Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Rekomendasi Novel Fantasi November 2023, Hadirkan Cerita Seru yang Penuh Imajinasi

Kompas.com - 28/11/2023, 10:33 WIB
10 novel fantasi rekomendasi november 2023 Sumber Gambar: Freepik.com 10 novel fantasi rekomendasi november 2023
Rujukan artikel ini:
Perang Opium (The Poppy War)
Pengarang: R.F. Kuang
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Banyak orang menganggap kalau membaca buku lebih memakan waktu daripada menonton film.

Tidak heran kalau orang-orang lebih memilih untuk membeli tiket bioskop dan menonton film fantasi yang sudah mereka tunggu-tunggu daripada harus duduk diam untuk membaca buku.

Padahal ada banyak sekali hal-hal yang tidak bisa tervisualisasikan ke dalam film sehingga hanya bisa dinikmati oleh para pembaca buku

Salah satu faktornya adalah karena keterbatasan durasi atau adanya perubahan jalan cerita dalam proses pengembangan skenario.

Berbagai novel bergenre fantasi kini telah digemari oleh banyak kalangan, mulai dari remaja sampai dewasa.

Novel bergenre fantasi mampu membuat pembacanya masuk ke dalam dunia imaji yang menakjubkan sehingga akan terasa menyenangkan untuk dinikmati dan dijelajahi.

Berikut adalah 10 rekomendasi novel fantasi yang populer dan bisa kamu baca di kala senggang.

Rekomendasi Novel Fantasi Bulan November 2023

1. Perang Opium (The Poppy War) – R.F. Kuang

Novel ini merupakan karya debut Rebecca F. Kuang, seorang penulis asal Cina yang menetap di Amerika Serikat.

Cerita dalam novel ini dilatarbelakangi dari kisah nyata, tepatnya dari peristiwa perang opium yang terjadi antara Cina dan Inggris pada abad ke-19.

Bercerita tentang perjuangan seorang anak yatim piatu bernama Rin yang pada awalnya bekerja di sebuah toko dan melakukan perdagangan opium secara ilegal.

Setelah menolak dijodohkan dengan orang yang usianya terpaut jauh, Rin bertekad untuk mengikuti ujian Keju dengan harapan bisa masuk ke sekolah militer Sinegard tanpa harus mengeluarkan biaya sepeser pun.

Setelah melalui berbagai ujian yang menguras mental dan fisik, Rin berhasil menempati peringkat pertama dan menjadi siswa Sinegard, sebuah sekolah militer elite dari Kekaisaran Nikan.

Di Sinegard, Rin menyadari kalau dirinya memiliki kekuatan syamanisme yang mematikan, yang mampu membuatnya terkoneksi dengan para dewa yang selama ini telah dianggap mati.

Saat tengah belajar mengendalikan kekuatannya, Rin dikagetkan dengan kedatangan Negara Mugin yang tiba-tiba melakukan serangan besar-besaran ke pusat Sinegard dan membuat teman-temannya terbunuh.

2. Republik Naga (The Dragon Republic) – R.F. Kuang

Kisah Rin berlanjut dalam novel Republik Naga, karya fantasi yang menggabungkan antara kisah sejarah dan hubungan manusia dengan dewa dan monster.

Diselimuti perasaan marah akibat tindakan keji yang menimpa teman-temannya, ditambah juga dengan rasa dendamnya pada Maharani yang mengkhianati tanah airnya, Rin memutuskan untuk bergabung dengan Panglima Perang Naga.

Rin kini punya tujuan hidup baru, yakni menaklukkan Nikan, menggulingkan Maharani, dan mendirikan Republik baru.

Tapi rasa dendamnya yang semakin kuat ternyata tidak membuat jiwa Rin tenang, ia takut kalau nanti kekuatan dahsyat Phoenixnya muncul tanpa disadari, dan justru menghancurkan orang-orang yang ia cintai.

3. Kita Pergi Hari Ini – Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie

Selayaknya novel-novelnya terdahulu, Ziggy Z kembali menjadikan anak-anak sebagai tokoh utama dalam novel Kita Pergi Hari Ini.

Mengisahkan tentang tiga kakak beradik bernama Mi, Ma, dan si kecil Mo, yang harus rela dititipkan pada seorang pengasuh ketika orang tuanya sibuk mencari uang di siang hari.

Tidak mampu membayar pengasuh biasa, sang ibu terpaksa membuat sebuah permohonan khusus pada si Kucing Luar Biasa yang terkenal baik dan penyayang.

Kucing Luar Biasa atau yang kemudian dipanggil dengan sebutan Nona Gigi adalah seekor kucing seukuran manusia yang berperilaku layaknya manusia normal.

Saat berada di bawah pengasuhan Nona Gigi, 3 kakak beradik ini berkenalan dengan si kembar Fifi dan Fufu.

Bersama Fifi dan Fufu, Mi, Ma, dan Mo akan mengajak pembaca untuk ikut berpetualang ke Kota Terapung Kucing Luar Biasa, sebuah dunia baru yang ajaib, aneh, dan misterius.

4. Tujuh Kelana – Nellavena

Novel fantasi lokal karya Nellaneva ini akan menyuguhkan kisah fantasi yang seru dan berbeda daripada cerita fantasi pada umumnya.

Diawali dengan penemuan sebuah potongan permata misterius oleh dua tokoh utamanya, Zarra dan Dion.

Permata itu ternyata merupakan potongan atau bagian dari kunci gerbang sebuah pulau misterius bernama Pulau Keramat.

Setelah memasuki pulau tersebut, Zarra dan Dion bertemu dengan Kaum Pelindung–kaum penjaga Pulau Keramat yang bertugas untuk melindungi kekuatan dan kesaktian pulau ini dari Kaum Pengkhianat.

Kaum Pengkhianat adalah para pencuri yang berambisi untuk menguasai dunia, sekaligus untuk merebut kekuatan Pulau Keramat.

Bersama Kaum Pelindung, Zarra dan Dion bekerja sama untuk menemukan potongan permata lain yang bisa mencegah Kaum Pengkhianat memasuki Pulau Keramat.

Menariknya, hanya Zarra dan Dion yang bisa memegang potongan-potongan permata itu tanpa terluka, meski di sisi lain, mereka harus rela diburu dan diganggu oleh Kaum Pengkhianat yang terkenal serakah.

5. Alamanda (dan Sihir yang Berujung Salah) – Nellavena

Alamanda Garthan adalah seorang penyihir abadi yang memilih menidurkan dirinya selama dua ratus tiga puluh tiga tahun.

Setelah terbangun, Alamanda bertekad menemukan Dave demi menyelesaikan kesalahpahaman mereka di masa lalu.

Ratusan tahun berlalu, Alamanda tidak yakin kalau Dave masih hidup, tapi untuk menenangkan jiwanya, ia tetap bersikeras untuk setidaknya menemukan sosok reinkarnasi Dave di masa kini.

Alamanda kemudian bertemu dengan Rasmus, bocah kecil yang mengaku-ngaku sebagai keturunannya, dan memintanya untuk mengajari ilmu sihir.

Sebagai timbal balik, Alamanda juga meminta Rasmus mengajari cara-cara beradaptasi di zaman modern, termasuk juga berkenalan dengan teknologi canggih yang belum pernah ia temui 200 tahun silam.

Sambil terus menyesuaikan diri dan mencari sosok Dave, ada sosok lain yang diam-diam mengikuti Alamanda, dia adalah Cecile Hecates, si musuh bebuyutan yang ingin membalas dendam padanya.

Bersama Mogwa, Fabian, dan para penyihir milenial lainnya, Alamanda berusaha untuk menyelesaikan berbagai kesalahan sihirnya di masa lalu.

6. Penaka – Altami N.d.

Meski pernikahannya baru berjalan 2 tahun, Sofia merasa sudah ingin menyerah.

Dirinya merasa muak hidup dengan Laksana, suaminya yang berantakan dan selalu kecanduan dengan game online.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Tidak mau lagi terjebak dalam hubungan yang tidak sehat, Sofia meminta cerai, ia bertekad untuk mewujudkan impian yang belum sempat ia capai sebelumnya.

Tapi satu hari setelah memutuskan untuk menjadi single parent, Sofia terbangun dan mendapati dirinya berubah menjadi botol minum.

Belum sempat menemukan jawaban apapun, Sofia lagi-lagi berubah menjadi bentuk lain, mulai dari anjing, kucing, sampai jadi orang asing yang bahkan tidak ia kenal.

Tanpa sadar, berbagai perubahan tersebut membuat Sofia bisa menangkap dan menemukan rahasia yang selama ini disimpan rapat oleh orang-orang terdekatnya.

Bak pepatah ‘sambil menyelam minum air’, Sofia menguping pembicaraan orang-orang di sekelilingnya, sambil terus berusaha menemukan cara untuk kembali ke wujud asalnya.

7. Wizard Bakery – Gu Byeong-mo

Novel karya penulis Korea ini berfokus pada kisah keinginan para manusia, yang dibungkus dalam beberapa topik sederhana mulai dari keluarga, persahabatan, dan percintaan.

Setelah ibunya meninggal dunia, seorang anak laki-laki berusia 16 tahun terpaksa tinggal serumah dengan ibu tirinya yang ternyata adalah pelaku kekerasan dalam rumah tangga.

Sang tokoh utama terus menerus mengalami ketidakadilan sampai pada puncaknya, sang ibu tiri menuduhnya melakukan kekerasan seksual pada adik tirinya.

Di tengah kemarahan dan keputusasaannya, si tokoh utama memilih untuk kabur ke toko roti langganannya dan tinggal di sana selama beberapa waktu.

Meski terlihat seperti toko roti biasa, Wizard Bakery ternyata menjual roti-roti ajaib yang bisa membuat seseorang merasa jatuh cinta, galau, sakit, bahkan sampai menyebabkan kematian.

Keajaiban yang dimiliki Wizard Bakery pada akhirnya membuat para manusia memanfaatkannya demi tujuan tertentu, entah itu tujuan yang baik atau buruk.

8. Selena – Tere Liye

Bagi para penikmat karya Tere Liye terutama serial Bumi, novel bergenre fantasi yang satu ini tentu bisa jadi pilihan yang tepat untuk dibaca di waktu senggang.

Dilihat dari judulnya, novel Selena mengambil latar di klan Bulan dan mengisahkan tentang kehidupan Miss Selena, guru Matematika di sekolah Raib, Ali, dan Seli.

Selena yang masih berusia 15 tahun harus hidup sebagai seorang yatim piatu, tapi sesuai wasiat ibunya sebelum meninggal, Selena diminta untuk tinggal di rumah Paman Raf yang berada di Kota Tishri.

Meski diperbolehkan menetap, Selena tidak mendapatkannya secara gratis, ia diharuskan untuk mengerjakan konstruksi lorong kereta bawah tanah bersama para pekerja yang berada di bawah kendali pamannya.

Saat para pekerja menemukan kesulitan, Selena hadir bak pahlawan, ia mencoba memadukan dinding di hadapannya dengan sebuah peta digital yang akan membuat tampilannya terlihat lebih modern.

Berkat kemampuannya, mandor di proyek tersebut memutuskan untuk mengajari Selena berbagai macam pelajaran, salah satunya berhitung.

Setelah berlatih selama 3 tahun, Selena yang mudah menangkap pembelajaran akhirnya berhasil diterima di kampus impiannya, tepatnya di Akademi Bayangan Tingkat Tinggi (ABTT).

Jauh sebelumnya, Selena sebenarnya sudah berhasil lolos ujian berkali-kali, tapi ia selalu menemukan kegagalan pada ujian terakhir, yakni ujian kekuatan bulan.

Keberhasilannya kali ini tidak bisa dilepaskan dari sosok Tamus, seseorang yang melatih sekaligus membantu menemukan teknik bertarung dalam diri Selena.

Sama seperti pamannya, Tamus tidak membantu Selena secara cuma-cuma, ada permintaan khusus yang harus ditepati Selena setelah ia berhasil mendapatkan kekuatannya.

9. Dua Muka Daun Pintu – Triskaidekaman

Jika umumnya tokoh dalam sebuah novel adalah manusia, Dua Muka Daun Pintu justru menceritakan kisahnya lewat sudut pandang sebuah pintu.

Pintu baja itu terpasang di sebuah ruangan rahasia yang memiliki fasilitas khusus.

Di balik pintu tersebut, ada seseorang bernama Garda yang harus ditahan dan dipasung karena alasan yang tidak diketahui oleh si pintu.

Saking seringnya mendengar kisah hidup Garda, si pintu diam-diam merasa iba dan berniat untuk membebaskan Garda.

Suatu hari, pintu tersebut tidak sengaja terlempar ke sebuah dunia misterius bernama Forum Pintu Sedunia, kemudian ia bertemu dengan pintu-pintu lain yang berperilaku seperti manusia.

Dalam pertemuan tersebut, para pintu saling bertukar cerita dan pelan-pelan menyusun rencana untuk memberikan kebebasan pada Garda.

Meski memiliki sudut pandang yang tidak biasa, buku ini tetap mudah dipahami dan membuat pembaca menyadari bahwa bukan hanya manusia saja yang memiliki rahasia.

10. Banyu Biru – Ayu Dewi

Taufik tiba-tiba mendapatkan email mengenai perekrutan pekerjaan di PT T-NOS, padahal sebelumnya ia tidak pernah melamar di perusahaan tersebut.

Merasa harus waspada, Taufik mulai mencari informasi yang terkait dengan perusahaan tersebut, namun hasilnya nihil.

Taufik hanya bisa menemukan sebatas penjelasan kalau PT T-NOS adalah sebuah perusahaan yang sering menjelajahi pulau-pulau terpencil di Indonesia.

Tidak lama setelah itu, Taufik menerima sebuah flashdisk yang ternyata berisi file-file terkait dengan profil perusahaan T-NOS, di sana dijelaskan bahwa Indonesia memiliki ribuan pulau kecil yang masih jauh dari peradaban modern.

Selama 26 tahun, PT T-NOS telah berhasil menemukan dan menyejahterakan 16 pulau, dan sebagai karyawan baru, Taufik mendapatkan tugas untuk mengunjungi pulau ke-17 atau Pulau 0017.

Sayangnya, Taufik dan tim eksplorasi PT T-NOS tidak diterima dengan baik oleh penduduk asli Pulau 0017.

Penolakan tersebut juga dibarengi dengan lenyapnya Pulau 0017 secara misterius yang pada akhirnya membuat proyek eksplorasi dihentikan tanpa kepastian.

Di sisi lain, Taufik teringat dengan sosok Aura, gadis kecil berkulit eksotis dan bermata biru yang ia temui di pesisir Pulau 0017, yang berbeda, Aura punya tanda unik di bagian pelipisnya.

Dengan penuh keyakinan, Taufik berencana untuk melanjutkan proyek di pulau tersebut, keinginannya bertambah kuat setelah ia bertemu Banyu Biru, seorang anak SMA yang juga memiliki tanda unik di bagian pelipis.

Rasa penasaran Taufik kemudian membawanya pada berbagai rahasia yang selama ini disembunyikan penduduk pulau tersebut, tanpa disadari, hal itu justru membuat nyawanya terancam.

Selain kesepuluh novel di atas, masih ada banyak sekali novel fantasi lain yang menarik untuk kamu baca.

Kamu bisa menemukan buku-buku lainnya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com