Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kumpulan Doa Tahlil Singkat, Bacaan Doa Tahlilan Beserta Artinya

Kompas.com - 06/06/2023, 11:30 WIB
panduan tahlilan Photo Tayeb Mezahdia on Pexels panduan tahlilan
Rujukan artikel ini:
Panduan Lengkap Yaasin&Tahlil
Pengarang: Wahyu Qalbu
|
Editor Rahmad

Jika kamu termasuk umat muslim yang melaksanakan tahlilan, maka wajib tahu apa saja doa tahlil singkat yang umum digunakan.

Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing dengan lafal tahlil karena sering digunakan selain mendoakan jenazah.

Seperti ruwahan, akhir sya'ban, akhir Ramadhan, atau selamatan lainnya.

Itulah sebabnya, bagi para umat muslim yang melaksanakan tahlilan sebaiknya mengetahui doa tahlil yang singkat sekalipun.

Panduan Tahlilan

Bacaan tahlil adalah salah satu amalan yang umum dilakukan oleh umat Muslim untuk mengingat dan mendoakan orang yang telah meninggal dunia.

Berikut ini adalah kumpulan doa tahlil singkat yang umum dilakukan:

1. Pertama

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدَ الشَّاكِرِيْنَ، حَمْدَالنَّاعِمِيْنَ، حَمْدًايُوَافِيْ نِعَمَه وَيُكَافِئُ مَزِيْدَه، يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ. اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى الِى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ.

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, segala puji bagi Allah Penguasa Alam Semesta, seperti orang-orang yang bersyukur dan orang yang mendapatkan banyak limpahan kenikmatan memuji Nya. Dengan pujian yang sepadan beserta nikmat-Nya dan kemungkinan bertambahnya. Wahai Tuhanku, pujian hanyalah pada-Mu, seperti yang layak atas kemuliaan dari zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu. Ya Allah berikanlah kesejahteraan dan keselamatan yang melimpah pada Nabi Muhammad SAW, sebagai junjungan kami beserta sanak dan keluarganya.

2. Doa Kedua

اَللهُمَّ تَقَبَّلْ وَاَوْصِلْ ثَوَابَ مَاقَرَأْنَاهُ مِنَ الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ وَمَا هَلَّلْنَا وَمَا سَبَّحْنَا وَمَااسْتَغْفَرْنَا وَمَا صَلَّيْنَا عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هَدِيَّةً وَاصِلَةً وَرَحْمَةً نَازِلَةً وَبَرَكَةً شَامِلَةً

اِلَى حَضْرَةِ حَبِيْبِنَا وَشَفِيْعِنَا وَقُرَّةِ اَعْيُنِنَا سَيِّدِنَا وَمَوْلنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَاِلَى جَمِيْعِ اِخْوَانِه مِنَ الْاَنْبِيَآءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَالْاَوْلِيَآءِ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَالصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَالْعُلَمَآءِ الْعَالِمِيْنَ وَالْمُصَنِّفِيْنَ الْمُخْلِصِيْنَ

وَجَمِيْعِ الْمَلاَئِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ خُصُوْصًا اِلَى سَيِّدِنَا الشَّيْخِ عَبْدِ الْقَادِرِ الْجَيْلاَنِيِّ

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Artinya:

Ya Allah, semoga diterima dan sampai pahala bacaan Al-Quran kami, tahlil, tasbih, istighfar dan shalawat kami pada junjungan kami Nabi Muhammad SAW sebagai bentuk hadiah dan jadi penyambung serta sebagai rahmat dan berkah yang turun dan akan menyebar pada kekasih kami, penolong kami serta buah hati kami. Pemuka dan pemimpin kami yakni Nabi Muhammad SAW dan semua sahabat baginda dari kalangan para Nabi dan juga rasul, para wali, para syuhada, orang-orang saleh, para sahabat, para tabi'in, para ulama yang mengamalkan keilmuannya, para pengarang yang ikhlas beserta orang-orang yang jihad dijalan Allah SWT, Tuhan semesta alam dan kepada para malaikat yang selalu beribadah.

3. Doa Ketiga

ثُمَّ اِلى جَمِيْعِ اَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ مِنْ مَشَارِقِ اْلاَرْضِ اِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا خُصُوْصًا اِلَى آبَآءِنَا وَاُمَّهَاتِنَا وَاَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَنَخُصُّ خُصُوْصًا مَنِ اجْتَمَعْنَاههُنَا بِسَبَبِه وَلِاَجْلِه

Artinya:

Kemudian untuk seluruh penghuni kubur pada kalangan orang-orang Islam lelaki atau perempuan, orang mukmin laki-laki serta perempuan yang berasal dari belahan bumi Timur dan Barat, di laut dan juga di darat, terutama pada (nama orang yang meninggal dunia), ibu bapak kami, kakek nenek kami, dan lebih diutamakan lagi untuk orang yang menyebabkan kami berkumpul.

4. Doa Keempat

اَللهُمَّ اَنْزِلِ الرَّحْمَةَ وَالْمَغْفِرَةَ عَلى اَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنْ اَهْلِ لَآاِلهَ اِلاَّ اللهُ مُحَمَّدٌ رَسُوْلُ اللهِ اَللهُمَّ اَرِنَاالْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَااتِّبَاعَهُ وَاَرِنَاالْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَااجْتِنَابَهُ

Artinya:

Ya Allah, turunkan rahmat serta ampunan-Mu pada mereka, ahli kubur yang selalu mengucap kalimat, ‘Laa Ilaaha illallaah Muhammadurrasuulullaah’ (tiada tuhan yang layak disembah selain Allah SWT dan Muhammad adalah utusan Allah). Ya Allah, tunjukkan lah pada kami kebenaran yang merupakan suatu kebenaran dan berilah anugerah pada kamu untuk dapat mengikutinya serta tunjukkan pada kami kebatilan yang merupakan suatu kebatilan serta berilah anugerah pada kami untuk menjauhinya.

5. Doa Kelima

رَبَّنَا اَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلاَمٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya:

Maha Suci Allah, Tuhan pemilik kemuliaan dari segala sifat yang mereka berikan. Keselamatan yang terus tertuju pada Rasul SAW serta segala puji bagi Allah SWT, Sang penguasa alam semesta.

Nah, itulah kumpulan doa tahlil singkat yang bisa kamu jadikan referensi.

Setiap acara tahlilan mungkin saja menggunakan doa yang berbeda, apakah kamu menggunakan salah satu doa tahlil singkat di atas?

Buku Panduan Lengkap Yaasin&Tahlil ini bisa kamu jadikan referensi mengetahui susunan bacaan doa tahlil singkat. Buku ini bisa jadi panduan tahlilan yang simple dan bisa dibawa kemana saja. Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com