Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kerajinan Tangan Simpel yang Berasal dari Barang Bekas

Kompas.com - 14/06/2023, 15:30 WIB
kerajinan tangan simpel Sumber: pixabay.com/kaboompics kerajinan tangan simpel
Rujukan artikel ini:
Berkreasi Aneka Barang Bekas: Mengubah…
Pengarang: Kak Derosya
|
Editor Rahmad

Kerajinan tangan bisa berasal dari macam-macam jenisnya. Kerajinan tangan yang berasal dari barang bekas juga sangatlah banyak jenisnya. Kerajinan tangan sendiri merupakan sebuah karya seni yang bisa dilakukan saat waktu senggang dengan menggunakan bahan bekas atau bahan sederhana menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Sering kali, bahan yang digunakan dalam pembuatan kerajinan tangan yang berasal dari barang bekas bisa berupa kerajinan dari stik es krim, kardus, atau botol bekas.

Lantas, apa saja contoh kerajinan tangan dari bahan bekas yang menarik untuk dibuat? Berikut beberapa contoh kerajinan tangan yang berasal dari bahan bekas.

Kerajinan Tangan yang Berasal dari Bahan Bekas

1. Vas bunga dari bohlam bekas

Kerajinan tangan yang pertama adalah vas bunga yang terbuat dari bohlam bekas. Selain simple dalam pembuatannya, kerajinan tangan ini juga bisa menghasilkan uang, lho. Kamu bisa mencari bohlam lampu yang sudah rusak atau tidak terpakai.

Lalu, kamu bisa mendaur ulang bohlam lampu tersebut menjadi sebuah vas yang bisa mempercantik ruangan kamu.

2. Pot dari botol bekas

Salah satu kerajinan tangan yang berasal dari bahan bekas yang sangat mudah untuk dibuat adalah pot bunga yang terbuat dari botol minum bekas. Amu juga bisa menjualnya, modal yang dibutuhkan tidaklah besar. Selain itu, kamu juga bisa mengurangi sampah plastik di lingkungan kamu.

Pembuatannya sangat mudah dan simpel, kamu tinggal memotong botol sesuai dengan bentuk yang kamu inginkan. Supaya bisa lebih cantik, kamu juga bisa mengecatnya dan menambahkan motif sesuai keinginan.

3. Lampu geometric dari kardus bekas

Kamu juga bisa memanfaatkan kardus bekas yang kamu punya untuk diubah menjadi lampu geometrik. Hanya dengan bahan dasar kardus bekas, kamu bisa menyulapnya menjadi lampu yang unik.

Caranya adalah dengan membentuk kardus dengans suatu pola yang kamu inginkan, misalnya saja bintang atau bulan. Lalu, pilihlah warna lampu yang sesuai dengan selera kamu. dengan lampu geometric ini, bisa membuat suasana tidur kamu menjadi lebih tenang.

4. Tempat sendok dari kaleng bekas

Salah satu kerajinan tangan dari bahan bekas yang menarik adalah kaleng bekas yang bisa dijadikan sebagai sebuah tempat sendok.

Kamu hanya perlu menghias kaleng bekas dengan cat khusus kaleng. Bahan yang dibutuhkan tidak banyak, kamu hanya perlu kaleng, cat, dan beberapa bahan tambahan lain seperti tali atau pita yang bisa digunakan sebagai tali gantung.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Tempat tisu dari stik es krim

Kamu juga bisa membuat kerajinan dari stik es krim untuk membuat sesuatu yang berbeda. Kalau dijual, kerajinan ini juga memiliki harga yang tinggi, lho.

Salah satu kerajinan dari stik es krim adalah kotak tisu atau tempat tisu. Biasanya, tempat tisu berasal dari bahan kain atau plastik. Cobalah kamu membuat tempat tisu yang berbeda, yaitu dari stik es krim.

6. Tempat pensil dari stik es krim

Selain kamu membuat tempat tisu, kamu juga bisa membuat kerajinan dari stik es krim menjadi tempat pensil. Tempat pensil dari stik es krim tidak membutuhkan Teknik yang rumit dalam pembuatannya.

Kamu hanya memerlukan beberapa potong stik es krim dengan ukuran yang sama, lalu dirangkai menjadi satu.

7. Bunga dari sedotan bekas

Bunga dari bahan sedotan bisa menjadi salah satu contoh kerajinan tangan yang indah dan memiliki nilai jual yang tinggi. Bahkan, cara membuatnya sangat mudah dan tidak membutuhkan biaya yang besar.

Yang perlu kamu perhatikan adalah teknik dalam memotong sedotan supaya bisa membentuk kelopak bunga yang berbeda-beda dan menjadi lebih indah.

Kamu juga bisa memanfaatkan barang bekas atau benda-benda yang sudah tidak terpakai lagi di rumahmu untuk kamu jadikan suatu kerajinan yang baru.

Seperti yang ada di dalam buku Berkreasi Aneka Barang Bekas: Mengubah Barang Usang Jadi Cantik karya Kak Derosa.

Di dalam buku ini, kamu akan menemukan beragam inspirasi tentang kreasi membuat kerajinan yang berasal dari barang bekas atau barang yang sudah tidak terpakai lagi. Simk buku ini, dan kamu bisa mendapatkan Langkah sederhana dalam mengolah segala limbah rumah tangga yang ada.

Buku ini membagikan 19 kreasi cantik dari barang bekas yang bisa kamu lakukan sendiri. cara pembuatannya juga sangat mudah.

Bahan yang diperlukan juga sangat mudah. Segera pesan dan beli buku tersebut melalui gramedia.com supaya kamu bisa langsung mencoba buat kerajinan sendiri di rumah.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com