Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Passion adalah Keinginan Seseorang dalam Melakukan Sesuatu, Kenali Tandanya Berikut Ini

Kompas.com - 15/06/2023, 12:00 WIB
Passion adalah Sumber Gambar: Pexels.com Passion adalah
Rujukan artikel ini:
Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo…
Pengarang: Mark Manson
|
Editor Ratih Widiastuty

Melakukan sesuatu berdasarkan minat serta gairah yang ada pada diri sendiri menjadikan hal tersebut jauh lebih menyenangkan untuk dilakukan, baik itu berupa pekerjaan ataupun hanya berupa hobi belaka.

Bekerja sesuai dengan passion merupakan hal yang diinginkan oleh banyak orang karena apabila pekerjaan tersebut terasa berat dan penuh tekanan, kita akan jauh lebih nyaman saat mengerjakannya.

Mengerjakan sesuatu sesuai passion tentunya akan dilakukan sepenuh hati sebab berkaitan dengan passion yang ada di dalam diri sendiri.

Sayangnya, tidak semua orang bisa beruntung bekerja seusai dengan passion mereka mengingat tuntutan kebutuhan serta urgensi yang harus dipenuhi dalam menjalani kehidupan ini.

Gairah yang timbul dalam diri ketika mengerjakan sesuatu yang disukai akan menciptakan kegiatan yang lebih menyenangkan dengan hasil memuaskan karena dikerjakan dengan sepenuh hati.

Maka, penting sekali untuk melibatkan passion dalam setiap hal yang dilakukan agar mood dan hasil yang didapatkan bisa terasa lebih memuaskan.

Dewasa ini, melalui kehadiran media sosial, bekerja sesuai passion akan terasa jauh lebih mudah untuk dilakukan karena siapa saja bisa menemukan akses akan minat mereka sekaligus menghasilkan pundi-pundi uang.

Munculnya media sosial bisa mengubah cara bekerja menjadi jauh lebih mudah dan menyenangkan karena passion bisa ikut terlibat di dalamnya.

Apa Itu Passion?

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), passion dapat diartikan sebagai gairah, hasrat besar, emosi, kegembiraan, kecemasan, dan kemarahan.

Boleh dibilang, sebenarnya passion sendiri bukanlah impian, ambisi, atau keinginan.

Akan tetapi, gairah merupakan sesuatu yang diawali dengan kesadaran.

Maka dari itu, passion adalah keinginan seseorang dalam melakukan kegiatan atau sesuatu yang disukai maupun dianggap penting.

Seseorang yang mempunyai passion di dalam dirinya biasanya akan dengan suka rela melakukannya tanpa berpikir dua kali, bahkan waktu, tenaga, dan pikiran pun rela untuk dikorbankan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Melalui passion yang ada di dalam diri, biasanya saat menghadapi kegagalan, orang tersebut akan terus mencobanya hingga berhasil karena saking bergairah dan cintanya pada hal tersebut.

Passion mampu mendorong motivasi seseorang dalam menjalankan suatu kegiatan karena dilandasi oleh rasa suka dan semangat yang tinggi.

Passion akan memberikan perasaan nyaman dan menyenangkan ketika melakukan sesuatu yang disukai karena terdapat gairah yang memunculkan semangat dan ambisi selama prosesnya.

Maka untuk memupuk dan menjaga passion di dalam diri dibutuhkan cara yang tepat agar tidak tergerus oleh tekanan dan tuntutan kehidupan.

Menjaga Passion agar Tetap Membara

Menjalankan kegiatan sesuai dengan passion yang kita miliki tentunya tidak selalu berjalan beriringan dengan kondisi kehidupan yang selalu dipenuhi tuntutan akan ekspektasi orang-orang terhadap diri kita.

Ekspektasi yang disematkan orang lain biasanya dapat membuat kita melupakan apa yang kita sukai karena harus memuaskan standar kehidupan yang sudah diciptakan oleh komunitas.

Maka tidak mengherankan jika secara perlahan-lahan passion yang kita miliki akan mulai tergerus karena memilih untuk realistis dengan menjalani kehidupan yang sudah mempunyai standar masyarakat pada umumnya.

Dibutuhkan komitmen dan keberanian untuk bisa menjaga passion tetap membara di dalam diri dengan mengambil keputusan sesuai apa yang kita sukai dan inginkan.

Untuk menjalankan pekerjaan sesuai dengan passion yang kita miliki, sering kali dibutuhkan keberanian untuk mampu keluar dari zona nyaman dengan memilih risiko yang jauh lebih besar dibandingkan bekerja sesuai dengan ekspektasi orang-orang.

Kenyamanan dan kebahagiaan kita merupakan tanggung jawab diri sendiri sehingga tidak ada salahnya jika mulai memikirkan apa yang kita inginkan sesuai dengan passion yang dimiliki.

Hal ini juga sejalan dengan prinsip-prinsip kehidupan yang dibahas dalam buku Sebuah Seni untuk Bersikap Bodo Amat yang ditulis oleh Mark Manson.

Prinsip-prinsip yang dibahas di dalam buku ini mampu menjaga passion yang sejalan dengan cara menjalani kehidupan yang lebih waras di tengah standar kehidupan masyarakat yang bersifat ambigu.

Tunggu apa lagi, yuk, segera pesan dan miliki bukunya sekarang juga untuk bisa memiliki kehidupan yang lebih bahagia di tengah dunia yang penuh tuntutan dan ekspektasi dengan cara membelinya melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com