Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Cari Tahu 5 Keutamaan Melaksanakan dan Membaca Doa Setelah Sholat Dhuha

Kompas.com - 11/05/2023, 10:30 WIB
Keutamaan Sholat Dhuha dalam Islam Sumber: pixabay.com/rudolf_langer Keutamaan Sholat Dhuha dalam Islam
Rujukan artikel ini:
Dahsyatnya Berkah Bangun Pagi, Tahajjud,…
Pengarang: Abil Qays Maarif
|
Editor Rahmad

Setiap umat muslim pasti sudah tahu betul betapa mudahnya setiap umat muslim dalam mencari pahala sebagai bekal di akhirat kelak.

Selain dengan cara menjalankan kewajiban yang diperintahkan oleh Allah SWT, terdapat banyak hal lainnya yang dapat dilakukan setiap umat muslim untuk memperoleh pahala.

Salah satu cara yang paling sederhana adalah dengan melaksanakan sholat sunnah dhuha. Tahukah kamu, kalau sholat dhuha ini menjadi salah satu ibadah yang paling sering dikerjakan oleh Rasulullah?

Sholat dhuha ini juga memiliki banyak keutamaannya, lho. Mulai dari dipermudahkannya dalam mencari rezeki, sampai diampuni segala dosa.

Jadi, setelah melaksanakan sholat dhuha, dianjurkan kepada kita untuk selalu membaca doa setelah sholat dhuha. Dengan membaca doa setelah sholat dhuha, maka segala doa kamu akan diijabah oleh Allah SWT.

Penasaran apa saja keutamaan jika melaksanakan sholat dhuha dan membaca doa setelah sholat dhuha? Cari tahu penjelasannya berikut ini!

Keutamaan Melaksanakan dan Membaca Doa Setelah Sholat Dhuha

1. Sholat dhuha adalah sedekah terbaik

Keutamaan sholat dhuha menurut sebuah hadis adalah menjadi salah satu sedekah terbaik.

Mengapa begitu? dijelaskan bahwa dalam sebuah hadits, meski hanya dua rakaat, maka seorang muslim yang melaksanakan sholat dhuha dianggap sudah melakukan sedekah dengan nilai yang besar.

2. Sholat dhuha mampu membawa kecukupan rezeki

Keutaman sholat dhuha yang selanjutnya adalah selalu membawa kecukupan rezeki bagi mereka yang rutin dalam melaksanakannya. Mengapa bisa demikian?

Dalam sebuah hadits ditegaskan bahwa:

Allah SWT berfirman: “Wahai Anak Adam, jangan sekali-kali kamu malas mengerjakan empat rakaat pada awal siang (sholat dhuha), nanti akan Aku cukupi kebutuhanmu pada akhirnya (sore hari).” (HR Daud, Ahmad, Tirmidz)

3. Waktu doa yang paling diijabah

Mengapa membaca doa setelah sholat dhuha dianggap sebagai waktu yang paling diijabah?

Dijelaskan bahwa jika pada saat waktu sholat dhuha, seorang muslim menyempatkan dalam melakukan sholat dhuha, maka saat itu juga para malaikat turun ke bumi untuk menyaksikan sholatnya kaum mukmin. Hal tersebut juga ditegaskan di dalam al-quran, surat Al-Isra ayat 78.

Jika pada waktu dhuha digunakan untuk membaca doa setelah sholat dhuha, maka para malaikat akan menolong dan mendoakan supaya doa tersebut diterima oleh Allah SWT.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Waktu yang tepat untuk memohon ampun

Keutamaan sholat dhuha yang selanjutnya adalah membantu dalam menggugurkan dosa. Pada waktu ini menjadi waktu yang tepat untuk membaca doa setelah sholat dhuha untuk memohon ampun kepada Allah SWT.

Lantas, seberapa besar dosa yang akan diampuni oleh Allah SWT sesuai dengan keutamaan sholat dhuha menurut hadist? Dosa yang akan diampuni adalah sebanyak buih-buih yang ada di lautan.

Hal ini juga ditegaskan dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah RA, di mana Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Barangsiapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya diampuni walaupun dosanya itu sebanyak buih di lautan.” (HR. Tirmidzi)

5. Dibuatkan pintu khusus di surga

Dibuatkannya pintu khusus di surga juga menjadi salah satu keutamaan dalam melaksanakan sholat dhuha.

Pintu yang dinamakan sebagai pintu dhuha ini, secara khusus diperuntukkan bagi orang-orang yang tekun dan rutin dalam menjalankan ibadah sholat dhuha setiap hari semasa hidupnya.

Dalam hadis Abu Hurairah RA, Rasulullah bersabda yang artinya:

“Sesungguhnya di surga ada salah satu pintu yang dinamakan pintu Dhuha, bila datang hari kiamat malaikat menjaga surga memanggil; mana ia yang melazimkan shalat Dhuha? Inilah pintu kalian maka masukilah dengan kasih sayang Allah." (HR.Thabrani)

Nah, itulah keutamaan melaksanakan dan membaca doa setelah sholat dhuha yang akan kamu dapatkan jika rutin menjalankan ibadah sunnah ini.

Seperti yang dijelaskan di dalam buku Dahsyatnya Berkah Bangun Pagi, Tahajjud, Subuh & Dhuha karya Abil Qays Maarif bahwa berdoa di waktu pagi maka Allah SWT akan menurunkan segala berkah-Nya kepada alam semesta dan berjuta makhluk yang bangun dan memulai lembaran baru.

melalui buku ini, kamu akan mengetahui tentang keutamaan waktu pagi, yang di dalamnya membahas tentang kapan waktu pagi dalam Islam, apa saja rahasia keberkahannya, serta cara meraihnya.

Ditambah juga dengan penjelasan tentang rangkaian ibadah yang bisa dijalankan umat muslim yang bisa terselamatkan dari keburukan.

Kamu bisa langsung membeli buku ini melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com