Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Bisnis Ternak Bebek, Simak Hal-hal yang Perlu Diperhatikan untuk Memulai Bisnisnya

Kompas.com - 21/02/2022, 18:00 WIB
Sumber Gambar: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Beternak Bebek Hibrida Gungsi :…
Pengarang: Drh. Agustin Polana
|
Editor Ratih Widiastuty

Peluang usaha yang hadir di daerah pedesaan selalu berhubungan dengan alam, seperti pertanian, perkebunan, hingga peternakan yang biasanya mampu menjadi supplier kebutuhan pokok untuk seluruh masyarakat, khususnya sumber makanan.

Salah satu bisnis yang peluangnya menjanjikan adalah ternak bebek yang mampu menghasilkan daging dan telur, yang akan banyak dicari karena jumlah penggemar makanan dari hewan yang satu ini tergolong banyak.

Banyak sekali olahan masakan yang dapat dihasilkan dari bebek.

Bisa dibilang bebek adalah salah satu hewan ternak yang banyak dicari oleh masyarakat untuk dijadikan bahan konsumsi.

Daging bebek terkenal memiliki cita rasa yang lezat jika diolah dengan baik.

Selain itu, telur bebek yang kaya akan gizi juga mempunyai rasa yang tidak kalah enak dengan dagingnya, sehingga permintaannya semakin meningkat.

Melihat peluang yang terbuka lebar ini, kamu bisa mengambil kesempatan untuk mulai mempelajari cara beternak bebek yang baik dan benar agar mampu menjadi seorang pengusaha ternak bebek yang sukses.

Sebelum memulai bisnis ternak bebek, alangkah baiknya jika kamu mempelajari hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menjadi seorang pebisnis ternak bebek, simak uraian berikut ini.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan untuk Memulai Usaha Ternak Bebek

1. Menyiapkan Kandang

Selain harus menyiapkan modal, langkah awal dalam memulai bisnis ternak bebek adalah dengan mempersiapkan kandang yang ideal dan sesuai dengan syarat yang dibutuhkan untuk beternak bebek.

Jangan lupa untuk mengatur suhu ruangan dalam kandang agar bebek yang akan dipelihara nantinya bisa nyaman dan tidak stres, sehingga mampu menghasilkan kualitas telur dan daging yang bagus.

Terakhir, atur juga penerangan yang pas dan sesuai ukuran kandang bebek yang akan dibuat, untuk memudahkan saat akan mengatur serta membersihkan kandang nantinya.

2. Memilih Bibit Bebek yang Berkualitas

Jangan pernah asal saat akan membeli bibit bebek, agar tidak menelan kerugian akibat kecacatan ataupun penyakit yang diderita bebek tersebut nantinya.

Pilihlah penyedia bibit bebek yang sudah mempunyai nama dan tidak perlu diragukan lagi kualitasnya meskipun harganya sedikit lebih tinggi.

Jika itu sebanding dengan bibit bebek yang unggul, maka tidak ada salahnya mengeluarkan modal sedikit lebih banyak.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Satu hal lagi yang patut diingat sebelum membeli bibit bebek adalah dengan mencari informasi dan mempelajari terlebih dahulu jenis-jenis bibit bebek apa saja yang memang layak dan cocok untuk kamu pelihara.

3. Perhatikan Pemberian Pakan dan Vitamin

Atur jumlah pakan yang tepat untuk bebek sesuai dengan usia mereka agar tidak mengurangi kualitas daging dan telur bebek nantinya, sehingga dengan takaran pakan yang sesuai, hasil yang akan didapatkan pun bisa bagus dan berkualitas.

Jangan lupa juga untuk selalu memberikan suplemen dan vitamin untuk bebek-bebek yang kamu pelihara, agar kesehatan dan kualitas daging serta telur bisa terjaga.

Pilih pula jenis pakan yang tepat, sebab kualitas pakan yang buruk akan sangat memengaruhi kondisi kesehatan bebek yang akan berdampak negatif pada kualitas daging dan telur yang akan dihasilkan nantinya.

4. Utamakan Kebersihan Kandang

Rasanya akan percuma saja jika kamu sudah memberikan yang terbaik untuk segala sesuatunya, tapi kebersihan kandang malah diabaikan sehingga menimbulkan berbagai macam penyakit hingga kematian bagi bebek-bebek yang dipelihara.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan kandang dengan cara membersihkannya setiap minggu, agar kotoran tidak menumpuk dan kesehatan bebek bisa terjamin.

Jangan lupa juga untuk rutin menyemprotkan desinfektan pada kandang bebek agar kuman dan virus yang ada di dalamnya bisa mati, sehingga mutu dan kualitas bebek bisa terus terjaga.

Hal-hal yang sudah dibahas tadi dapat menjadi bahan pertimbangan bagi kamu sebelum memulai bisnis ternak bebek.

Tapi jika masih memerlukan informasi yang lebih akurat, rekomendasi buku yang satu ini akan sangat menolong.

Buku Beternak Bebek Hibrida: 35 Hari Panen adalah jawaban yang kamu butuhkan untuk menjadi seorang peternak bebek yang andal dan sukses.

Buku ini berisi tentang seluk beluk mengenai beternak bebek hibrida, seperti membuat bebek tahan akan penyakit, pola memelihara yang minim bau, hingga memperbesar bobot bebek yang siap panen dalam waktu 35 hari.

Semuanya dibahas dengan lengkap dari sumber terpercaya sehingga saat akan mempraktikkan ilmu yang ada dalam buku ini, kamu tidak perlu untuk merasa ragu lagi.

Buku Beternak Bebek Hibrida: 35 Hari Panen bisa kamu beli di Gramedia.com dan selamat mencoba menjadi peternak bebek yang andal.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com