Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran yang Wajib Dicoba

Kompas.com - 05/05/2023, 10:00 WIB
Cara Menenangkan Hati dan Pikiran  Sumber Gambar: Freepik.com Cara Menenangkan Hati dan Pikiran 
Rujukan artikel ini:
Setiap Hari Stoik: 366 Renungan…
Pengarang: Ryan Holiday, Stephen Hanselman
|
Editor Puteri

Tidak dapat dipungkiri, tuntutan dan tekanan kehidupan memang kerap memunculkan perasaan cemas dan gelisah yang justru malah menurunkan kualitas hidup menjadi lebih buruk untuk dijalani.

Rasa cemas dan gelisah ini akan merambat ke berbagai aspek, mulai dari waktu tidur yang berkurang, nafsu makan menurun, hingga gangguan kesehatan, baik fisik maupun mental.

Stres yang ditimbulkan oleh berbagai macam hal dalam kehidupan sejatinya akan berdampak pada tubuh dan energi yang bisa memengaruhi kecerdasan emosional dalam proses pengambilan keputusan.

Akibatnya, banyak sekali aktivitas yang terhambat karena hati dan pikiran menjadi terlalu fokus pada hal-hal buruk yang sebetulnya hanya spekulasi yang belum tentu terjadi.

Maka dari itu, dibutuhkan hati dan pikiran yang tenang supaya dapat membantu terhindar dari hal-hal buruk yang memicu distraksi, seperti gangguan mental, stres, sampai kesehatan tubuh yang menurun.

Akan tetapi, masih banyak di antara kita yang belum paham dan tahu cara untuk bisa menenangkan hati serta pikiran yang optimal.

Namun, untungnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menciptakan ketenangan dalam hati dan pikiran yang bisa dilakukan dengan sangat mudah.

Cara-cara ini efektif mengurangi dalam mengurangi dampak dari tekanan kehidupan yang datang hampir setiap waktu.

Cara-cara apa saja yang bisa dilakukan untuk menenangkan hati dan pikiran? Berikut 5 cara menenangkan hati dan pikiran yang patut dicoba.

5 Cara Menenangkan Hati dan Pikiran

1. Mensyukuri Setiap Momen yang Terjadi

Cara menenangkan hati dan pikiran yang pertama adalah dengan mensyukuri setiap hal yang terjadi dalam kehidupan.

Ucapkan terima kasih untuk segala hal baik yang dirasakan meskipun terasa kecil, tapi kerap kali terlupakan.

Cara ini akan membantu membuat pikiran menjadi jauh lebih siap dan menerima segala kondisi yang terjadi.

Membiasakan diri dengan bersyukur adalah cara yang paling efektif untuk mengurangi kegelisahan dalam hati dan pikiran.

Bersyukur adalah kata kunci yang bisa membuat hidup menjadi jauh lebih berarti dengan mengurangi kegelisahan dalam pikiran serta hati.

2. Lebih Sadar Akan Saat Ini

Rasa cemas dan gelisah yang muncul biasanya merupakan buah dari pikiran akan sesuatu yang belum tentu terjadi.

Kita semua memang kerap memikirkan masa yang akan datang tanpa pernah menyadari bahwa hal tersebut mungkin hanyalah ketakutan tidak berdasar yang belum tentu kejadian.

Oleh karenanya, cobalah untuk mulai sadar dan fokus pada momen saat ini untuk bisa lebih menikmati setiap detik waktu dengan jauh lebih berarti.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kesadaran diri akan momen saat ini akan sangat membantu menenangkan hati dan pikiran yang gelisah akibat sebab yang belum tentu akan terjadi.

3. Rehat Sejenak dari Dunia Maya

Tidak bisa disangkal, salah satu hal yang sering memancing kecemasan adalah aktivitas kita dalam berselancar di dunia maya.

Biasanya kita akan menemukan hal-hal yang memicu rasa insecure karena melihat pencapaian orang lain yang belum tentu adalah sesuatu yang nyata.

Membandingkan kehidupan sendiri dengan apa yang ada di dunia maya adalah cara paling efektif untuk membangun rasa tidak tenang dalam hati dan pikiran.

Maka dari itu, rehatlah sejenak dari dunia maya dengan membatasi aktivitas dalam berselancar di media sosial supaya bisa menikmati kegiatan yang mengasyikkan di dunia nyata.

4. Menyibukkan Diri dengan Kegiatan

Carilah aktivitas atau hobi yang kamu sukai untuk mengalihkan hati dan pikiran yang tengah gelisah.

Biasanya aktivitas-aktivitas yang mampu mencuri perhatian adalah cara yang ampuh untuk menenangkan hati dan pikiran.

Beberapa kegiatan seperti menonton film, bermain bulutangkis, jalan-jalan di taman, atau bermain bersama hewan peliharaan, dapat dijadikan alternatif yang tepat.

Menghabiskan waktu dengan aktivitas yang disukai adalah obat yang manjur untuk membunuh rasa gelisah dalam hati dan pikiran.

5. Bermeditasi

Ketenangan adalah hal yang bisa didapatkan dengan mengatur pernapasan serta kesadaran diri.

Bermeditasi adalah salah satu cara yang bisa dicoba untuk mengurangi rasa gelisah dalam hati dan pikiran.

Kosongkan pikiran dan coba hirup udara sedalam mungkin untuk menciptakan perasaan rileks dalam tubuh.

Meditasi adalah cara yang ampuh untuk menciptakan kedamaian dalam jiwa dan raga tatkala sudah mulai merasa cemas dan gelisah.

Demi mendapatkan ketenangan dalam hati dan jiwa juga bisa diperoleh dengan mengubah perspektif kita dalam menjalani kehidupan.

Buku Setiap Hari Stoik: 366 Renungan untuk Menjalani Kehidupan akan memberikan latihan-latihan dari ajaran Stoik yang bisa dilakukan setiap hari dalam setahun penuh.

Buku ini merupakan panduan latihan untuk mengaplikasikan ajaran Stoik dengan tujuan membantu memahami tiga disiplin yang meliputi persepsi, tindakan, dan kemauan.

Tidak hanya itu, buku ini juga berisi kalimat-kalimat bijak serta menenangkan dalam menjalani kehidupan yang tidak mudah ini dan menawarkan dosis harian inspirasional dari kebijaksanaan Wasik.

Buku yang menginspirasi ini bisa langsung kamu dapatkan dengan membelinya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com