Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu RUPS? Simak Penjelasannya Berikut Ini

Kompas.com - 16/02/2022, 17:00 WIB
Sumber Foto: Pexels.com
Rujukan artikel ini:
Ilmu Saham
Pengarang: Belvin Tannadi
|
Editor Novia Putri Anindhita

Di era digital seperti saat ini melakukan investasi adalah hal yang mudah untuk dilakukan, sebab sudah banyak sekali instrumen investasi yang bisa dipilih dengan akses yang mudah didapatkan oleh siapa saja yang ingin menanamkan uangnya dengan berinvestasi.

Di antara berbagai jenis instrumen investasi, saham selalu menjadi pilihan favorit banyak orang karena sudah tidak terdengar asing dan cukup banyak informasi yang bisa diakses untuk mempelajari cara melakukan investasi saham.

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan berinvestasi saham, seperti mencermati profil perusahaan hingga memahami istilah-istilah yang ada selama memutuskan untuk masuk ke dunia saham.

Salah satu singkatan atau istilah yang harus dipahami dan diketahui oleh calon investor adalah RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) yang menjadi sarana berdiskusi untuk mengetahui seluruh informasi tentang saham yang kita tanamkan dalam sebuah perusahaan.

Sebagai calon investor, kamu wajib untuk memahami apa definisi dan tujuan dari RUPS ini, sehingga saat akan mulai menanamkan modal pada sebuah perusahaan, kamu bisa tahu pergerakan uang yang kamu tanamkan tersebut.

Berikut penjelasan dan definisi dari RUPS yang bisa menjadi sumber informasi penting untuk kamu sebagai calon investor sebelum memutuskan berinvestasi saham.

Apa Itu RUPS?

RUPS adalah singkatan dari Rapat Umum Pemegang Saham, yang bisa diartikan sebagai organ atau bagian dari sebuah perseroan yang mempunyai kewenangan yang tidak dimiliki oleh Direksi ataupun Dewan Komisaris, dengan batas yang sudah ditentukan dalam peraturan Undang-Undang serta Anggaran Dasar.

Wewenang tersebut termasuk meminta tanggung jawab Direksi serta Dewan Komisaris terkait atas pengelolaan perseroan, memberi pembagian tugas dan wewenang, mengangkat atau memecat Dewan Komisaris serta Direksi, hingga merencanakan ulang Anggaran Dasar.

RUPS dapat menjadi tempat bagi investor untuk menyampaikan pendapat mereka dengan formal berdasarkan data dan laporan yang sudah diperlihatkan agar pendapat tersebut bisa didengar oleh investor lainnya, Dewan Komisaris, dan Direksi.

Sebagai pemegang saham, kita memiliki hak untuk mengetahui keterangan yang berhubungan dengan perseroan dari laporan yang diberikan oleh Dewan Komisaris ataupun Direksi, asalkan sehubungan dengan tujuan utama dari RUPS dan tidak bertolak belakang dengan kepentingan perseroan.

Boleh dikata, nasib masa depan dari perseroan teramat sangat bergantung pada RUPS ini, sebab ada kesepakatan bersama yang bisa dirundingkan dan dibicarakan agar bisa mencapai tujuan utama dari perseroan tersebut.

Tujuan dari Diselenggarakannya RUPS

1. Laporan Finansial

Sudah pasti jika keberlangsungan RUPS bertujuan untuk mengetahui laporan keuangan yang menjadi hal pokok untuk dibahas agar para pemegang saham dapat mengetahui laba dan rugi yang sudah didapatkan oleh perseroan.

Para pemegang saham akan tahu perbandingan pendapatan yang diperoleh oleh perseroan antara tahun ini dan tahun sebelumnya termasuk seluruh transaksi keuangan, seperti laporan arus kas, neraca akhir tahun, dan perubahan modal.

2. Merinci Permasalahan yang Berlangsung

Tidak hanya membahas perihal finansial, RUPS juga harus mencakup pembahasan mengenai permasalahan yang dialami oleh perseroan secara terbuka agar seluruh pemegang saham mengetahui problematika yang tengah terjadi.

Tidak boleh ada masalah yang ditutup-tutupi terutama jika menyangkut soal keberlangsungan perseroan yang memengaruhi kegiatan, usaha perseroan terbatas juga harus dilaporkan dan dibicarakan secara terbuka dan apa adanya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Melaporkan Kegiatan Perseroan

Sepanjang berlangsungnya RUPS, kegiatan apa saja yang dilakukan oleh perseroan harus turut serta dibahas agar para pemegang saham bisa mengetahui apakah keadaan finansial dari perseroan tersebut masih stabil atau tidak.

Informasi ini akan sangat membantu pemegang saham untuk dapat memahami dan mengerti tentang kondisi perseroan serta apa saja kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan sehingga menjadikan kondisi perseroan seperti sekarang.

4. Laporan Pelaksanaan Tugas

Laporan pelaksanaan tugas merupakan bentuk tanggung jawab yang telah diberikan oleh perseroan sebagai wujud kontribusinya terhadap lingkungan dan sosial yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat yang berkelanjutan.

Di sini, semua pemegang saham dapat mengecek kembali tugas-tugas dari perseroan, apakah sudah sesuai dan tidak melanggar kesepakatan bersama sama sekali.

5. Pemilihan Nama Direksi dan Dewan Komisaris

Hal penting lainnya yang turut serta dibahas dalam Rapat Umum Pemegang Saham ialah penetapan nama siapa saja yang cocok untuk menjadi Direksi dan Dewan Komisaris sesuai dengan persetujuan bersama.

Seluruh pemegang saham berhak untuk mengetahui profil dan kredibilitas dari calon nama-nama tersebut agar masa depan dari perseroan bisa terus berkembang.

6. Penetapan Gaji dan Tunjangan untuk Direksi dan Dewan Komisaris

Selain menentukan nama untuk Dewan Komisaris dan Direksi, RUPS juga bertujuan untuk menetapkan jumlah gaji dan tunjangan bagi jabatan-jabatan tersebut.

Lewat RUPS seluruh pemegang saham dapat dengan terbuka mengetahui rincian dari pemberian gaji untuk Dewan Komisaris dan Direksi.

Kini, setelah kamu tahu apa itu RUPS dan tujuannya, langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengenal lebih jauh perihal ilmu saham melalui buku investasi berikut ini.

Buku berjudul Ilmu Saham yang ditulis oleh Belvin Tannadi ini dapat menjadi langkah awal untuk kamu dalam mendalami dunia saham agar tidak salah langkah saat akan mencoba untuk memulainya.

Buku ini akan membahas secara lengkap tentang seluk beluk dunia saham, seperti penjelasan tentang saham, perbedaan investor dan trader, hingga tips dan trik dalam memilih saham yang potensial.

Secara keseluruhan, buku ini akan sangat cocok untuk kamu yang masih pemula atau awam dengan dunia saham karena dalam setiap babnya akan dijelaskan secara rinci dan mudah untuk dimengerti.

Kamu bisa memperoleh dan membeli buku ini di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Selamat menambah ilmu dan wawasan mengenai dunia saham.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com