Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Contoh Hewan Metamorfosis Sempurna yang Berkembang dengan Bentuk Berbeda

Kompas.com - 30/01/2023, 09:30 WIB
Contoh Hewan Metamorfosis Sempurna Photo by suju-foto on Pixabay Contoh Hewan Metamorfosis Sempurna
Rujukan artikel ini:
Klasifikasi Makhluk Hidup : Did…
Pengarang: Teguh S
|
Editor Rahmad

Metamorfosis sempurna adalah transformasi dari telur, larva, menjadi bentuk lengkap dan dewasa. Metamorfosis adalah perkembangan biologis hewan yang ditandai dengan perubahan penampilan dan struktur setelah lahir.

Perubahan ini mungkin disebabkan oleh pertumbuhan dan diferensiasi sel. Metamorfosis sempurna sering disebut dengan perkembangan holometabola dan terdiri dari 4 tahap yaitu telur, larva, pupa dan imago (dewasa).

Satu hal yang perlu diingat adalah sebelum metamorfosis, larva berubah menjadi kepompong atau kepongpong, yang biasanya tidak dimakan oleh hewan pada tahap ini.

Contoh hewan metamorfosis sempurna antara lain seperti kupu-kupu, lalat, lebah, dan sebagainya.

Contoh Hewan Metamorfosis Sempurna

Berikut ini beberapa contoh hewan metamorfosis sempurna yang mungkin sering kamu lihat dalam aktivitas sehari-hari:

1. Kupu-kupu

kupu-kupu kupu-kupu

Metamorfosis sempurna pada kupu-kupu adalah saat telur menetas dan menjadi ulat (ulat) setelah 3-5 hari. Pada tahap ini, larva memakan daun selama berhari-hari hingga tubuhnya tumbuh dan kemudian berhenti makan.

Selama musim tanam, kulit larva juga mengencang dan mengalami banyak periode. Biasanya larva berganti kulit sebanyak 4-6 kali. Setelah mencapai pertumbuhan maksimal pada tahap keempat, larva berganti tempat berlindung, kemudian menempel di dahan.

Setelah itu, berubah lagi menjadi bentuk kepompong. Tahap kepompong kupu-kupu berlangsung sekitar 20 hari dan selama tahap ini kupu-kupu memasuki fase puasa, yang berarti tidak makan atau minum sama sekali.

Setelah hibernasi, kupu-kupu dewasa menetas dan mengeringkan sayapnya dalam waktu 1-2 jam sebelum siap terbang untuk pertama kali.

2. Semut

semut semut

Semut merupakan contoh hewan yang juga mengalami proses perkembangan secara metamorfosis sempurna. Semut mengalami metamorfosis saat masih berupa telur. Larva kemudian menetas dari telur. Selama tahap ini, yang berlangsung selama 6-12 hari.

Semut dewasa memakan larva hingga siap memasuki tahap kepompong. Tahap kepompong semut bervariasi panjangnya tergantung pada spesiesnya. Namun, semut membutuhkan waktu antara 9 dan 30 hari untuk tumbuh sepenuhnya.

3. Katak

katak katak

Seperti yang kita ketahui, katak merupakan hewan yang dapat hidup di dua alam yaitu air dan darat. Tahap metamorfosis katak dimulai dengan telur, kecebong, katak muda atau kecebong, dan kemudian katak dewasa.

Fase metamorfosis katak membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 16 minggu untuk menjadi katak dewasa.

4.Puthul

puthul puthul

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Puthul adalah spesies serangga mirip kumbang dengan nama latin Phyllophaga Helleri. Serangga ini merupakan salah satu hama yang paling dibenci petani, karena sangat aktif menyerang akar tanaman padi.

Puthul adalah hewan yang mengalami proses metamorfosis lengkap mulai dari telur, larva (urete), kepompong hingga tahap akhir yaitu serangga dewasa.

5. Nyamuk

nyamuk nyamuk

Hewan selanjutnya yang mengalami metamorfosis sempurna adalah nyamuk. Metamorfosis nyamuk diawali dengan telur dan menetas menjadi larva (larva). Pada tahap ini, jentik nyamuk hidup di air dan sering muncul ke permukaan untuk menghirup udara.

Selain itu, larva berubah menjadi kelinci dan menempel di air. Pada stadium ini, pupa nyamuk juga tidak makan selama 2-7 hari sebelum menjadi nyamuk dewasa.

Biasanya, metamorfosis nyamuk berlangsung selama 2 minggu, tetapi kondisi ini juga sangat berpengaruh, mempercepat atau memperlambat proses metamorfosis.

6. Tawon atau Lebah

lebah lebah

Lebah memiliki urutan metamorfosis yang mirip dengan kupu-kupu. Lebah dewasa bertelur, kemudian telur menetas menjadi larva setelah sekitar satu minggu. Setelah itu, larva terus makan selama seminggu dan memasuki fase kepompong.

Pada tahap ini, lebah tidak akan makan hingga menjadi lebah dewasa. Semua tahapan metamorfosis lebah berlangsung kurang lebih 21 hari atau 3 minggu.

Demikianlah informasi tentang contoh hewan metamorfosis sempurna yang mungkin sering kamu lihat di lingkungan sekitar. Bentuk hewan dewasa tersebut tentu sangat berbeda setiap fase.

Kamu mungkin juga tidak asing dengan perkembangannya yang juga ada di sekitar lingkungan. Seperti jentik nyamuk yang sering ada di genangan air, dan sebagainya.

Buku Klasifikasi Makhluk Hidup : Did You Know Series Biology yang ditulis Teguh S bisa kamu jadikan untuk mengenal klasifikasi hewan dengan lengkap. Termasuk apa saja contoh hewan metamorfosis sempurna yang dilengkapi dengan ulasan klasifikasinya.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com