Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Surat Izin Orangtua untuk Bekerja yang Mudah Dibuat

Kompas.com - 02/11/2023, 18:00 WIB
Surat Izin Orangtua untuk Bekerja  Sumber Gambar: Freepik.com Surat Izin Orangtua untuk Bekerja 
Rujukan artikel ini:
Lagi Probation : Menikmati Perjalanan…
Pengarang: Samuel Ray
|
Editor Ratih Widiastuty

Surat izin orangtua biasanya dibutuhkan untuk berbagai macam keperluan, khususnya bagi mereka yang masih menimba ilmu dan mau melamar pekerjaan.

Saat akan melamar pekerjaan, biasanya terdapat beberapa perusahaan yang memasukkan syarat wajib bagi pelamar untuk menyertakan surat izin orangtua untuk bekerja.

Hal ini biasanya diperuntukkan bagi pelamar yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa untuk mencari pengalaman magang.

Surat izin orangtua untuk bekerja merupakan pernyataan resmi dari orangtua yang menyatakan secara jelas jika mereka memberikan izin kepada sang anak untuk bekerja di suatu perusahaan atau instansi tertentu.

Meskipun tidak semua perusahaan memerlukan surat izin orangtua untuk bekerja, tapi ada beberapa perusahaan yang menyertakan syarat ini dalam lamaran pekerjaannya.

Surat izin orangtua untuk bekerja bukanlah surat resmi dari lembaga atau organisasi sehingga tergolong ke dalam surat pribadi.

Surat izin untuk bekerja ini dapat menjadi bukti tertulis bagi beberapa perusahaan yang membutuhkan pelamar dengan usia yang masih muda.

Surat izin ini ikut dilampirkan sebagai bentuk jaminan sebab pekerjaan tersebut mempunyai risiko tertentu.

Bagaimanakah surat orangtua untuk bekerja yang bisa ditulis? Berikut contohnya yang dapat dijadikan referensi.

Contoh Surat Izin Orangtua untuk Bekerja

Contoh Pertama

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya selaku (Suami / Istri / Orangtua)

Nama :

Alamat :

Pekerjaan :

Dengan ini memberikan izin kepada (Suami / Istri / Anak) saya

Nama :

Tempat, Tanggal Lahir :

Jenis Kelamin :

Alamat :

Untuk bekerja di perusahaan yang Bapa / Ibu pimpin.

Demikian surat ini saya buat untuk dipergunakan sebagaimana seharusnya.

Hormat saya,

Tanda Tangan

(Nama Panjang)

Contoh Kedua

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Nama :

Alamat :

Pekerjaan :

Orangtua / Wali dari Anak :

Nama :

Jenis Kelamin :

Tempat, Tanggal Lahir :

Dengan ini menyatakan untuk mengizinkan anak kami sebagaimana terlampir di atas untuk bekerja di perusahaan Bapak / Ibu.

Demikian surat pernyataan ini kami buat dengan sebenarnya untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Bandung, 02 Juni 2023

Orangtua, Yang Bersangkutan Anak

(Nama Panjang) (Nama Panjang)

Melengkapi surat lamaran pekerjaan dengan surat izin orangtua untuk bekerja amatlah penting sehingga perusahaan yang akan memperkerjakan kita akan mempunyai keleluasaan sebab sudah memperoleh perizinan dari orangtua.

Akan tetapi, sering kali masih banyak di antara kita yang kebingungan untuk membuat surat izin orangtua untuk bekerja yang benar sehingga contoh surat di atas dapat dijadikan sumber referensi.

Apalagi saat seseorang akan bekerja di luar negeri, surat izin orangtua adalah salah satu syarat wajib yang mesti dilengkapi.

Pasalnya, perusahaan penyalur jasa Tenaga Kerja Indonesia (TKI) tidak akan mau memberangkatkan pekerja untuk bekerja di luar negeri apabila tidak ada surat izin orangtua untuk bekerja.

Tidak hanya di luar negeri, beberapa perusahaan dalam negeri pun mewajibkan calon pegawainya untuk turut menyertakan surat izin orangtua, khususnya bagi calon karyawan yang belum berumah tangga.

Hal ini dilakukan dengan tujuan supaya perusahaan tersebut sudah mempunyai izin serta wewenang penuh dan kekuatan hukum untuk mempekerjakan pegawai sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Jika terjadi sesuatu sehubungan dengan pegawai tersebut terkait dengan pekerjaannya, maka perusahaan memperoleh perlindungan hukum yang kuat sebab sudah mendapatkan izin dari orangtua yang bersangkutan.

Nah, bagi kamu yang tengah berjuang mencari pekerjaan, buku Lagi Probation: Menikmati Perjalanan Mencari Kerja bisa dijadikan bahan bacaan yang tepat.

Buku ini membagikan tips dan trik mencari kerja, mulai dari menulis CV sampai negosiasi gaji, ditulis dengan bahasa yang sederhana serta “mendarat”, tanpa ditutup-tutupi, berdasarkan pandangan dan sudut pandang penulis.

Buku ini ditulis bagi siapa saja yang baru pertama kali mencari kerja, sedang ingin mencari pekerjaan baru, atau tengah mengenang masa-masa mencari pekerjaan.

Sebab hidup merupakan sesederhana menjalani satu proses probation ke probation selanjutnya.

Bukunya bisa langsung dipesan lewat Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com