari, dan sekali waktunya telah berlalu, maka kamu tidak akan bisa mendapatkannya kembali.

Selain itu, manusia juga tidak memiliki kekuatan untuk memperlambat atau mempercepat waktu, jadi walaupun sudah diberikan waktu yang relatif panjang dalam sehari, masih banyak orang yang belum bisa mengatur waktunya dengan baik sehingga hari-hari yang dilewatinya menjadi tidak maksimal.

Bisa mengatur waktu dengan baik sebenarnya sangat dibutuhkan bagi setiap manusia, supaya semua kewajiban yang harus kamu kerjakan bisa selesai sesuai dengan target.

Tidak hanya itu saja, manajemen waktu yang baik ini juga sangat dibutuhkan dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja, sehingga kamu tidak gampang keteteran atau bahkan berhenti di tengah jalan karena merasa kelelahan.

Apa Itu Manajemen Waktu?

Manajemen waktu sendiri bisa diartikan sebagai salah satu cara untuk memanfaatkan dan mengatur waktu untuk mengerjakan berbagai aktivitas yang sudah direncanakan sebelumnya, dan harus selesai dalam jangka waktu yang sudah ditetapkan.

Manajemen waktu ini sangat bermanfaat bagi manusia untuk bisa melakukan pekerjaan secara lebih efektif dan efisien.

Untuk bisa memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik, kamu bisa coba melakukannya secara perlahan-lahan dan rutin sampai berhasil.

Lalu, apa saja yang harus dilakukan untuk bisa memiliki kemampuan manajemen waktu yang efektif dan efisien? Yuk, ikuti beberapa tipsnya berikut ini.

Tips Manajemen Waktu yang Efektif dan Efisien

1. Hentikan Kebiasaan Menunda

Secara psikologis, manusia memang hobi menunda sesuatu dan mereka lebih bersemangat untuk mengerjakan pekerjaan yang sifatnya sudah mendesak atau mendekati tanggal deadline.

Padahal, hal ini sangat tidak dianjurkan karena akan berdampak buruk bagi kesehatan dan membuat banyak pekerjaan lain menjadi terhambat, sehingga cobalah untuk menghentikan kebiasaan buruk sistem kebut semalam ini dan mulailah untuk belajar mengatur waktu dengan baik.

2. Membuat To do List

Saat kamu sudah tahu pekerjaan apa saja yang harus kamu kerjakan, kamu bisa mulai untuk membuat to do list yang biasanya didasarkan pada kepentingan atau deadline pengumpulannya.

Dengan memiliki daftar pekerjaan yang harus dikerjakan, kamu akan sangat menghemat waktu, membuat kamu tetap bisa fokus, dan lebih termotivasi.

Selain itu, kamu juga bisa lebih puas setiap kali melihat banyak tanda ceklis yang ada di daftar to do list.

3. Fokus dan Disiplin

Memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik juga akan membantu kamu mengatur pekerjaan dengan baik, sehingga kamu bisa mengerjakan pekerjaannya satu persatu dan tidak terburu-buru, hal ini akan membantu kamu agar tetap fokus.

Untuk membantu kamu tetap fokus dalam pekerjaan juga bisa dibantu dengan menjauhkan diri dari hal-hal yang yang berpotensi mengganggu pekerjaan, misalnya HP, internet, dan media sosial.

Selain fokus, sikap disiplin juga penting dalam manajemen waktu, karena tanpa disiplin maka semua prinsip, target, bahkan manajemen waktu yang sudah kamu miliki tidak akan ada gunanya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Orang-orang yang sukses adalah orang yang bisa fokus dan disiplin dalam mengerjakan kewajibannya.

Kebanyakan dari mereka juga bisa mengendalikan keinginan dan pikiran sehingga tidak mudah terpengaruh oleh apapun.

4. Mencari Motivasi Diri

Supaya manajemen waktu bisa terus berjalan efektif dan efisien, mencari motivasi untuk diri sendiri adalah salah satu hal yang bisa kamu lakukan.

Dalam mengerjakan setiap pekerjaan, kamu tentunya akan menghadapi berbagai rintangan atau masalah yang tidak terduga dan bisa memberikan pengaruh negatif pada kinerjamu.

Tapi saat kamu sudah tahu cara untuk memotivasi diri sendiri, kamu akan lebih fokus menyelesaikan masalah dan mengendalikan diri, sehingga kamu tetap bisa bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan bisa meningkatkan kemampuan manajemen waktu.

5. Beri Jeda untuk Istirahat

Dalam mengatur manajemen waktu, jangan lupa untuk menyediakan waktu istirahat supaya kamu bisa tetap fokus dalam melakukan berbagai aktivitas.

Selain itu, istirahat juga akan membantu pikiran kamu tetap jernih dan segar sehingga kamu tidak akan mudah lelah.

Waktu istirahat ini bisa kamu isi dengan berbagai aktivitas misalnya tidur, jalan-jalan di sekitar rumah, meditasi, olahraga ringan, bermain bersama hewan peliharaan, membaca buku, dan masih banyak aktivitas lain yang bisa kamu lakukan.

Walaupun menunda pekerjaan bukanlah hal yang baik, tapi terus menerus bekerja tanpa henti juga bukan keputusan yang tepat karena akan berdampak buruk bagi kesehatanmu.

Waktu merupakan satu-satunya hal di dunia yang tidak bisa ditunda maupun dihentikan, ia terus berjalan tanpa kenal lelah, bahkan bisa terlewat begitu saja saat manusia lengah karena terlalu banyak menikmati suatu momen.

Untuk bisa belajar bagaimana cara memanfaatkan waktu dengan baik, Brian Adam mencoba menuliskannya dalam bukunya yang diberi judul Seni Mengelola Waktu.

Walaupun tidak bisa dihentikan, tapi waktu ini juga bisa menjadi teman yang baik kalau kamu bisa mengaturnya dengan bijaksana, jadi melalui buku ini kamu akan belajar bagaimana caranya menghabiskan tiap detik, menit, dan jam dengan aktivitas yang bermanfaat sehingga tidak akan ada penyesalan yang berarti dalam hidupmu.

Jika kamu ingin belajar bagaimana memanajemen waktu dengan lebih baik lagi, buku ini bisa kamu jadikan pilihan yang tepat.

Untuk mendapatkan buku ini, kamu bisa membelinya melalui di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Klik di sini dan dapatkan vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com