Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Apa Nama Induk Organisasi Senam Indonesia dan Tugasnya

Kompas.com - 29/05/2023, 16:00 WIB
 Induk Organisasi Senam Indonesia  Sumber Gambar: Freepik.com Induk Organisasi Senam Indonesia 
Rujukan artikel ini:
Buku Pintar Olahraga
Pengarang: Teguh Sutanto
|
Editor Puteri

Senam termasuk salah satu olahraga yang paling umum di Indonesia dan telah ada sejak tahun 1912.

Olahraga ini mengandalkan gerak badan dengan gerakan tertentu yang bertujuan membentuk kebugaran jasmani.

Ada berbagai macam jenis senam yang dapat dilakukan, di antaranya senam artistik, senam aerobik, senam lantai, senam irama, dan senam zumba.

Seiring berjalannya waktu, kegiatan senam yang terus berkembang membuat olahraga ini melahirkan induk organisasi sebagai wadah bagi olahraga senam.

Lalu, apa nama induk organisasi senam Indonesia dan apa saja tugasnya? Simak selengkapnya di bawah ini.

Apa Nama Induk Organisasi Senam Indonesia?

Nama induk organisasi senam Indonesia adalah Persatuan Senam Indonesia atau juga dikenal dengan singkatan PERSANI.

Organisasi ini berdiri dipelopori oleh R. Suhadi pada 14 Juli 1963 yang bertujuan untuk bertanggung jawab dalam mengatur, mengembangkan, dan memajukan olahraga senam di Indonesia sekaligus melahirkan atlet berprestasi.

Dalam proses pembinaan dan pengembangan yang dilakukan oleh PERSANI mulanya hanya membina dua disiplin senam artistik, yaitu artistik putra dan putri.

Kemudian, pembinaan semakin berkembang pada tahun 80-an dengan menambah satu nomor perlombaan, yaitu ritmik sportif.

Pada tahun 2000-an, cabang perlombaan senam yang dibina oleh PERSANI bertambah dengan dimasukkannya disiplin aerobik, dan hingga tahun 2008 pertumbuhan induk organisasi cabang olahraga senam di tingkat provinsi mencapai 22 nomor perlombaan.

Latar belakang didirikannya PERSANI tak lepas dari gelaran olahraga GANEFO (Games of The New Emerging Forces) yang kemudian dikenal sebagai bagian dari pelopor munculnya induk organisasi senam Indonesia.

PERSANI menjadi wadah bagi para pegiat senam dalam mengembangkan aktivitasnya untuk lebih jelas dan matang.

Dirunut berdasarkan sejarah, olahraga senam mulanya berasal dari Yunani dan merupakan salah satu aktivitas bagi para pemuda-pemudi di negara tersebut untuk melatih raga dan elastisitas.

Para filsuf terkenal seperti Socrates, Plato, dan Aristoteles diketahui memberikan dukungan penuh pada aktivitas senam karena termasuk latihan fisik yang dapat menciptakan harmonisasi dalam hidup.

Tak hanya dianggap sebagai aktivitas untuk menjaga kebugaran jasmani, senam juga dikenal dapat membentuk raga (fisik), kecantikan, dan keindahan tubuh.

Tugas Induk Organisasi Senam Indonesia

Secara umum, terdapat berbagai tugas yang perlu dilakukan oleh PERSANI, di antaranya:

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

1. Pengembangan Program Senam

PERSANI bertugas untuk mengembangkan dan mempromosikan program-program yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masyarakat Indonesia.

Dalam prosesnya, pengembangan membutuhkan perencanaan, penelitian, dan penyusunan program senam yang bervariasi, seperti senam aerobik, kebugaran, prenatal, senam anak-anak, dan sebagainya.

2. Pelatihan dan Sertifikasi Instruktur

PERSANI dapat bertugas untuk melaksanakan pelatihan dan sertifikasi bagi instruktur senam guna meningkatkan kualitas dan standar pengajaran senam di Indonesia.

Hal tersebut penting untuk dilakukan sebagai jaminan dalam memastikan bahwa instruktur senam memiliki keterampilan dan pengetahuan memadai dalam menyampaikan program senam secara aman sekaligus efektif.

3. Organisasi Kompetisi Senam

Adapun tugas PERSANI lainnya yaitu untuk mengatur dan menyelenggarakan kompetisi senam di berbagai tingkatan, mulai dari tingkat nasional maupun regional.

Kompetisi yang digelar dapat menjadi wadah bagi para atlet senam untuk berkompetisi, memamerkan keahlian yang dimiliki, dan mendorong perkembangan senam di Indonesia.

4. Promosi dan Kampanye tentang Pentingnya Aktivitas Fisik

Senam termasuk aktivitas fisik yang dapat meningkatkan kebugaran jasmani sehingga PERSANI sebagai induk organisasi memiliki tugas dalam melakukan promosi maupun kampanye dalam melakukan kegiatan itu.

PERSANI dapat melakukan kegiatan promosi dan kampanye untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang manfaat senam bagi tubuh melalui media sosial, seminar, workshop, maupun kerja sama dengan berbagai pihak.

5. Kolaborasi dan Advokasi

PERSANI dapat berkolaborasi dengan organisasi lain untuk mengembangkan senam dan kebugaran di Indonesia serta melakukan advokasi kepada pemerintah maupun pihak terkait.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan perhatian, kesadaran, dan dukungan terhadap senam sebagai bagian dari gaya hidup sehat.

Itulah penjelasan tentang nama induk organisasi senam Indonesia dan tugasnya yang dapat kamu ketahui.

Selain senam, ada berbagai olahraga yang bisa kamu pelajari untuk meningkatkan kebugaran jasmani yang dapat dipelajari dalam Buku Pintar Olahraga.

Seperti yang diketahui, olahraga termasuk kegiatan menggerakkan badan dan pikiran yang bermanfaat untuk menguatkan, menyehatkan sekaligus menjaga kualitas kesehatan tubuh.

Nah, dalam buku ini penulis akan memberikan penjelasan kepada pembaca tentang puluhan macam olahraga dan permainan tradisional yang menyehatkan.

Buku ini dibagi dalam beberapa kategori yang disesuaikan dengan jenis olahraga yang akan dibahas, yaitu olahraga menggunakan alat berupa bola, olahraga bela diri, olahraga aquatik (air), olahraga balap, dan olahraga seni gerak.

Selain itu, buku ini juga membahas tentang olahraga cabang atletik, olahraga konsentrasi (strategi), olahraga aeromodelling (aerosport), olahraga berat, dan ragam permainan tradisional dari Indonesia.

Tertarik mempelajari ragam olahraga selain senam? Kamu dapat membeli Buku Pintar Olahraga di toko buku Gramedia atau secara online melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com