Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Mukadimah Ceramah yang Dapat Dijadikan Referensi

Kompas.com - 10/07/2023, 09:00 WIB
Mukadimah Ceramah Sumber Gambar: Freepik.com Mukadimah Ceramah
Rujukan artikel ini:
Kumpulan Khutbah Jumat Terlengkap dan…
Pengarang: Muhammad Syafii Masykur
|
Editor Ratih Widiastuty

Ceramah merupakan bentuk pembicaraan di depan khalayak ramai yang berisi penyampaian suatu ilmu, wawasan, informasi, dan lain sebagainya.

Pada umumnya, ceramah terkait erat dengan perbincangan yang mengangkat tema pembahasan agama.

Selayaknya pidato, ceramah pun diawali dengan mukadimah atau yang lebih familier disebut dengan pembukaan.

Mukadimah biasanya digunakan dalam pembukaan ceramah keagamaan yang berisi kata pengantar serta doa-doa baik yang dipanjatkan oleh penceramah.

Mukadimah dapat disampaikan dengan memakai bahasa Arab dan bahasa Indonesia selama proses penyampaiannya.

Di dalam ceramah keagamaan, mukadimah kerap diisi dengan harapan baik dan rasa syukur untuk para audiens yang hadir mendengarkan.

Mukadimah sendiri berasal dari kata “muqaddimah” yang memiliki arti sebagai “permulaan”.

Sementara dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), mukadimah mempunyai makna sebagai pendahuluan atau kata pengantar.

Sehubungan dengan ceramah keagamaan, mukadimah akan disampaikan setelah penceramah mengucapkan salam kepada para jemaah yang hadir.

Banyak sekali versi mukadimah yang disampaikan oleh penceramah, mereka dapat memakai salah satunya untuk kebutuhan dalam mengisi ceramah tertentu.

Berikut merupakan contoh mukadimah ceramah yang dapat dipilih atau dijadikan sebagai referensi saat akan melakukan ceramah keagamaan.

Contoh Mukadimah Ceramah

1. Contoh Mukadimah Pertama

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُورِ الدُّنْيَا وَالدِّينِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ أَشْرَفِ الـمُرْسَلِينَ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَـعِينَ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wabihi nasta'inu ‘alaa umuriddunya waddiin. Wassholatu wassalamu ‘aala asyrofil mursaliin, wa ‘alaa aalihi wa sohbihi ajma'iin. Amma ba’du.

Artinya:

“Segala puji bagi Allah semesta alam. Kepada-Nya kami memohon pertolongan bagi urusan dunia dan agama. Shalawat dan salam atas nabi dan rasul yang paling mulia, dan bagi keluarganya serta para sahabatnya seluruhnya. Adapun setelah itu.”

2. Contoh Mukadimah Kedua

الحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِاْلهُدَى وَدِيْنِ اْلحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ اْلكَافِرُوْنَ وَلَوْ كَرِهَ اْلمُشْرِكُوْنَ وَلَوْ كَرِهَ اْلمُنَافِقُوْنَ

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلىَ نَبِيِّنَا مُحَمَّدِ ﷺ وَعَلىَ آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَـعِينَ

Alhamdulillahiladzi Arsala Rasulahu bil Huda wa Diinil Haqqi li Yudhirahu ‘alad diini kullini wa lau karihal kafiruun wa lau karihal musyrikun wa lau karihalkarihal munafiqun.”

“Washsholatu wassalamu ‘ala nabiyyina Muhammadin Shollahu ‘alaihi wa sallam wa ‘ala alihi wa shohbihi ajma'in.

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang sudah mengutus rasul-Nya dengan petunjuk dan agama yang benar supaya agama ini berjaya di atas seluruh agama lainnya walaupun orang-orang kafir benci, orang-orang musyrik benci, dan orang-orang munafik pun benci.”

3. Contoh Mukadimah Ketiga

الْحَمْدُ ِللهِ الَّذِيْ أَنْعَمَنَا بِنِعْمَةِ اْلإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ. وَنُصَلِّيْ وَنُسَلِّمُ عَلَى خَيْرِ اْلأَنَامِ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillahil ladzii an'amanaa bini'matil iimaan wal islaam. Wanushalli wanusallimu ‘alaa khairil anaam, muhammadin wa'alaa aalihii wasohbihi aj-ma’iin, amma ba'du.

Artinya:

“Segala puji bagi Allah yang sudah memberi sebaik-baik nikmat berbentuk iman dan islam. Sholawat dan doa keselamatan terlimpahkan selalu kepada Nabi Agung Muhammad SAW beserta keluarga serta sahabat-sahabat nabi semuanya.”

4. Contoh Mukadimah Keempat

الـحَمْدُ للهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنْ وَالَاهَ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdullilahi washsholatu wassalamu ‘alaa rasulillah wa'alaa aalihi wa sohbihi wa maw waalaah. Amma ba'du.”

Artinya:

“Segala puji bagi Allah. Sholawat dan salam tercurah untuk Rasulullah dan keluarganya, sahabatnya, dan orang-orang yang tunduk lagi taat kepada beliau. Apa pun sesudahnya.”

Sesudah memahami dan mempelajari contoh mukadimah ceramah di atas, kini saatnya untuk mencari referensi khutbah yang cocok untuk disampaikan kepada para jama’ah.

Buku Kumpulan Khutbah Jumat akan menjadi pilihan yang tepat untuk solusi dalam mempelajari dan mencari referensi khutbah yang baik dan tepat.

Buku ini ditulis sebagai jawaban bagi jamaah shalat Jumat yang akan melakukan khutbah dengan mudah, tapi tetap sah sebagai syarat shalat Jumat.

Jika ingin memiliki dan membaca buku ini, segera pesan dan beli bukunya melalui Gramedia.com sekarang juga.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com