Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 5 Cara Kerja di Luar Negeri yang Patut Dipertimbangkan

Kompas.com - 28/04/2023, 10:06 WIB
 Kerja di Luar Negeri Sumber Gambar: Pexels.com Kerja di Luar Negeri
Rujukan artikel ini:
Kursus Singkat Percakapan Bahasa Inggris
Pengarang: N.s Bramadi
|
Editor Puteri

Tidak dapat dipungkiri, nominal gaji yang besar merupakan salah satu faktor yang mendorong banyak orang ingin bekerja di luar negeri demi mendapatkan masa depan yang jauh lebih baik.

Tidak hanya perkara gaji, pengalaman bekerja di luar negeri juga bisa menjadi alasan lainnya karena tentunya akan ada banyak hal-hal baru yang bisa didapatkan, seperti kebudayaan yang berbeda, menjadi jauh lebih mandiri, dan masih banyak lagi.

Meskipun jenjang karier di luar negeri tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, bahkan persaingannya justru terasa jauh lebih ketat, tapi ketika kita kembali ke Tanah Air, jenjang karier tersebut tentunya akan jauh lebih dipandang.

Pengalaman yang akan didapatkan dari bekerja di luar negeri juga terasa jauh lebih baik karena mengingat sumber daya manusia dan teknologi mereka yang lebih maju daripada di Indonesia.

Reputasi yang akan diperoleh saat bekerja di luar negeri juga menjadi pertimbangan karena masih banyak masyarakat Indonesia yang memiliki mindset bekerja di luar negeri terasa jauh lebih baik.

Namun, walaupun gaji yang didapatkan nantinya cukup besar, tapi patut diingat pula untuk mampu mengelola finansial selama di sana karena kebutuhan hidup di luar negeri pun tentunya tidaklah murah.

Lalu, bagaimana cara bekerja di luar negeri yang tentunya bisa dijadikan pertimbangan? Simak 5 cara bekerja di luar negeri berikut ini.

5 Cara Bekerja di Luar Negeri

1. Tentukan Jenis Pekerjaan Apa yang Diinginkan

Sebelum memutuskan untuk bekerja di luar negeri, pertama-tama tentunya tetapkan pekerjaan apa yang ingin dikerjakan nantinya karena hal ini akan sangat menentukan rencana ke depannya.

Pikirkan serta pertimbangkan industri apa yang ingin dikerjakan dengan posisi yang paling tepat sesuai keterampilan yang dimiliki.

Tidak berhenti di situ, pikirkan pula rencana cadangan apabila suatu ketika terdapat hal-hal yang tidak diinginkan atau di luar rencana.

Ketika sudah tahu dan paham akan jenis pekerjaan yang diinginkan, pastinya akan terasa jauh lebih mudah untuk meriset dan menemukan peluang bekerja di luar negeri.

2. Lakukan Riset dan Tentukan Negara Tujuan

Jika sudah tahu jenis pekerjaan apa yang akan digeluti, langkah berikutnya adalah melakukan riset serta menentukan negara tujuan.

Mungkin kamu dapat melakukan perjalanan singkat terlebih dahulu untuk mencari tahu tentang suasana dan budaya di negara yang dituju.

Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu informasi yang diinginkan dengan cara bertanya kepada teman, koneksi, atau rekan kerja lainnya yang pernah bekerja di luar negeri.

Informasi yang kamu dapatkan dari orang-orang terdekat pastinya akan jauh lebih terpercaya dan kredibel.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Cari Lowongan Pekerjaan Lewat Agensi atau Job Portal

Kamu dapat mencari lowongan pekerjaan lewat agensi penyedia pekerjaan yang saat ini dapat diakses dengan mudah melalui internet.

Namun, kamu juga tentunya harus jauh lebih hati-hati dan waspada karena tidak sedikit pula terdapat agensi palsu yang justru menawarkan pekerjaan abal-abal supaya tidak tertipu.

Atau, kamu juga bisa mencari lowongan pekerjaan melalui LinkedIn untuk memperoleh pekerjaan di luar negeri.

Seperti yang kita tahu, job portal yang satu ini memang mempunyai jangkauan yang lebih luas dan tidak terbatas pada satu negara saja.

4. Buat CV Sesuai dengan Negara Tujuan

Membuat dan menyesuaikan CV sesuai dengan negara tujuan adalah salah satu hal yang mesti diperhatikan.

Masing-masing negara tentunya mempunyai perbedaan pada setiap resume dan CV untuk berbagai jenis pekerjaan.

Contohnya seperti negara-negara di benua Eropa yang cenderung mesti mencantumkan foto serta data diri pribadi yang lengkap pada CV.

Hal ini mesti sangat diperhatikan supaya standar CV dan resume yang dikirimkan dapat menunjukkan keseriusan kamu sebagai calon pekerja.

5. Mempersiapkan Visa Kerja

Hal penting terakhir yang tidak boleh dilupakan adalah memastikan persyaratan visa negara tujuan.

Cari tahu persyaratan kerja dan travelling policies di negara tujuan agar persiapan dapat dilakukan lebih awak serta lebih terencana.

Visa akan memengaruhi keberlangsungan kerja di negara tujuan sehingga menjadi faktor yang sangat krusial untuk diperhatikan.

Biasanya kamu harus memiliki bukti kepemilikan dana awal berbentuk mata uang yang sesuai dengan negara yang dituju.

Nah, sebelum memutuskan untuk bekerja di luar negeri, alangkah lebih baik apabila untuk belajar bahasa Inggris terlebih dahulu melalui buku Kursus Singkat Percakapan Bahasa Inggris.

Buku ini dihadirkan bagi masyarakat luas karena akan menjangkau berbagai aspek, seperti menunjang pelajaran bahasa Inggris di sekolah, dapat menjadi materi alternatif di kelas, hingga alat bantu menghadapi wawancara atau presentasi dalam bahasa Inggris.

Buku ini ditulis berdasarkan referensi yang memadai sehingga layak untuk dijadikan pedoman dalam bercakap-cakap bahasa Inggris di berbagai situasi.

Pesan sekarang juga bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com