Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Menjadi Ambivert Lewat Buku Terbaru Erwin Parengkuan

Kompas.com - 04/03/2022, 18:00 WIB
Dokumentasi GPU Dokumentasi GPU
Rujukan artikel ini:
Understand-Inc People 2.0: Cara Menjadi…
Pengarang: Erwin Parengkuan
|
Editor Ratih Widiastuty

Mengenal diri sendiri, sekaligus mengetahui kelemahan dan keunggulannya, merupakan fondasi penting dalam hidup.

Jika mampu melakukan ini, maka seseorang dapat memiliki kemampuan untuk memperkecil konflik, meringankan beban pikiran, menemukan solusi yang tepat, bahkan menjadi alat yang mampu membantu mencapai mimpi dan tujuan yang diinginkan dalam hidup.

Mengenali Diri Sendiri Untuk Meraih Tujuan Hidup Yang Lebih Baik

Gagasan ini yang kemudian dikembangkan Erwin Parengkuan lewat buku terbarunya yang berjudul Understand-Inc People 2.0.

“Dengan pengalaman selama lebih dari 33 tahun di dunia komunikasi, saya yakin bahwa memahami kepribadian orang lain dan melihat bagaimana mereka bereaksi terhadap satu informasi menjadi ilmu inti dari semua profesi.

Profesi apa pun yang akan dijalani, percayalah, mengenali kepribadian dan gaya komunikasi seseorang akan memudahkan dalam berhubungan dengan orang lain,” tutur Erwin.

Di buku Understand-Inc People 2.0, Erwin memperdalam pembagian empat kepribadian (Sanguinis, Koleris, Melankolis, dan Plegmatis) yang digagas Hippocrates dengan menyusun sebuah instrumen penghubung antara kepribadian dengan gaya komunikasi.

Macam-Macam Instrumen Kepribadian

Erwin mempelajari bahwa dengan memahami dua hal ini akan dapat memaksimalkan keahlian komunikasi seseorang. Instrumen ini kemudian ia namai GKRD: si Gesit, si Kuat, si Rinci, dan si Damai.

1. Si Gesit

Si Gesit adalah seseorang dengan kepribadian Aggressive-Leader, jiwa yang penuh semangat.

2. Si Kuat

Si Kuat merupakan kepribadian Confident-Individual yang ditandai dengan rasa percaya diri yang sangat tinggi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Si Rinci

Si Rinci berkepribadian Defensive-Thinking yang pemikir, senang mengolah ide dan gagasan, cenderung tertutup, dan lebih senang mengambil peran di balik layar.

4. Si Damai

Si Damai adalah Adaptive-Compromise yang biasanya selalu mengambil langkah kompromi dalam memecahkan masalah.

“Buku ini akan memandu pembaca untuk memiliki self-concept yang matang, terutama dalam menghadapi situasi yang kerap berubah begitu cepat dan menuntut kita untuk menjadi pribadi yang cepat beradaptasi,” tambah Erwin.

“Apa yang saya sampaikan akan membantu untuk memahami pentingnya menjadi ambivert yang bisa menyeimbangkan semuanya, menyelaraskan self-image dan social image, serta meningkatkan kualitas pribadi dengan menambah kualifikasi survival skills yang akan bermanfaat sampai tua nanti.”

Buku ini menjadi buku kesepuluh karya Erwin Parengkuan, di mana tiga di antaranya, yaitu: Talk-inc Points, Understand-Inc People, dan Smart Eating, berhasil menjadi national bestseller serta menyabet satu penghargaan International Gourmand Cookbook Awards di Beijing.

Buku cetak dan ebook Understand-Inc People 2.0 saat ini sudah tersedia di berbagai toko buku, baik fisik maupun online, serta di aplikasi Gramedia Digital.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

(Wisnu/GPU)

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com