Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Bruntusan, Berikut Cara Menghilangkan Jerawat Pasir   

Kompas.com - 17/05/2023, 12:00 WIB
Cara Menghilangkan Jerawat Pasir Sumber Gambar: Freepik.com Cara Menghilangkan Jerawat Pasir
Rujukan artikel ini:
The Little Book of Skin…
Pengarang: Charlotte Cho
|
Editor Ratih Widiastuty

Jerawat pasir merupakan jenis jerawat dengan ukuran kecil yang timbul dalam jumlah banyak di sekitar area wajah.

Jerawat pasir biasanya tercipta akibat whitehead atau komedo putih yang menyerupai biang keringat.

Beberapa hal yang memicu timbulnya jerawat pasir antara lain, seperti mengonsumsi makanan mengandung gula dan lemak yang tinggi, produksi minyak berlebih pada kulit, kehamilan, menstruasi, pubertas, sampai pemakaian produk pelembab yang keliru.

Munculnya jerawat pasir juga bisa diakibatkan oleh iritasi kulit karena gesekan serta tekanan yang berlebihan sehingga memicu jerawat baru dalam jumlah yang banyak.

Meskipun begitu, bruntusan pada kulit pun dapat diakibatkan oleh tersumbatnya pori-pori karena kombinasi minyak, bakteri, dan sel kulit mati.

Bruntusan merupakan jerawat yang ditandai dengan munculnya bintik kecil yang belum berkembang atau disebut juga dengan comedonal acne.

Jerawat pasir biasanya tampak kasat mata, namun akan terasa kasar apabila dipegang.

Meskipun jerawat pasir ini tidak terlalu terlihat, tapi tidak bisa dipungkiri juga akan sangat mengganggu penampilan yang justru membuat rasa percaya diri menurun.

Maka dari itu, dibutuhkan cara yang tepat dan efektif untuk dapat menghilangkan jerawat pasir demi menunjang penampilan yang lebih menarik.

Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jerawat pasir di wajah? Simak beberapa caranya berikut ini.

Cara Menghilangkan Jerawat Pasir

1. Antibiotik

Cara menghilangkan jerawat pasir yang pertama adalah dengan menggunakan antibiotik, khususnya yang diakibatkan oleh infeksi bakteri.

Tidak hanya itu, antibiotik biasanya akan digunakan berbarengan dengan obat jerawat lainnya, seperti benzoil proksida dan retinoid.

Apabila jerawat pasir yang diderita terbilang parah, maka dokter mungkin akan merekomendasikan beberapa treatment, seperti terapi laser, pemberian suntik jerawat, dan chemical peels.

Oleh karena itu, penting sekali untuk memeriksakan terlebih dahulu kondisi bruntusan kepada dokter agar tidak salah penanganan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

2. Retinoid

Pemakaian skincare yang mengandung retinoid juga mampu mencegah penyumbatan sebum, infeksi bakteri pada pori-pori kulit, dan sel kulit mati.

Retinoid biasanya digunakan dengan cara dioleskan pada area kulit yang bruntusan sebanyak tiga kali selama satu minggu saat malam hari.

Meskipun retinoid dapat menyebabkan kulit menjadi kemerahan serta kering, tapi efek samping tersebut akan semakin menurun saat kulit mulai terbiasa dengan obat yang satu ini.

Perlu diketahui jika retinoid tidak diperbolehkan untuk digunakan oleh ibu hamil sebab dapat membahayakan kondisi janin.

3. Menghindari Penyebab Iritasi Kulit

Siapa yang menyangka jika beberapa produk kecantikan, seperti make up dengan tekstur berminyak, hair spray, atau sunscreen, ternyata bisa memperparah kondisi bruntusan.

Maka dari itu, gunakanlah produk dengan keterangan berbahan dasar air atau non-comedogenic yang akan memperkecil timbulnya jerawat pasir.

4. Asam Salisilat

Senyawa asam salisilat mempunyai kandungan anti bakteri yang dapat membasmi bakteri penyebab jerawat serta mengurangi produksi minyak berlebih pada pori-pori kulit.

Akan tetapi, bak pedang bermata dua, asam salisilat juga mempunyai efek samping, seperti perubahan warna kulit dan mengalami iritasi.

Maka dari itu, jangan sembarangan menggunakan asam salisilat jika tanpa disertai dengan resep dan anjuran dokter karena justru akan membahayakan kondisi kulit.

Periksakan terlebih dahulu kondisi kulit sebelum memutuskan cara terbaik mana yang bisa dipilih untuk mengatasi jerawat pasir.

Daripada menyesal dan kerepotan harus menghilangkan jerawat pasir di wajah, alangkah lebih baik apabila kita mampu merawat kulit dengan lebih baik lagi.

Perdalam ilmu tersebut dengan membaca buku The Little Book of Skin Care yang akan memandu pembaca melewati sepuluh langkah rutin perawatan kulit Korea untuk mendapatkan kulit yang paling bening dan paling bersinar.

Buku dengan 220 halaman ini dilengkapi pula dengan tutorial step by step, tip perawatan kulit, saran mengenai produk di semua tingkatkan harga, serta interview eksklusif dengan ahli kecantikan di seluruh dunia.

Semua perawatan kecantikan ala Korea bisa didapatkan hanya dengan membaca buku ini karena semuanya ditulis dengan amat lengkap, rinci, dan sederhana.

Pesan bukunya sekarang juga di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com