Simak Prospek Menjadi Driver Ojek Online Beserta Tipsnya Berikut Ini

Kompas.com - 01/03/2022, 13:00 WIB
Sumber foto: Shutterstock
Rujukan artikel ini:
Cerdas Hukum - Awas Motor…
Pengarang: Sahrul Mauludi
|
Editor Almira Rahma Natasya

Kemajuan dunia teknologi semakin mempermudah siapa saja untuk mendapat pekerjaan secara digital, bahkan menjadi seorang driver ojek sekali pun kini bisa dilakukan secara online sehingga memudahkan driver mendapatkan pelanggan.

Mungkin, dahulu sebelum dunia teknologi berkembang seperti sekarang untuk menjadi pengemudi ojek hanya bisa dilakukan di daerah tertentu saja dengan mengandalkan pelanggan setia yang memakai jasa kita.

Namun, sekarang menjadi driver ojek bisa dilaksanakan di mana saja dan kapan saja karena daya jangkaunya yang lebih luas melalui aplikasi ojek online.

Penggunaan aplikasinya yang mudah, harganya yang terbilang lebih murah dibandingkan ojek konvensional, hingga berbagai promo yang dihadirkan, membuat profesi driver ojek online menjadi salah satu peluang yang menjanjikan secara finansial dan fleksibilitas.

Tidak mengherankan jika kini semakin banyak orang dari berbagai profesi mulai memilih bekerja sambilan sebagai driver ojek online sebab mampu memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan, mulai dari mahasiswa, pekerja kantoran, hingga masyarakat umum biasa sudah melirik profesi ini.

Akan tetapi, tips apa saja yang harus dilakukan sebelum memulai profesi sebagai driver ojek online? Simak tips mendapatkan banyak pesanan untuk driver ojek online berikut ini.

Tips Menjadi Seorang Driver Ojek Online

1. Mempunyai Kendaraan Beserta Surat-suratnya

Tips pertama untuk menjadi seorang driver ojek online adalah memiliki kendaraan yang akan digunakan beserta surat-surat penting yang melengkapinya, seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) agar saat membawa penumpang kamu tidak perlu merasa khawatir saat sedang ada patroli polisi.

Pentingnya memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) adalah untuk menjaga keamanan penumpang agar mereka tahu kualifikasi kamu dalam mengemudi sudah teruji dan kendaraan yang kamu bawa pun jelas kepemilikannya.

2. Gunakan Spesifikasi Smartphone yang Bermutu Baik

Penting sekali untuk diingat jika ingin menjadi seorang driver ojek online, kehadiran smartphone teramat krusial, sebab segala aktivitasmu sebagai pengemudi ojek online ada di sana, mulai dari mencari penumpang, melihat peta jalan, hingga rating yang diberikan oleh penumpang.

Usahakan untuk menggunakan smartphone dengan spesifikasi yang baik dan tidak “lemot” saat digunakan agar tidak mengecewakan pelanggan serta menghilangkan peluang mendapatkan penumpang yang akan memesan jasa ojek online.

3. Cari Daerah yang Berpotensi Memiliki Banyak Penumpang

Manfaatkan peluang di saat-saat tertentu untuk menemukan daerah yang cocok dalam menjaring banyak penumpang, contohnya saat siang hari cobalah untuk mencari penumpang di daerah perkantoran, karena biasanya banyak karyawan yang akan makan siang membutuhkan jasa ojek online.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu tidak harus terpaku pada satu tempat atau daerah saja untuk mencari penumpang, tapi usahakan untuk mendatangi beberapa tempat potensial di jam-jam tertentu yang berpotensi mendapatkan penumpang.

4. Pertahankan Rating yang Tinggi di Aplikasi

Rating kamu di aplikasi ojek online bisa dibilang sangat penting dan berpengaruh dalam mendapatkan penumpang, sebab kebanyakan orang akan melihat driver yang memiliki rating tinggi sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa pengemudi tersebut.

Maka dari itu, pertahankan dan tingkatkan pelayanan yang memuaskan terhadap penumpang agar mereka bisa merasa puas dan nyaman saat menggunakan jasa ojek online yang kamu berikan sehingga mereka tidak ragu untuk memberikan rating yang tinggi terhadap pelayananmu.

5. Pindah Lokasi Saat Ada Banyak Driver di Satu Tempat

Ketika tempat yang kamu datangi untuk mendapatkan penumpang telah penuh diisi oleh driver lainnya, usahakan untuk pindah dan mencari lokasi baru yang lebih sepi driver, tapi penuh dengan penumpang.

Daripada harus membuang-buang waktu di satu tempat untuk bersaing mendapatkan pelanggan dengan driver lainnya, alangkah baiknya jika kamu memilih untuk mencari lokasi baru yang tampak lebih menjanjikan.

Semoga tips menjadi driver ojek online ini dapat membantu melancarkan usaha kamu sebagai pengemudi ojek online dan berbicara tentang memiliki kendaraan sebagai modal utama untuk menjadi driver ojek online, buku yang satu ini rasanya akan cocok untuk kamu baca terlebih dahulu.

Buku Cerdas Hukum – Awas, Motor Disita! yang ditulis oleh Sahrul Mauludi akan membantu kamu dalam memberikan solusi dalam menghadapi perlakuan buruk dari para debt collector jika kendaraan yang kamu beli melalui proses kredit.

Di sini kamu akan mendapatkan pemahamannya hukum tentang hak-hak apa saja yang kamu dapatkan sebagai seorang debitur melalui kacamata hukum yang bisa melindungi dari ancaman debt collector.

Oleh karenanya, penting sekali untuk memahami apa saja hak dan kewajiban yang dimiliki sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan melalui proses kredit dengan membaca buku ini.

Buku Cerdas Hukum – Awas, Motor Disita! dapat kamu beli dan peroleh di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya!

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!


Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.