Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerapan Tong Shu dalam Kehidupan Sehari-hari

Kompas.com - 17/12/2021, 10:00 WIB
Sumber Gambar: Dok. Bhuana Ilmu Populer
Rujukan artikel ini:
Kalender Tong Shu 2022 :…
Pengarang: Adhi Pannacatta ( Xiang…
|
Editor Almira Rahma Natasya

Pada Desember tahun ini, salah satu penerbit Kompas Gramedia yaitu Penerbit BIP (Bhuana Ilmu Populer), telah menerbitkan Kalender Tong Shu 2022: Harimau Air.

Tidak hanya tersedia dalam versi cetak, kalender ini juga tersedia dalam versi digital yang bisa didapatkan melalui aplikasi Gramedia Digital.

Kalender Tong Shu 2022: Harimau Air ditulis oleh Master Xiang Yi, seorang master di bidang Feng Shui, Bazi, dan Ziwei kondang yang telah berpengalaman.

Tahun 2022, Tahunnya si Harimau

Tahun 2022 akan menjadi tahunnya Shio Harimau dengan mengangkat air sebagai elemen dasar yang paling utama. Oleh sebab itu, tahun 2022 disebut sebagai tahun Harimau Air.

Meskipun demikian, baik buruknya hal yang terjadi kepada si Harimau tetap akan bergantung kepada dirinya sendiri.

Jika tetap berusaha, memberikan yang terbaik, dan hati-hati dalam mengambil keputusan, maka kamu akan dapat merengkuh kesuksesan dan peruntungan di tahun ini.

Secara filosofis, Tong Shu merupakan bagian dari kebijaksanaan masa lalu yang digunakan oleh masyarakat Tionghoa sebagai investasi dalam menata kehidupan di masa depan.

Hal tersebut menyebabkan masyarakat Tionghoa masih menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari sebagai bagian dari identitas dan bentuk apresiasi budaya.

Penerapan dalam Kalender Tong Shu

Kalender Tong Shu klasik dipenuhi dengan banyak informasi, sehingga tidak jarang terkesan kompleks dan membingungkan banyak orang yang ingin mempelajarinya.

Disamping itu, kalender Tong Shu klasik juga disajikan menggunakan bahasa Mandarin, sesuai dengan kebutuhan khusus masyarakat Tionghoa.

Seiring perkembangan zaman, kini kalender Tong Shu modern sudah banyak diminati oleh masyarakat umum dan telah disajikan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pembaca yang lebih luas.

Praktiknya pun sudah semakin luas dan tidak hanya digunakan oleh individu, tetapi juga oleh perusahaan dengan bimbingan dari Master di bidang Feng Shui.

Penerapan informasi di dalam kalender Tong Shu pada kehidupan sehari-hari merupakan hal menarik yang dapat dibahas tanpa henti, karena Tong Shu berisi gabungan dari banyak catatan dan informasi ilmu astronomi Tiongkok yang berusia lebih dari 4000 tahun.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Namun sederhananya, kalender Tong Shu dapat membantu kita untuk menentukan hari baik dan waktu yang tepat bagi setiap orang untuk melakukan suatu aktivitas.

Aktivitas yang kerap menjadi perhatian dalam Tong Shu utamanya adalah aktivitas yang menentukan jalan hidup seseorang, seperti menikah, peresmian, membeli properti, renovasi rumah, melakukan perjalanan, bisnis, dan lain sebagainya.

Penentuan waktu dan hari baik ini ditentukan berdasarkan kecocokan Feng Shui Shio dari masing-masing individu.

Hal ini menyebabkan setiap Shio memiliki keunikan yang berbeda-beda dalam keberuntungan setiap tahun, bulan, hari, dan bahkan jam.

Mudahnya Membaca Peruntungan Lewat Kalender Tong Shu

Dalam Kalender Tong Shu 2022: Harimau Air, pembaca dapat melihat peruntungan Shio masing-masing dengan sangat mudah, karena catatan di dalamnya telah dilengkapi dengan petunjuk warna yang menetukan kapan hari terbaik dalam melakukan aktivitas.

Misalnya, warna merah yang berarti hari terbaik, hijau yang berarti hari biasa, dan hitam yang berarti hari kurang baik.

Selain menentukan hari baik, kalender Tong Shu juga menjelaskan mengenai diagram bintang terbang tahunan dan bulanan.

Diagram ini digunakan untuk mendefinisikan arah keberuntungan yang mengitari arah-arah mata angin yang diukur berdasarkan bintang-bintang dalam astrologi Tionghoa.

Hal ini sering diaplikasikan dalam menentukan hal-hal, seperti mencari posisi duduk, arah dalam berbisnis, posisi terbaik dalam membangun rumah, dan masih banyak lagi.

Meskipun ada beberapa hal yang tidak disarankan, catatan dalam Kalender Tong Shu 2022: Harimau Air juga menjelaskan mengenai upaya apa saja yang dapat kita lakukan dalam mengantisipasi atau menghindari kemungkinan terburuknya.

Feng Shui seperti ini bukanlah sebatas perkiraan ramalan semata, karena pada hakikatnya manusia merupakan bagian dalam alam yang tentunya memiliki koneksi dengan alam.

Ilmu Feng Shui merupakan sesuatu yang layak untuk kita pelajari karena menurut Master Xiang Yi, “Feng Shui merupakan ilmu pengetahuan logis dan bisa dinalar oleh akal sehat, sehingga bisa dipelajari semua kalangan”.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mempelajari kalender Tong Shu dan keburuntunganmu di tahun Harimau Air dengan lebih mendalam?

Dapatkan Kalender Tong Shu 2022: Harimau Air di Gramedia.com atau lihat versi digitalnya melalui aplikasi Gramedia Digital!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com