Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Ciri-ciri Orang yang Punya Wibawa, Apakah Kamu Memiliki Salah Satunya?

Kompas.com - 12/02/2022, 19:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Menjadi Pribadi Tegas & Berwibawa…
Pengarang: Manggala Prayoga
|
Editor Novia Putri Anindhita

Kewibawaan merupakan salah satu sikap atau kepribadian yang apabila dimiliki oleh seseorang, bisa membuat orang tersebut disegani dan dihormati oleh orang lain.

Hal ini disebabkan karena seseorang yang memiliki wibawa biasanya lebih bijak dalam menyikapi suatu permasalahan dan bisa mengambil tindakan yang tepat setelah mempertimbangkan segala kemungkinan yang ada.

Karena hal inilah, orang-orang yang berwibawa jadi banyak dicari untuk dimintai pendapat atau saran dan biasanya mereka juga cocok untuk menjadi figur pemimpin dalam ranah karier.

Berikut adalah ciri-ciri yang bisa kamu perhatikan untuk melihat apakah seseorang memiliki sikap wibawa atau tidak.

Ciri-ciri Orang yang Punya Wibawa

1. Memiliki Sifat Sabar dan Tenang

Seseorang yang berwibawa biasanya merupakan seorang yang penyabar dan memiliki sikap yang tenang.

Ketika menghadapi suatu masalah, mereka bisa mengendalikan diri dengan baik dan tidak mudah tersulut oleh emosi.

Mereka lebih memilih untuk memikirkan permasalahan tersebut dengan tenang dan mencari jalan keluar terbaik untuk menyelesaikannya.

Mereka juga tidak mudah panik sehingga bisa membuat suasana jadi lebih kondusif dengan kesabaran dan ketenangan yang mereka tularkan kepada orang lain.

2. Memiliki Sikap yang Tegas

Orang yang berwibawa sering kali terlihat memiliki sikap yang tegas, terutama saat mengutarakan pendapat pribadinya.

Mereka menganggap bahawa apa yang mereka sampaikan merupakan hasil dari pemikiran yang telah mereka pertimbangkan masak-masak, sehingga mereka biasanya juga tidak mudah terpengaruh oleh orang lain.

Karena sikapnya yang tegas ini, terkadang mereka menjadi kurang peka jika pendapat mereka bisa saja menyinggung orang lain.

Mereka hanya merasa bahwa mereka tengah mencoba untuk bersikap jujur kepada diri mereka sendiri dan juga orang lain dengan mengemukakan pendapat yang mereka anggap benar.

3. Berbesar Hati dan Mudah Memaafkan Orang Lain

Orang yang memiliki wibawa tahu bahwa tidak ada gunanya untuk memendam kekesalan atau perasaan benci terhadap orang lain.

Sebaliknya, dengan memiliki hati yang lapang dan mudah memaafkan akan membuat hidup mereka menjadi lebih tenang dan juga tentram.

Mereka tidak suka berlarut-larut memikirkan masalah yang sama dan lebih memilih untuk segera menyelesaikannya, serta tidak terlalu mengambil hati akan permasalahan tersebut.

4. Memiliki Pendirian yang Teguh

Selain memiliki sikap yang tegas, orang yang berwibawa biasanya juga memiliki pendirian yang teguh dan tidak mudah terpengaruh dengan pendapat orang lain.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Sikap ini sering kali membuat mereka dianggap kaku atau bahkan egois oleh orang lain.

Meskipun begitu, orang yang berwibawa biasanya tidak ambil pusing dengan pendapat orang lain tentang diri mereka dan tetap berpegang teguh pada prinsip atau nilai moral yang mereka percaya.

5. Memiliki Sikap Rendah Hati

Meskipun terkesan egois dan kurang peka terhadap sekitar, namun orang yang berwibawa biasanya justru memiliki sikap yang rendah hati dan tidak suka menyombongkan diri.

Mereka percaya akan diri mereka sendiri dan juga dengan prinsip-prinsip yang mereka pegang, namun hal tersebut tidak lantas membuat mereka merasa lebih baik dibandingkan orang lain.

6. Mau Mendengarkan Orang Lain

Orang yang berwibawa biasanya merupakan seorang pendengar yang baik dan membuat orang lain nyaman untuk menceritakan keluh kesah mereka serta meminta pendapat atas permasalahan yang tengah mereka hadapi.

Meskipun tidak mudah terpengaruh dengan pendapat orang lain, namun orang yang berwibawa senang terlibat dalam diskusi dan debat yang positif dengan orang lain.

Mereka cenderung menghargai perbedaan pendapat yang dimiliki oleh masing-masing orang dan tidak suka memaksakan pendapat pribadinya kepada orang lain.

Nah, itulah keenam ciri-ciri yang biasanya dimiliki oleh orang-orang yang berwibawa yang bisa kamu cermati.

Untuk memiliki dan mengembangkan kepribadian yang berwibawa ini, kamu bisa membaca buku Menjadi Pribadi Tegas dan Berwibawa Setiap Saat Semua Situasi yang ditulis oleh Manggala Prayoga.

Melalui buku ini, penulis menekankan mengenai betapa pentingnya berpikiran positif untuk bisa meraih kedua hal tersebut, yaitu untuk menjadi pribadi yang tegas dan juga berwibawa.

Menurut Manggala, dengan memiliki pikiran yang positif, maka kamu akan terus berusaha dan berproses untuk menjadi individu yang lebih baik, yang dengan sendirinya akan membuat orang lain mendukung usaha yang kamu lakukan.

Bagi Manggala, tidak hanya orang-orang sukses yang memiliki harta yang berlimpah saja yang bisa menjadi seseorang yang berwibawa, melainkan siapapun bisa menumbuhkan sikap wibawa ini asalkan orang tersebut mau untuk berusaha.

Dengan pembahasan yang ringan dan penulisan yang santai, buku ini akan mengulas bagaimana cara untuk menciptakan kepribadian yang tegas dengan akal yang positif dalam menyikapi segala situasi yang kamu hadapi.

Kamu bisa mendapatkan buku Menjadi Pribadi Tegas dan Berwibawa Setiap Saat Semua Situasi ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com