Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut 5 Ide Jualan di Masa Pandemi yang Dijamin Menguntungkan

Kompas.com - 28/01/2022, 09:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
This Is Marketing: Anda Tidak…
Pengarang: Seth Godin
|
Editor Ratih Widiastuty

Selama pandemi Covid-19 banyak orang terpaksa kehilangan pekerjaannya, baik karena diberhentikan atau karena mengalami kebangkrutan.

Kondisi ini memaksa kamu untuk memutar otak dan berpikir kreatif mengenai ide bisnis apa yang sekiranya akan sukses di masa pandemi.

Jika kamu membutuhkan ide untuk membangun bisnis di masa pandemi ini, berikut beberapa contoh ide jualan yang bisa kamu terapkan.

5 Ide Jualan di Masa Pandemi

1. Bisnis Masker Kain

Selama pandemi Covid-19, masker telah menjadi barang wajib yang harus dikenakan oleh setiap orang ketika hendak bepergian.

Hal ini menyebabkan kebutuhan akan masker menjadi sangat tinggi dan bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan.

Kamu bisa membuat masker kain dengan berbagai motif dan warna untuk menarik perhatian konsumen agar mereka membeli masker yang kamu jual.

Namun, jangan lupa untuk memastikan masker yang kamu buat telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh pemerintah

2. Bisnis Pulsa atau Paket Data

Selama masa pandemi, banyak orang yang menyelesaikan pekerjaannya dari rumah atau yang biasa disebut dengan WFH (Work From Home).

Selain itu, murid-murid sekolah serta mahasiswa juga melakukan pembelajaran jarak jauh di rumah masing-masing.

Hal ini menyebabkan kebutuhan akan pulsa atau paket data menjadi tinggi.

Tidak hanya untuk kebutuhan pekerjaan dan sekolah saja, namun juga sebagai hiburan ketika menghabiskan waktu selama berada di rumah.

Sebagian besar orang menghabiskan waktunya dengan menonton film atau drama, menonton Youtube, dan lain-lain yang membutuhkan koneksi internet.

3. Bisnis Camilan

Bisnis snack atau camilan bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan karena banyak orang yang senang memakan camilan sambil menyelesaikan pekerjaannya di rumah.

Terdapat berbagai macam jenis camilan yang bisa kamu jual, seperti kerupuk seblak dan bakso goreng yang sedang tren, mie lidi, usus krispi, keripik buah, dan lain-lain.

Kamu bisa memproduksi sendiri camilan yang akan kamu jual ataupun kamu bisa menjadi reseller dan memasarkan camilan yang kamu peroleh dari supplier.

4. Bisnis Produk Kesehatan Tubuh

Banyak orang yang menjadi lebih peduli akan kesehatan tubuhnya semenjak pandemi Covid-19 ini.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Hal ini membuat orang-orang tersebut senang membeli berbagai macam produk kesehatan tubuh seperti vitamin, jamu, ataupun madu untuk membantu meningkatkan sistem imun dan kekebalan tubuh.

Kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk memperoleh keuntungan dengan menjual produk kesehatan tubuh yang saat ini banyak dicari dan diminati oleh masyarakat.

5. Bisnis Frozen Food

Bisnis frozen food atau makanan beku telah menjadi salah satu bisnis yang populer di masa pandemi.

Penyajiannya yang praktis dan bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama menjadi kelebihan yang disukai oleh banyak orang.

Pemasaran frozen food juga tergolong mudah karena kamu bisa menjualnya ke berbagai daerah tanpa perlu khawatir jika kualitas makanannya akan berkurang.

Terdapat berbagai macam produk frozen food yang bisa kamu tawarkan, seperti daging sapi atau ayam, daging ikan, nugget, bakso, tempura, sosis, dan lain-lain.

Nah, itulah kelima ide jualan yang menguntungkan yang bisa kamu coba di masa pandemi seperti saat ini.

Ketika membangun sebuah bisnis, tentunya kamu perlu mengetahui dan menguasai teknik marketing yang tepat untuk bisa memaksimalkan pemasaran dari produk yang kamu jual.

Buku This is Marketing: Anda Tidak Akan Terlihat Sebelum Anda Belajar Melihat yang ditulis oleh Seth Godin ini bisa membantu kamu untuk belajar mengenai teknik marketing yang bisa kamu terapkan dalam bisnis kamu nantinya.

Di dalam buku ini, kamu akan mendapatkan informasi terkait pendekatan dalam melihat pemasaran, penjualan dan periklanan yang telah diaplikasikan oleh banyak pengusaha sukses.

Seth Godin sendiri merupakan seorang pengusaha dan pembicara publik yang telah menginspirasi jutaan orang melalui blog, kursus online, kuliah dan buku yang ditulisnya.

Melalui buku ini, penulis membagikan mengenai strategi pemasaran yang tepat berdasarkan empati, koneksi, dan juga kerja emosional untuk menarik perhatian konsumen.

Dengan menggabungkan wawasan, pengamatan dan contoh kasus yang dialami oleh penulis, Godin memaparkan terkait cara membangun kepercayaan, seni memosisikan diri untuk menentukan target pasar yang sesuai, cara terbaik yang efektif untuk mencapai tujuan kamu dalam berbisnis, dan juga pendekatan dalam pemasaran yang lebih ampuh untuk diaplikasikan.

Kamu bisa mendapatkan buku This is Marketing: Anda Tidak Akan Terlihat Sebelum Anda Belajar Melihat ini dengan mudah di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang dapat kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, langsung klik di sini untuk dapatkan vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com