Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Pengertian dari Uang Kripto Berikut Ini

Kompas.com - 23/01/2022, 12:30 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Strategi Mudah Trading dan Investasi…
Pengarang: Ryan Filbert
|
Editor Novia Putri Anindhita

Pertumbuhan dan kesadaran orang-orang akan pentingnya berinvestasi kini tengah merangkak naik yang menyebabkan banyak sekali instrumen investasi yang bisa dipilih sebagai aset untuk menjamin masa depan dengan pendapatan yang menguntungkan.

Mungkin, beberapa orang sudah tidak asing lagi dengan beberapa instrumen investasi seperti saham, obligasi, ataupun forex yang dapat dijadikan pilihan untuk memulai investasi.

Namun, tahukah kamu jika selain instrumen investasi yang telah disebutkan tadi masih ada salah satu jenis instrumen investasi yang kini kepopulerannya tengah naik daun dan mulai dilirik oleh anak muda? Hal itu adalah uang kripto.

Apalagi, kini berita tentang seorang pemuda bernama Ghozali yang berhasil menghasilkan uang milyaran dalam bentuk kripto karena berhasil menjual foto selfie dirinya sendiri mampu membuat orang berbondong-bondong mulai mempelajari apa sebenarnya uang kripto itu sendiri.

Faktanya, kini, untuk bisa mendapatkan penghasilan yang menggiurkan dapat dilakukan dengan cara yang mudah melalui investasi asalkan kamu paham dan mengerti akan karakteristik dari instrumen investasi yang kamu pilih.

Agar dapat lebih memahami dan mendalami apa sebenarnya uang kripto itu, simak pengertian dan penjelasan mengenai uang kripto yang bisa membantu kamu untuk menambah wawasan dan ilmu tentang investasi.

Pengertian dari Uang Kripto

Uang kripto bisa dibilang merupakan aset digital yang dirancang sebagai alat tukar dengan memakai cryptography sebagai sistem keamanannya untuk melakukan transaksi keuangan, memverifikasi transfer aset, dan mengontrol proses pembuatan unit tambahan.

Cryptography sendiri adalah metode yang dipakai guna melindungi informasi serta saluran komunikasi dengan menggunakan kode, sehingga membuat pemakaian uang kripto tidak dapat dimanipulasi ataupun dipalsukan.

Pencatatan dari uang kripto sendiri terpusat di dalam sebuah sistem dengan teknologi blockchain yang menjadi database bersama untuk menyimpan uang kripto atau bisa juga disebut sebagai dompet mata uang kripto.

Tidak seperti mata uang konvensional, mata uang virtual ini tidak diatur atau dikontrol oleh pihak ketiga mana pun, seperti otoritas pemerintah maupun bank, sehingga tugas untuk mengelola dan mengontrol semuanya jatuh kepada penggunaan mata uang kripto lewat internet.

Mata uang pertama dari uang kripto sendiri ialah bitcoin yang merupakan sebuah aset uang kripto untuk sistem pembayaran elektronik dengan berlandaskan bukti cryptography, tidak hanya sekedar kepercayaan belaka yang seluruh bukti pencatatannya tersimpan dalam program blockchain.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kelebihan dari Uang Kripto

1. Cepat dan Mudah

Uang kripto sendiri diciptakan memang untuk memudahkan transaksi keuangan yang biasanya terbilang rumit jika melakukan transaksi keuangan secara konvensional dengan peraturan perbankan yang ada.

2. Menghindari Pemalsuan Mata Uang

Kehadiran sistem blockchain pada mata uang kripto mampu menghindarkan penggunanya dari pemalsuan dan pencurian yang kerap terjadi pada pemakaian uang kertas dan kartu kredit.

3. Menjamin Privasi Terjaga

Tidak seperti transaksi konvensional, di mana data nama pengguna akan muncul setelah melakukan transaksi, uang kripto bisa menjaga kerahasiaan penggunanya dengan hanya mencantumkan jumlah nominal setiap selesai melakukan transaksi keuangan.

Kekurangan dari Uang Kripto

1. Belum Ada Regulasi yang Jelas di Beberapa Negara

Meskipun sudah diprediksi bakal menjadi mata uang masa depan, tapi pada kenyataannya uang kripto masih belum memiliki masa depan yang jelas, apalagi di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Regulasi atau peraturan pemerintah masih belum ada dan memadai, sehingga masih ada risiko yang harus dihadapi.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, uang kripto kini memang tengah dilirik dan digandrungi oleh beberapa orang sebagai salah satu instrumen investasi yang menjanjikan.

Untuk kamu yang ingin mempelajari secara lebih mendalam mengenai uang kripto, buku investasi yang satu ini akan sangat cocok untuk dijadikan panduan dan bahan bacaan.

Buku Strategi Mudah Trading dan Investasi Crypto Currency yang ditulis oleh Ryan Filbert yang akan menjawab pertanyaan-pertanyaan kamu selama ini mengenai dunia crypto.

Hal-hal mengenai mata uang kripto akan dibahas secara lengkap dan akurat oleh pakar di bidangnya ini, mulai dari bitcoin, cryptocurrency, hingga teknologi blockchain yang kerap digunakan untuk menyimpan uang kripto.

Sebagai pemula, kamu akan disuguhkan berbagai macam ilmu, wawasan, dan informasi yang relevan seputar dunia mata uang kripto yang bisa menjadi sumber referensi untuk mulai belajar mengenal mata uang kripto.

Buku ini sudah bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com dan selamat menambah ilmu serta wawasan baru mengenai uang kripto.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com