Reseller adalah Peluang Bisnis yang Menguntungkan, Bagaimana Cara Kerjanya?

Kompas.com - 14/01/2022, 12:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
This Is Marketing: Anda Tidak…
Pengarang: Seth Godin
|
Editor Ratih Widiastuty

Di era digital seperti saat ini, toko online atau e-commerce menjadi semakin berkembang dan digemari oleh banyak orang.

Hal ini membuka peluang bisnis berbasis online sebesar-besarnya bagi tiap orang yang ingin merintis sebuah usaha.

Namun, jika kamu merasa kesulitan untuk memproduksi barang karena keterbatasan modal ataupun fasilitas, menjadi reseller akan menjadi pilihan yang pas untuk kamu.

Dengan menjadi reseller kamu tidak perlu memproduksi sendiri barang yang akan kamu jual, tetapi kamu tetap bisa membuka usaha serta memperoleh keuntungan.

Penasaran apa itu reseller dan bagaimana cara kerjanya? Mari simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Reseller

Reseller adalah seseorang yang menjual kembali barang atau produk yang diperoleh dari pihak pertama atau supplier.

Kamu hanya perlu melakukan riset mengenai produk apa yang akan kamu jual saat membuka usaha.

Setelah menemukan barang yang pas dan sekiranya menguntungkan, kamu tinggal mencari supplier yang tepat untuk memperoleh barang yang kamu inginkan tersebut, sehingga kamu tidak perlu repot-repot memproduksi barang sendiri.

Selanjutnya kamu bisa menjual barang yang kamu dapatkan kepada konsumen dan memasarkannya secara online.

Keuntungan yang kamu dapatkan adalah hasil dari penjualan yang telah dikurangi dengan harga saat pembelian barang dari supplier.

Model bisnis ini sangat cocok untuk dicoba bagi para pemula yang ingin memulai usaha karena relatif mudah dan tidak membutuhkan modal awal yang besar.

Selain itu, menjadi reseller juga memiliki banyak keuntungan lainnya.

Keuntungan Menjadi Reseller

1. Bisa Menjual Banyak Produk

Karena tidak perlu memproduksi barang yang akan dijual dan hanya perlu membelinya dari supplier, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menjual berbagai macam produk.

Kamu bisa mendapatkan produk-produk ini dari supplier yang berbeda-beda dan menjualnya di tokomu.

Contohnya jika kamu ingin membuka usaha di bidang fashion, kamu tidak hanya bisa menjual baju, tetapi kamu juga bisa menawarkan tas, sepatu, serta aksesoris lainnya.

Dengan semakin banyaknya produk yang kamu tawarkan, maka semakin besar pula kesempatan konsumen tertarik untuk membeli barang yang kamu jual.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Bisa Memulai Bisnis Lebih Cepat

Selain memangkas waktu produksi, jika kamu membuka toko dan memasarkan produk kamu secara online melalui e-commerce, maka kamu juga tidak perlu untuk menyewa toko.

Setelah menentukan produk yang sedang tren dan diminati oleh banyak orang serta mendapatkan supplier yang tepat, kamu bisa langsung membuka usaha dan memasarkan produk yang kamu jual saat itu juga.

Jika kamu baru memulai usaha kecil-kecilan, kemungkinan juga kamu tidak perlu merekrut orang dan bisa menangani usaha kamu seorang diri.

Hal ini akan semakin mempersingkat proses yang dibutuhkan untuk memulai bisnis, sehingga kamu bisa membuka toko dengan lebih cepat.

3. Memiliki Risiko Keuangan yang Lebih Rendah

Karena modal awal yang dibutuhkan untuk menjadi reseller tidaklah besar, hal ini menyebabkan kerugian finansial yang akan kamu terima relatif lebih rendah jika seandainya usaha kamu tidak berjalan dengan lancar.

Oleh sebab itu, bagi kamu yang ingin memulai bisnis namun takut akan risiko kerugian, menjadi reseller bisa menjadi pilihan yang pas karena memiliki keuntungan yang satu ini.

Nah, itulah penjelasan mengenai pengertian dari reseller, cara kerja, dan juga kelebihannya.

Jika kamu ingin mendalami lagi bagaimana cara membangun usaha yang sukses dan menguntungkan, kamu bisa melakukannya dengan membaca buku bisnis.

Buku This is Marketing: Anda Tidak Akan Terlihat Sebelum Anda Belajar Melihat yang ditulis oleh Seth Godin ini bisa menjadi pilihan yang pas.

Melalui bukunya, Godin membagikan mengenai pendekatan yang berbeda dalam melihat pemasaran, penjualan, dan periklanan yang telah menginspirasi banyak pengusaha sukses.

Seth Godin sendiri merupakan seorang penemu yang telah banyak menciptakan kosakata di bidang bisnis, seperti Permission Marketing, Purple Cow, Tribes, dan masih banyak lagi.

Buku ini akan menunjukkan kamu strategi pemasaran yang tepat berdasarkan empati, koneksi serta kerja emosional, dan bukannya melalui iklan yang sekadar untuk mencuri perhatian konsumen.

Selain itu, dengan penulisan yang ringan dan mudah dimengerti, penulis juga menjabarkan pembahasan dan juga contoh kasus terkait cara membangun kepercayaan, seni memosisikan diri, cara terbaik untuk mencapai tujuan kamu dalam berbisnis, dan juga pendekatan baru dalam pemasaran yang lebih ampuh untuk diterapkan.

Buku This is Marketing: Anda Tidak Akan Terlihat Sebelum Anda Belajar Melihat bisa kamu beli dan dapatkan di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Dapatkan Diskonnya! Dapatkan Diskonnya!


Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.