Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Cara Mengatasi Cegukan Terus Menerus pada Orang Dewasa? Cari Tahu di Sini, Yuk!

Kompas.com - 06/07/2023, 09:00 WIB
Cara Mengatasi Cegukan Terus Menerus pada Orang Dewasa Sumber Gambar: Freepik.com Cara Mengatasi Cegukan Terus Menerus pada Orang Dewasa
Rujukan artikel ini:
Resep Panjang Umur Sehat &…
Pengarang: Tan Shot Yen, Tan…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Semua orang pasti pernah mengalami cegukan dalam hidupnya dan kondisi ini biasanya terjadi secara tiba-tiba.

Cegukan bisa terjadi saat ada kejang pada diafragma, yaitu otot yang memisahkan antara rongga dada dari rongga perut.

Kejang yang terjadi saat cegukan ini akan memicu timbulnya suara yang disebabkan karena pita suara yang menutup saat kontraksi otot tersebut.

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab cegukan, mulai dari makan yang terlalu cepat, minum minuman yang terlalu panas, merokok, stres, perut kembung, atau mengonsumsi minuman bersoda.

Meski banyak yang menganggap sepele, cegukan yang terjadi secara terus menerus juga patut untuk diwaspadai karena bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan, misalnya kerusakan pada sistem saraf di dalam tubuh.

Agar cegukan tidak berlangsung lama dan tenggorokanmu bisa kembali lega, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi cegukan berikut ini.

Cara Mengatasi Cegukan yang Berlangsung Terus Menerus

1. Menahan Napas

Selain minum air putih yang banyak, menahan napas selama beberapa detik juga termasuk salah satu cara yang paling populer untuk menghentikan terjadinya cegukan.

Kadar Karbondioksida yang tinggi di dalam darah bisa membantu mengatasi cegukan, sehingga disarankan untuk lebih sering menahan napas selama beberapa detik saat terjadi cegukan.

Untuk mempermudah, berikut ini cara menahan napas yang tepat untuk menghilangkan cegukan:

  1. Ambil napas dalam-dalam kemudian tahan napas selama kira-kira 10 detik.
  2. Hembuskan napas secara perlahan melalui mulut.
  3. Ulangi cara tersebut setidaknya 4 sampai 5 kali.
  4. Jika cegukan belum hilang, ulangi kembali langkah-langkah ini setiap 20 menit.

2. Menahan Napas dengan Kantong Kertas

Cara selanjutnya adalah dengan bernapas dengan kantong kertas dengan tujuan untuk meningkatkan kadar karbon dioksida di dalam tubuh.

Saat kadar karbon dioksida mulai meninggi, diafragma akan lebih cepat berkontraksi dan membawah oksigen, gerakan inilah yang bisa mengatasi masalah cegukan yang sebelumnya sulit dihentikan.

Caranya cukup sederhana, kamu tingga gunakan dan arahkan kantong kertas di sekitar mulut, tahan napas selama beberapa detik kemudian hembuskan napas di luar kantong kertas tersebut.

Ulangi teknik ini sampai cegukan dirasa sudah mulai berhenti.

3. Memijat Bagian Leher

Memijat pembuluh darah yang ada di bagian leher merupakan cara alami yang bisa membantu mengatasi cegukan.

Pada kedua sisi leher, terdapat pembuluh darah yang dikenal dengan nama arteri karotis, pembuluh darah ini berfungsi untuk mengalirkan darah ke bagian otak.

Cobalah untuk memutar kepala ke kiri sambil berbaring, kemudian kamu bisa memijat bagian pembuluh darah dari bagian kanan leher dengan gerakan memutar.

Lakukan gerakan tersebut selama 5 sampai 10 detik dan ulangi terus sampai cegukan hilang.

4. Duduk Memeluk Lutut

Duduk sambil memeluk lutut adalah gerakan sederhana yang bisa membantu mengatasi masalah cegukan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Cara ini bisa membantu memberikan tekanan pada area diafragma sehingga udara yang terjebak pada diafragma segera keluar.

Langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Ambil posisi duduk sambil menekuk kedua kaki ke atas.
  2. Peluk bagian lutut dengan cara mencondongkan badan ke arah depan seperti sedang meringkuk.
  3. Tahan posisi pada langkah kedua selama beberapa menit sampai kamu merasa lebih baik.
  4. Jika cegukan dirasa belum hilang, kamu bisa kembali mengulanginya sambil menambah gerakan menahan napas.

5. Menjulurkan Lidah

Teknik menjulurkan lidah bisa membantu mendistraksi saraf vagus dan mengurangi kejang pada diafragma yang menjadi penyebab terjadinya cegukan.

Caranya cukup mudah, kamu tinggal menjulurkan bagian lidah keluar untuk membantu merangsang saraf di bagian tenggorokan.

Kemudian kamu juga bisa pegang bagian ujung lidah agar gerakannya lebih maksimal dan terus ulangi gerakan tersebut sampai cegukanmu mulai mereda.

6. Menggigit Jeruk Nipis

Menggigit atau mengunyah jeruk nipis termasuk salah satu cara mudah untuk mengatasi cegukan yang bisa kamu coba di rumah.

Hal ini karena jeruk nipis mengandung Vitamin C yang bersifat asam dan bisa mendistraksi serta merelaksasi saraf vagus sehingga cegukan bisa berhenti.

7. Makan Gula

Selain menggigit jeruk nipis, menelan gula juga bisa mengatasi cegukan karena gula bisa mengubah jalur pernapasan menjadi lebih efektif.

Caranya mudah, kamu cukup sediakan satu sendok teh gula pasir dan penuhi mulut kamu dengan gula, diamkan selama beberapa detik dan biarkan gula tersebut larut secara perlahan tanpa mengunyahnya.

Itulah beberapa cara mudah dan praktis untuk mengatasi cegukan yang terjadi secara terus menerus.

Perlu dipahami bahwa cegukan biasanya hanya berlangsung sebentar, jadi saat cegukan tidak bisa dihentikan selama lebih dari 48 jam, kamu harus segera menemui dokter yang jauh lebih ahli untuk menanganinya.

Memiliki tubuh yang sehat dan kuat tentunya menjadi salah satu harapan terbesar yang diinginkan setiap manusia.

Selain rutin berolahraga, menjaga asupan dan pola makan yang masuk ke dalam tubuh juga menjadi sebuah rutinitas yang tidak boleh terlewatkan.

Dalam buku Resep Panjang Umur Sehat & Sembuh karya Tan Shot Yen, kamu akan belajar bagaimana caranya mengatur porsi makanan agar gizi yang kamu konsumsi bisa tetap seimbang.

Buku ini berisi akan menunjukkan bagaimana cara mengukur porsi yang seimbang dalam makanan, cara memadukan sayuran dengan lauk yang sehat, cara mengolah makanan sehat yang kekinian, dan masih banyak lagi.

Melalui buku ini juga kamu akan belajar bagaimana cara mempertahankan kualitas gizi makanan tanpa menghilangkan rasa enak yang siap memanjakan lidah.

Buku ini menghadirkan lebih dari 30 resep racikan sayuran segar dan resep lauk berbumbu asli yang bisa diolah dengan mudah.

Untuk memiliki buku ini, kamu bisa mendapatkannya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com