Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Kalender Tong Shu dan Peruntungan di Tahun Harimau Air

Kompas.com - 18/12/2021, 08:00 WIB
Sumber Gambar: Dok. Bhuana Ilmu Populer
Rujukan artikel ini:
Kalender Tong Shu 2022 :…
Pengarang: Adhi Pannacatta ( Xiang…
|
Editor Almira Rahma Natasya

Apakah kamu tahu dengan kalender Tong Shu? Istilah Tong Shu (通书) berasal dari kata Tung (通) yang berarti “semua” dan Shu (书) yang berarti “buku”.

Secara singkat, Tong Shu memiliki arti “Buku panduan yang berisi berbagai macam hal”.

Sejarah Kalender Tong Shu

Sejarah Tong Shu dimulai dari ± 4300 tahun lalu, ketika Kaisar Yao memerintahkan para pejabat astronomi kerajaannya untuk mengobservasi fenomena-fenomena langit, seperi bintang-bintang, matahari, dan bulan.

Hasil observasi tersebut digunakan untuk membuat kalender matahari dan bulan berisikan 366 hari dalam setahun.

Hal tersebut merupakan awal dari bentuk kalender Tong Shu yang paling sederhana di kala itu, sebelum akhirnya mulai dimatangkan pada masa Dinasti Song (960 – 1279 M), dengan menambahkan aspek shio dan lima elemen dalam menyempurnakan praktiknya.

Pada awalnya, kalender Tong Shu sering digunakan para petani Tiongkok sebagai panduan dalam bertani.

Namun lambat laun seiring perkembangan zaman, catatan pada kalender Tong Shu telah berulang kali diperbaiki sehingga kini membentuk sistem kalender komplit yang kerap menjadi acuan kehidupan sehari-hari masyarakat Tionghoa.

Penerapan Kalender Tong Shu dalam Kehidupan Sehari-hari

Hingga kini, kalender Tong Shu kerap digunakan masyarakat Tionghoa untuk memilih hari, waktu, dan tanggal yang tepat dalam melaksanakan berbagai kegiatan atau acara penting, seperti pernikahan, membeli tanah, membangun rumah/apartemen, renovasi, pindah rumah, melakukan perjalanan, tanda tangan kontrak, dll.

Kalender Tong Shu modern juga telah disesuaikan dengan perkembangan zaman, dengan menyertakan berbagai catatan yang bersifat umum dan juga khusus, seperti penggalan internasional/nasional beserta hari liburnya, penanggalan imlek, hari-hari besar budaya tionghoa, 24 nama posisi matahari, dan peruntungan 12 shio.

Awalnya, kalender Tong Shu yang beredar di Indonesia kebanyakan dicetak di Tiongkok, sehingga kerap menggunakan istilah dan tulisan dalam bahasa Mandarin.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Namun, kini kalender Tong Shu juga telah dicetak oleh penerbit dan percetakan dalam negeri, dengan menyertakan instruksi dan penjelasan dalam bahasa Indonesia.

Seperti Kalender Tong Shu 2022: Harimau Air yang ditulis oleh Master Xiang Yi.

Isi dalam Kalender Tong Shu 2022: Harimau Air

Tahun ini Master Xiang Yi kembali bekerja sama dengan Penerbit BIP (Bhuana Ilmu Populer), salah satu penerbit dari Kompas Gramedia, untuk memublikasikan Kalender Tong Shu 2022 yang membahas mengenai peruntungan di tahun Harimau Air.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kalender Tong Shu 2022: Harimau Air akan kembali membahas mengenai tata Feng Shui dan keberuntungan yang bisa kamu dapatkan di tahun 2022 nanti.

Di dalam kalender ini, kamu dapat melihat peruntungan tahunan, bulanan, dan harian dari 12 shio, serta petunjuk aktivitas baik yang dapat kamu lakukan setiap harinya.

Dengan penjelasannya yang logis dan bisa dinalar dengan akal sehat, dijamin kamu akan bisa memperlajari Feng Shui dan peruntunganmu dari ahlinya.

Master Xiang Yi merupakan Master dibidang Fengshui, Bazi, dan Ziwei yang telah menekuni bidangnya sejak berusai 8 tahun.

Beliau pernah memiliki program tetap di beberapa stasiun TV nasional, serta aktif mengisi berbagai acara talkshow hampir di semua Bank Nasional dan Internasional, menulis artikel lepas di berbagai media cetak & elektronik, dan juga dipercaya menjadi konsultan perusahaan baik itu nasional dan multinasional.

Jika kamu belum mendapatkan kalender ini karena kehabisan stok cetaknya, maka kamu tidak perlu khawatir!

Kalender Tong Shu 2022: Harimau Air kini juga tersedia dalam bentuk elektronik yang bisa kamu akses di mana saja dan kapan saja melalui smartphone kamu.

Bagaimana? Jika kamu tertarik untuk melihat peruntungan harianmu di tahun 2022 nanti, segera dapatkan Kalender Tong Shu 2022: Harimau Air hanya melalui aplikasi Gramedia Digital di smartphone kamu.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com