Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detak Cerita: Rekomendasi Buku-Buku Grafis Gramedia Pustaka Utama

Kompas.com - 26/09/2023, 18:00 WIB
Detak Cerita 2023 Sumber Gambar: Dok. Gramedi Pustaka Utama  Detak Cerita 2023
Rujukan artikel ini:
In the Middle of Everything
Pengarang: Lala Bohang
|
Editor Ratih Widiastuty

Ada yang bilang sebuah gambar mengungkapkan seribu kata.

Gambar merupakan seni tersendiri untuk dinikmati.

Maka bayangkan ketika dalam buku grafis, kekuatan gambar dipadukan dengan kekuatan kata-kata.

Hasilnya adalah kelezatan ganda untuk dinikmati mata dan benak.

Akhir-akhir ini, buku dengan ilustrasi cukup banyak diminati pembaca.

Perpaduan narasi dan ilustrasi telah membuat genre buku grafis menjadi tren, terutama di kalangan anak muda yang suka membaca serta penikmat seni gambar dan lukis.

Nah, jika kamu masih bingung memilih buku grafis seperti apa untuk dibaca, berikut rekomendasi buku-buku grafis terbitan Gramedia Pustaka Utama:

Rekomendasi Buku Grafis Gramedia Pustaka Utama

1. In The Middle of Everything

Detak Cerita 2023 Detak Cerita 2023

In The Middle of Everything menjadi karya paling baru dari penulis sekaligus seniman Lala Bohang.

Buku ini berisi tulisan-tulisan pendek penuh ilustrasi khas Lala Bohang yang menceritakan tentang kegelisahan perempuan yang sedang mencari jalan kembali ke dirinya dengan menengok masa kecil, pengalaman sehari–hari, diselingi cetusan–cetusan jujur yang akan menggelitik pembaca.

In “Ice Lemon Tea” a woman spends hours questioning herself about how she ended up doing multiple roles, and realizes that she won`t have the energy to be committed to any of them anymore.

She ends her rumination by taking a cute selfie on her phone.

The narrator in “So Tired Of Being Easily Sick” thinks she has already implemented a generally accepted healthy lifestyle and deserves a certain level of fitness, but still, time and gravitation are more robust in terms of execution.

"Mood Tracker" takes a peek at the excessive daily journal of someone who is going through high and low, and how trivial things such as an overpriced linen spray and an exaggerated to-do list push her to get through day by day.

2. Life as We Know It

Detak Cerita 2023 Detak Cerita 2023

Life as We Know It merupakan karya terbaru dari ilustrator Emte.

Buku ini berisi kumpulan gambar-gambar yang menarasikan kehidupan sehari–hari kaum urban dengan bumbu-bumbu candaan sekaligus sindiran.

Buku ini sangat cocok bagi para penikmat seni gambar dan lukis karena tidak memiliki teks panjang.

Akan tetapi, justru hal itulah yang menjadi kekuatan buku Life as We Know It karena pembaca bisa dengan bebas menarasikan sendiri di dalam benak gambaran kehidupan yang ada di dalam buku.

3. Ngider Makan Dari Halte Ke Halte

Detak Cerita 2023 Detak Cerita 2023

Cukup dengan menyusuri halte-halte di Jakarta, kita sudah bisa menikmati makanan khas dari berbagai daerah di Nusantara, nggak percaya? Buku ini sudah membuktikannya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Berawal dari dua orang yang sering ngider blusukan mencari makanan di sekitaran halte kemudian menceritakannya di akun twitter @drhaltekehalte, unggahan mereka lantas viral dan dijadikan rekomendasi oleh warga urban Jakarta pengguna transportasi umum untuk mencobanya.

Buku ini menampilkan highlight dari beberapa tempat yang sangat direkomendasikan untuk dituju para pemburu kuliner di tempat yang unik dan kadang tersembunyi di belantara kota Jakarta, dengan ilustrasi yang menawan dari kelompok Jakarta Food Sketchers, serta dilengkapi dengan peta lokasi sehingga dapat dibawa-bawa sebagai buku panduan.

4. The Ollie Comics: Pengalaman Pertama Jadi Ayah

Detak Cerita 2023 Detak Cerita 2023

The Ollie Comics merupakan komik terjemahan karya Drewscape, seorang ilustrator lepas dan komikus Singapura yang pernah dinominasikan untuk Eisner Awards, sebuah penghargaan komik bergengsi.

Terbit pada tanggal 2 Agustus 2023 di Indonesia, narasi dan ilustrasi di dalam Ollie Comics mengajak kita menikmati pengalaman serunya selama dua tahun pertama menjadi ayah.

Garis-garis ilustrasi yang sederhana tapi sangat ekspresif membuat pembaca yang bukan ayah atau belum menjadi ayah bisa hanyut terbawa keseruannya.

5. Rampokan

Detak Cerita 2023 Detak Cerita 2023

Rampokan merupakan komik bergenre roman sejarah dan psikologis tentang kehilangan masa lalu dan identitas karya Peter Van Dongen, komikus berdarah Belanda – Indonesia yang mengawali kariernya di majalah amatir dan alternatif seperti Rebel Comix dan Balloen.

Berlatar sejarah saat Indonesia baru merdeka, yaitu di tahun 1946.

Komik Rampokan pertama kali terbit di tahun 1998 dan memenangkan penghargaan Desain Buku Terbaik pada tahun 1999.

6. The Art of Being a B*tch

Detak Cerita 2023 Detak Cerita 2023

The Art of Being a B*tch merupakan novel grafis karya penulis Korea, Min Seo Young.

Dengan judul yang menantang, buku ini berisi kumpulan cerita tentang situasi-situasi tidak menyenangkan yang dialami perempuan Korea dan mungkin juga semua perempuan di seluruh dunia yang dipadukan bersama ilustrasi berwarna dan menarik.

Buku ini menjadi representasi perlawanan yang classy terhadap masyarakat yang menuntut banyak perempuan, agar mulai bodo amat dan melakukan apa saja yang ingin dilakukan.

Perempuan tidak usah peduli disebut “bitch” hanya karena menentukan pilihan untuk dirinya sendiri.

7. Petualangan Tintin: Di Tanah Sovyet

Detak Cerita 2023 Detak Cerita 2023

Siapa yang tak kenal dengan komik Petualangan Tintin? Komik legendaris karya Herge ini kali ini mengambil latar belakang petualangan Tintin dan Milo yang ditemani oleh Kapten Haddock dan si kembar Dupondt di Uni Sovyet untuk melihat sendiri keburukan-keburukan pemerintah komunis rezim Bolshevik.

Di negara asalnya, Belgia, Tintin mulai terbit sebagai cerita bergambar dalam majalah Le Petit Vingtieme, sebelum akhirnya tampil sebagai buku sejak tahun 1945.

Bisa dibilang Petualangan Tintin adalah tonggak bersejarah dalam dunia komik internasional.

Untuk rekomendasi selengkapnya, kamu bisa langsung cek katalog Detak Cerita Buku Grafis di sini ya.

Dapatkan juga promo khusus diskon 15% dengan minimal transaksi Rp 150.000 khusus pengguna MyValue di Gramedia seluruh Indonesia.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com