Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian, Ciri-Ciri, dan Contoh Fauna Tipe Asiatis

Kompas.com - 04/04/2023, 16:00 WIB
 Fauna Tipe Asiatis  Sumber Gambar: Freepik.com Fauna Tipe Asiatis 
Rujukan artikel ini:
Nat Geo Ensiklopedia Saintis Cilik:…
Pengarang: Catherine D. Hughes
|
Editor Puteri

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara di wilayah khatulistiwa yang memiliki hutan hujan tropis paling luas dengan menyimpan beragam jenis flora dan fauna.

Diperkirakan ada ratusan ribu jenis hewan di Indonesia yang dibagi dalam tiga kelompok, yaitu fauna australis, fauna asiatis, dan fauna peralihan.

Pembagian kelompok fauna itu dipengaruhi oleh sejumlah faktor, seperti suhu, tingkat curah hujan, faktor tanah, dan faktor biotik.

Dalam pembahasan kali ini, akan dijelaskan tentang fauna tipe asiatis di Indonesia yang umumnya dapat ditemui di wilayah Barat, meliputi Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali bagian barat.

Untuk memahami lebih jelas tentang fauna tipe asiatis dan contohnya, simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Fauna Tipe Asiatis

Seperti yang telah disebutkan, fauna tipe asiatis adalah jenis hewan yang umumnya dapat ditemui di wilayah Barat Indonesia, meliputi Sumatera, Kalimantan, Jawa, dan Bali bagian barat.

Zona asiatis termasuk dalam persebaran fauna yang banyak dipengaruhi oleh fauna dari wilayah benua Asia.

Hal tersebut membuat hewan yang hidup di wilayah zona asiatis sama dengan hewan yang hidup di Benua Asia, seperti gajah, badak, dan harimau.

Untuk lebih mengenal fauna tipe asiatis dapat dilihat dari sejumlah ciri-ciri berikut ini yang membedakannya dari jenis fauna lain, di antaranya:

  • Terdapat beragam jenis kera dan reptil.
  • Tidak banyak burung yang memiliki beragam warna, tetapi mempunyai suara merdu.
  • Memiliki ukuran tubuh yang besar.
  • Tidak ada hewan berkantung.
  • Banyak jenis hewan endemik yang hidup di wilayah tertentu.
  • Merupakan jenis hewan menyusui atau mamalia.

Contoh Fauna Tipe Asiatis

Secara umum, jenis fauna asiatis dikelompokkan menjadi 4, yaitu jenis mamalia, reptilia, burung, dan ikan.

Adapun contoh fauna tipe asiatis, di antaranya:

1. Gajah Asia

Gajah Asia merupakan spesies gajah yang ditemukan di wilayah Asia Tenggara dan Selatan dengan ciri khas belalai panjang dan gigi yang besar.

2. Harimau

Harimau adalah kucing besar yang tersebar di sebagian besar wilayah Asia dengan memiliki bulu berwarna oranye serta garis-garis hitam dan putih yang khas.

3. Jerapah

Jerapah adalah mamalia tinggi dan ramping yang ditemukan di Afrika dan Asia dengan ciri khas memiliki leher sangat panjang dan kaki jenjang.

4. Beruang

Beruang adalah hewan besar yang tersebar di wilayah Asia dan Amerika Utara dengan memiliki bulu tebal dan cakar yang kuat.

5. Orangutan

Orangutan adalah primata besar yang ditemukan di wilayah Asia Tenggara dan memiliki tangan dan kaki yang kuat, serta ciri khas rambut panjang dan merah di kepala.

6. Panda

Panda adalah spesies beruang kecil yang ditemukan di China serta memiliki bulu hitam dan putih yang unik dan makanan utama mereka adalah bambu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

7. Kambing liar

Kambing liar adalah hewan yang tersebar di wilayah Asia dan Eropa dengan karakteristik tanduk yang besar dan cakar kuat.

8. Kijang

Kijang adalah hewan sejenis rusa kecil yang ditemukan di wilayah Asia Tenggara dan memiliki bulu coklat yang lembut dan tanduk kecil di kepala.

9. Kucing liar

Kucing liar adalah hewan yang tersebar di wilayah Asia dan Afrika dengan memiliki bulu belang hitam dan putih yang khas dan cakar kuat.

10. Monyet

Monyet adalah primata yang tersebar di seluruh wilayah Asia dan disebut mirip manusia karena memiliki tangan dan kaki yang fleksibel dan cakar kuat.

11. Burung Merak

Burung merak adalah spesies burung besar yang ditemukan di seluruh wilayah Asia serta memiliki bulu yang indah dan ekor panjang dan lebar.

12. Macan tutul salju

Macan tutul salju adalah spesies kucing besar yang ditemukan di Asia Tengah dan Himalaya dengan memiliki bulu putih serta bintik-bintik hitam yang khas.

13. Takin

Takin adalah hewan berkuku empat yang ditemukan di wilayah Himalaya dan China dengan ciri khas memiliki rambut tebal dan tanduk di kepala.

14. Ibex Alpen

Ibex Alpen adalah kambing liar yang ditemukan di wilayah Asia Tengah dan Himalaya dengan ciri utama berupa tanduk yang besar dan cakar kuat.

15. Ular kobra

Ular kobra adalah spesies ular yang ditemukan di seluruh wilayah Asia dan dapat tumbuh hingga sepanjang 2-3 meter.

Itulah pengertian, ciri-ciri, dan contoh fauna tipe asiatis yang dapat kamu ketahui dan pelajari.

Untuk lebih mengenal jenis fauna tak hanya di Indonesia, tetapi juga seluruh dunia dapat dipelajari lewat buku Ensiklopedia Saintis Cilik: Fauna yang diterbitkan oleh National Geographic.

Buku ini cocok digunakan sebagai media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam, terutama dalam mengenali fauna di dunia bagi anak-anak.

Ada lebih dari 30 fauna yang terangkum dalam buku ini menjelaskan tentang bagaimana kehidupan binatang-binatang tersebut di alam liar.

Selain itu, buku ini juga disertai dengan lebih dari 200 foto dan fakta menarik tentang fauna yang dapat menambah rasa pengetahuan si kecil dalam mengenal binatang-binatang di alam.

Buku yang dapat menjadi sarana kegiatan dalam menambah pengalaman si kecil untuk belajar ini juga disertai peta dunia yang akan memperkenalkan anak-anak kepada geografi.

Pertanyaan dalam setiap bab buku ini akan mendorong pembelajaran interaktif yang cocok untuk anak usia prasekolah hingga Sekolah Dasar dalam mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam.

Buku Ensiklopedia Saintis Cilik: Fauna bisa kamu dapatkan secara langsung di toko buku Gramedia atau secara online melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com