Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Jus Wortel yang Baik untuk Kesehatan

Kompas.com - 10/01/2023, 13:00 WIB
 Manfaat Jus Wortel Sumber Gambar: Freepik.com Manfaat Jus Wortel
Rujukan artikel ini:
Panduan Praktis Budi Daya dan…
Pengarang: Eva Riyanty Lubis
|
Editor Puteri

Manfaat jus wortel tentunya mampu memberikan dampak yang baik untuk kesehatan tubuh karena kandungan vitamin A yang tinggi di dalamnya sangat bagus untuk kesehatan mata.

Tidak hanya itu, jus wortel murni tanpa menambahkan gula di dalamnya dapat memberikan serat yang akan melancarkan saluran pencernaan.

Wortel sendiri merupakan salah satu jenis umbi-umbian yang kaya akan karbohidrat yang mungkin sering diidentikkan dengan kesehatan mata.

Namun, pada kenyataannya, wortel ternyata juga mempunyai segudang manfaat lainnya yang baik bagi kesehatan tubuh jika mampu dikonsumsi dan diolah secara tepat, seperti salah satunya dengan dibuat jus.

Wortel dapat diolah dengan berbagai cara misalnya dimakan langsung, dikukus, direbus, dipanggang, hingga dibuat jus agar khasiatnya bisa dinikmati baik oleh tubuh maupun lidah.

Bahkan wortel juga bisa jadi bahan tambahan dalam membuat aneka kudapan, seperti puding dan cake yang tentunya selain lezat menjadi jauh lebih sehat untuk disantap.

Namun, pada umumnya, wortel sering kali diolah menjadi jus jika ingin memperoleh manfaat dari umbi-umbian yang satu ini karena selain praktis, jus juga minuman yang menyegarkan untuk diminum.

Apa saja sebenarnya manfaat dari jus wortel? Berikut 5 manfaat jus wortel yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

5 Manfaat Jus Wortel

1. Menjaga Kesehatan Mata

Sudah menjadi informasi umum jika wortel memang merupakan umbi-umbian yang mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata.

Kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin juga bisa membantu mencegah degenerasi makula yang diakibatkan oleh faktor usia yang biasanya bisa mengganggu penglihatan.

Rutin mengonsumsi jus wortel akan sangat membantu mengurangi risiko untuk terkena beragam penyakit mata, seperti katarak, rabun senja, hingga degenerasi makula.

Vitamin A yang ada dalam jus wortel juga bisa membantu menjaga imun tubuh agar kondisi badan bisa tetap sehat dan bugar.

2. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Kanker

Kandungan antioksidan yang cukup tinggi pada wortel dapat memproteksi tubuh dari paparan radikal bebas.

Radikal bebas sendiri bisa menyebabkan peradangan pada tubuh yang mampu memicu penyakit-penyakit kronis seperti kanker.

Dengan mengonsumsi jus wortel akan memperoleh asupan yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan karena dapat membantu membersihkan racun dari dalam tubuh.

Maka dari itu, salah satu khasiat yang paling menonjol dari mengonsumsi jus wortel adalah mampu mencegah penyakit kanker.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jus wortel bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin A, vitamin C, folat, dan antioksidan.

Kandungan yang terdapat pada wortel akan membantu tubuh melawan radikal bebas, kerusakan sel, dan peradangan.

Jus wortel sendiri termasuk sajian yang dikonsumsi secara segar, sehingga seluruh nutrisi penting di dalamnya akan diserap oleh tubuh secara maksimal.

Rajin mengonsumsi jus wortel akan sangat berpengaruh pada imunitas tubuh yang memberikan perlindungan dari bakteri dan virus.

4. Membuat Kulit Lembap dan Kenyal

Kandungan antioksidan dan potassium dalam wortel dapat membantu mencegah degradasi sel, sehingga kulit menjadi lembap dan kenyal.

Selain itu wortel juga mengandung karotenoid yang bisa berkontribusi sebagai pelindung kulit.

Nutrisi yang ada pada wortel akan membantu membuat kulit tampak jauh lebih bersinar, memperbaiki warna kulit, hingga mengurangi bekas luka.

Jadi, jika ingin sehat dan tampak awet muda, mengonsumsi jus wortel bisa dijadikan pilihan.

5. Dapat Menurunkan Kolesterol

Berkat kandungan kalium yang ada pada wortel ternyata bisa berkontribusi dalam menurunkan kolesterol.

Kalori yang rendah, kandungan vitamin dan mineral penting yang ada di dalamnya juga bisa berperan aktif untuk mencegah penyakit diabetes.

Bagi kamu yang sedang diet, jus wortel bisa dimasukkan ke dalam menu karena bisa meningkatkan sekresi empedu yang efektif membakar lemak.

Konsumsi secara rutin jus wortel agar bisa mendapatkan manfaatnya.

Mungkin setelah mengetahui manfaat dari jus wortel kamu mulai tertarik untuk membudidayakan umbi-umbian yang menyehatkan ini.

Buku Panduan Praktis Budi Daya dan Manfaat Wortel bisa dijadikan sumber ilmu yang cocok untuk menjawab rasa ingin tahu kamu tersebut.

Buku ini ditulis untuk mengajak para pembaca agar mengetahui bagaimana sebenarnya cara sukses bercocok tanam wortel sampai proses panennya.

Dengan memakai gaya bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, kamu akan dipandu dalam mengembangkan budi daya wortel secara terperinci sehingga bisa menghasilkan wortel dengan kualitas baik dan produksi tinggi.

Bukunya bisa didapatkan melalui Gramedia.com atau akses di Gramedia Digital dalam bentuk ebook.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com