Lulus SMA Mau Jadi Tentara? Ini Persyaratan Masuk TNI yang Bisa Kamu Ikuti

Lihat Foto
Sumber Gambar: Kompas.com
Persyaratan Masuk TNI
Rujukan artikel ini:
Panduan Resmi Seleksi Tes Masuk…
Pengarang: PRAJA EDUKASI
Penulis Okky Olivia
|
Editor: Ratih Widiastuty

TNI Angkatan Darat, Laut, maupun Udara, membuka kesempatan seluas-luasnya kepada lulusan SMA/sederajat untuk bisa menjadi calon tentara angkatan tahun 2022, bahkan pendaftaran secara online sudah dibuka sejak 3 Januari 2022 sampai 10 Juli 2022.

Tahun ini, pendaftaran calon tentara khususnya TNI AD dibagi menjadi 2 gelombang, gelombang 1 khusus untuk para santri dan lintas agama, sementara gelombang 2 khusus untuk pendaftar regular.

Rekrutmen Calon tentara ini bisa diikuti oleh para pendaftar yang memiliki ijazah minimal SMA/MA/SMK sederajat dengan usia minimal 17 tahun 9 bulan dan maksimal 22 tahun.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah persyaratan yang harus kamu penuhi untuk mengikuti pendaftaran TNI di tahun 2022. Baca juga selengkapnya terkait Urutan Pangkat TNI.

Persyaratan Pendaftaran TNI Tahun 2022

1. Persyaratan Umum

2. Persyaratan Lain

Pria atau wanita, bukan merupakan anggota atau mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI.

Memiliki ijazah minimal lulusan SMA/MA/SMK baik negeri maupun swasta yang terakreditasi sesuai kebutuhan, dengan persyaratan nilai rata-rata yaitu sebagai berikut:

Belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama masa pendidikan pertama sampai dengan 2 (dua) tahun setelah selesai pendidikan pertama.

Usia:

Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 160 cm untuk laki-laki dan 155 cm untuk perempuan, serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.

Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama kurang lebih 10 tahun.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Bersedia untuk ditempatkan atau ditugaskan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Harus mengikuti pemeriksaan atau pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan, meliputi:

3. Persyaratan Tambahan

4. Persyaratan Khusus

Memenuhi persyaratan Rik/Uji sesuai dengan ketentuan.

Itulah beberapa persyaratan masuk TNI tahun 2022 yang bisa kamu persiapkan sebelum mendaftar menjadi calon bintara.

Selain persyaratan administrasi, kamu juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi lain dalam bentuk tes tertulis atau tes online.

Untuk membantu proses belajarmu, kamu bisa membaca buku Panduan Resmi Seleksi Tes Masuk Tni-Polri yang ditulis oleh Praja Edukasi.

Buku ini berisi panduan lengkap yang bisa kamu gunakan sebagai pedoman untuk mendaftar ke TNI dan Polri, yakni berupa persyaratan pendaftaran, tahapan seleksi, contoh latihan soal psikotes TNI, contoh soal tes TOEFL, dan masih banyak lagi.

Walau membutuhkan proses yang cukup panjang, buku ini akan berusaha memandu proses pendaftaran kamu sampai nantinya berhasil diterima sebagai salah satu calon anggota TNI seperti yang kamu impikan.

Buku ini bisa kamu dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

TAG:

Terkini
Lihat Semua
Jelajahi