Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fungsi Vlookup Itu Apa Ya? Yuk, Cari Tahu di Sini!

Kompas.com - 07/06/2023, 12:00 WIB
Fungsi Vlookup Sumber Gambar: Freepik.com Fungsi Vlookup
Rujukan artikel ini:
Belajar Cara Efektif Menggunakan Rumus…
Pengarang: Christopher Lee
Penulis Krisna
|
Editor Ratih Widiastuty

Aplikasi pengolah data merupakan tools yang harus dikuasai oleh banyak pekerja yang bekerja di bagian pengolah data.

Saat ini aplikasi yang paling sering digunakan adalah Excel dari Microsoft karena paling mudah untuk dipelajari tanpa harus menguasai algoritma ataupun bahasa pemrograman.

Namun, untuk menggunakan excel kita harus tahu mengenai rumus atau yang sering disebut dengan formula yang biasa digunakan untuk mengolah data.

Formula sendiri digunakan untuk memudahkan menyeleksi, menampilkan, ataupun menghitung data yang ada, salah satunya seperti formula Vlookup.

Apa itu Vlookup? Vlookup adalah formula yang berfungsi untuk menampilkan data dari sebuah kolom pertama yang bersifat vertikal sehingga rumusnya diawali dengan huruf V yang menandakan vertical.

Template Fungsi Vlookup

Formula dari Vlookup sendiri memiliki template yaitu:

Vlookup (lookup_value, Table_array, Col_num_indx, [range lookup])

Fungsi rumus di atas dapat didefinisikan sebagai berikut:

  1. Vlookup, merupakan fungsi utama
  2. lookup_value adalah nilai yang akan dijadikan patokan untuk pencarian data seperti mencari harga berdasarkan nama barang, jadi nama barang itu merupakan lookup_value-nya.
  3. Table_array adalah luasan data yang menjadi tempat pencarian dari nilai lookup_value. Disebutkan table_array karena luasan tersebut dilakukan berdasarkan letak array dari suatu tabel. Array ini merupakan tipe data yang berbentuk matriks atau data yang memiliki kolom dan baris.
  4. Col_num_index adalah nilai untuk menunjukan berapa kolom yang akan diambil nilainya berdasarkan nilai lookup_value. Contohnya ketika col_num_index bernilai 3 maka artinya vlookup akan mencari data di 2 kolom berikutnya dari kolom lookup_value.
  5. Range lookup ini bernilai hanya TRUE atau FALSE. Keadaan itu menunjukan bahwa ketika bernilai TRUE maka pencarian lookup value akan menjadi seperti “carikan saya nilai data dari suatu kolom yang sama persis dengan lookup value nya”. Namun, ketika bernilai FALSE maka artinya akan seperti “carikan saya nilai data dari suatu kolom yang kurang-lebih sama dengan lookup value nya” ehingga range lookup bisa disebut dengan tingkat ketelitian yang diinginkan.

Untuk lebih mudah dipahami mungkin langkah berikut dapat diikuti sebagai contoh penggunaan dari rumus Vlookup

  • Siapkan dua kolom tabel yang berisi nama barang pada kolom tabel pertama dan harga pada kolom tabel kedua atau buat tiga kolom pun tidak apa-apa.
  • Lalu tambahkan 5 baris data sesuai yang kamu butuhkan.

Fungsi Vlookup Fungsi Vlookup

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

  • Lalu klik cell dimana vlookup akan dimuat, setelah itu ketikan rumus Vlookup seperti pada gambar.

Fungsi Vlookup Fungsi Vlookup

  • Dari gambar diatas rumus vlookup dapat diartikan di bahasa manusia seperti “tolong carikan saya data berdasarkan apa yang sama persis dengan buku (karena nilai range nya TRUE) dari cell C5 hingga E7 yang diambil dari nilai pada kolom berikutnya (karena col_num_index bernilai 2).
  • Hasilnya akan didapat nilai 100 karena pada data buku yang terdapat di kolom berikutnya (yang merupakan harga) bernilai 100.
  • Jika col_num_index diganti dengan angka 3 maka yang akan ditampilkan adalah nilai dari kolom stok.

Fungsi Vlookup Fungsi Vlookup

Kedua contoh di atas semoga dapat membantu kamu lebih mengerti dalam penggunaan rumus Vlookup.

Pada tabel data yang berisi ribuan baris, Vlookup ini akan sangat membantu pekerjaan dalam proses pencarian data yang akurat.

Selain itu, pada tabel data yang berisi stok barang gudang ataupun pada tabel data daftar letak barang-barang tertentu rumus Vlookup sering menjadi andalan karena dapat menemukan kolom yang berisi data letak dari barang tersebut sehingga petugas gudang dapat lebih mudah untuk menemukan barang tertentu.

Penggunaan rumus-rumus lain pada Microsoft Excel masih banyak yang perlu kamu tahu untuk memudahkan kamu mengelola data apapun yang kamu miliki sehingga kamu dapat dengan mudah mengelola data sebagai acuan untuk keputusan atau tindakan apa yang akan kamu lakukan.

Rumus-rumus Excel yang lain dapat kamu pelajari di buku Belajar Cara Efektif Menggunakan Rumus & Fungsi Excel Step-by-Step.

Pada buku tersebut dibahas lebih dari 100 rumus dan fungsi yang terdapat pada Microsoft Excel untuk membantu kamu mempermudah mengelola data pada zaman sekarang ini semua pengelolaan data sudah sebagian besar berpindah menjadi digital.

Dari buku yang ditulis oleh Christopher Lee ini kamu juga mendapatkan contoh penggunaan rumus-rumus yang dibahas sehingga kamu dapat memahaminya dengan lebih mudah.

Buku ini cocok sekali untuk kamu yang ingin menekuni bidang akuntansi, keuangan, logistik dan profesi lain yang bersinggungan dengan pengolahan data.

Dapatkan bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com