Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui Fakta Seputar Wortel Termasuk Buah atau Sayur, Mana yang Benar?

Kompas.com - 25/08/2022, 13:00 WIB
Wortel Buah atau Sayur Sumber Gambar: unsplash.com Wortel Buah atau Sayur
Rujukan artikel ini:
The Miracle of Colors :…
Pengarang: Nurheti Yuliarti
|
Editor Almira Rahma Natasya

Indonesia dikenal sebagai negara agraris yang memiliki tanah subur dan mudah ditanami banyak varietas buah maupun sayur.

Saking banyaknya jenis buah dan sayur, sejumlah orang masih sering kebingungan untuk membedakan jenis-jenis tersebut.

Salah satunya banyak orang mempertanyakan tentang apakah wortel termasuk jenis buah atau sayur.

Untuk mendapatkan jawaban jelasnya, perlu dipahami terlebih dahulu tentang definisi sayur dan buah.

Definisi Sayur dan Buah

Sayur adalah tanaman yang lunak serta terdiri dari sejumlah bagian seperti akar, batang dan daun dengan nama lain succulent herbaceous plant.

Tanaman tersebut termasuk bagian dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi secara langsung, baik itu dalam bentuk segar atau olahan dan bukan merupakan bagian dari buah-buahan pencuci mulut serta biji-bijian tua.

Sedangkan buah adalah hasil akhir dari pertumbuhan dan perkembangan kelopak bunga hingga akhirnya dapat dimakan, terdiri atas biji dan pelindungnya yaitu pelindung berdaging (plumpy) dan berair (juicy).

Sementara berdasarkan rasa, sayur cenderung memiliki rasa gurih dan biasa dijadikan menu hidangan utama sebagai lauk.

Sebaliknya, buah justru memiliki rasa manis atau asam dan umumnya disajikan untuk cemilan, makanan penutup maupun jus buah menyegarkan.

Wortel Buah atau Sayur?

Berdasarkan definisi di atas, wortel termasuk jenis sayur karena berasal dari akar tanaman bukan merupakan hasil perkembangan kelopak bunga.

Selain itu, wortel termasuk sebagai jenis sayur sebab tidak memiliki biji seperti kebanyakan buah pada umumnya.

Rasa manis pada wortel membuatnya seringkali dianggap sebagai buah, apalagi jenis sayur satu ini juga kerap ditemukan sebagai olahan dessert.

Meski begitu, wortel dapat menjadi buah jika ditanam untuk makanan penyegar dengan dimakan langsung atau dibuat manisan seperti pada salak.

Sayangnya, konsumsi wortel dengan dimakan langsung tanpa diolah maupun dijadikan manisan jarang di temui di Indonesia.

Pasalnya, wortel yang ditanam di Indonesia tidak memiliki rasa lebih manis dari wortel impor yang ditanam di habitat asli dengan iklim dua musim.

Penanamannya juga lebih ditujukan untuk konsumsi harian sebagai sayur yang diolah dan dijadikan pendamping makanan pokok.

Daripada dikonsumsi mentah, wortel termasuk sebagai jenis sayur karena kerap dijadikan sebagai “isian” tambahan dalam sayur sop atau tumis yang lebih umum dikonsumsi orang Indonesia.

Apapun penyebutannya, mau buah atau sayur wortel memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh lho dengan kandungan serbagunanya.

Manfaat Wortel bagi Tubuh

Wortel memiliki warna oranye yang cerah dan dikenal sebagai sayur serbaguna karena dapat jadi campuran berbagai masakan seperti pada sayur kacang hijau, kacang polong, kobis maupun sawi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Disisi lain, wortel juga dapat diolah dalam berbagai resep baik dalam bentuk semur, tumis, ataupun kari.

Untuk kesehatan, manfaat wortel bagi tubuh diantaranya adalah:

1. Melancarkan Pencernaan

Termasuk sebagai jenis sayur, wortel mengandung serat yang dapat mengurangi risiko sembelit serta melancarkan buang air besar.

Selain itu, buah oranye ini juga mengandung serat larut yang dapat menurunkan kadar gula darah dengan memperlambat pencernaan gula dan pati.

2. Melindungi Tubuh dari Kanker

Kita tahu bahwa wortel kaya akan vitamin A serta beta karoten, dengan komposisi: 100 gram wortel segar mengandung 8.285 ug beta-karoten dan 16.706 IU vitamin A.

Kandungan lain dari wortel yang dapat memberi manfaat bagi tubuh adalah senyawa flavonoid, mampu melindungi kita dari kanker kulit, rongga mulut, dan paru-paru.

Wortel juga kaya akan antioksidan polyacetylene falcarinol yang dapat membantu melawan kanker serta betakaroten didalamnya jadi salah satu antioksidan alami dalam melindungi tubuh manusia dari radikal bebas.

3. Memenuhi Kebutuhan Mineral Harian dalam Tubuh

Wortel dapat memberi asupan mineral yang dibutuhkan dalam tubuh untuk menjaga kesehatan.

Sayuran ini mengandung fosfor, kalium, tembaga, kalsium dan magnesium yang dapat membuat tulang lebih kuat.

Mengonsumsi wortel setiap hari dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral harian lho.

Nah, itulah fakta seputar wortel termasuk buah atau sayur yang perlu kamu ketahui agar tidak lagi bingung untuk membedakannya.

Meski julukan wortel sebagai sayur atau buah kerap menimbulkan perdebatan, tetapi kita tahu bahwa si oranye ini memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.

Jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih dalam khasiat buah maupun sayur lainnya, kamu dapat mengetahuinya dengan membawa buku The Miracle of Colors: Keajaiban Buah & Sayur.

Lewat buku ini penulis akan mengantarkanmu pada pengetahuan terkait berbagai warna pada buah dan sayur yang banyak mengandung zat berkhasiat seperti vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan.

Ditulis oleh Nurheti Yuliati, buku ini akan memandumu dalam mengolah buah dan sayur agar dapat memberikan manfaat yang baik bagi tubuh serta mencegah bahkan mengobati sejumlah penyakit.

Makna warna pada buah dan sayur akan dikupas tuntas dalam buku ini secara mendalam untuk memberikan manfaat pada banyak orang.

Tertarik untuk membacanya? Dapatkan buku The Miracle of Colors: Keajaiban Buah & Sayur di toko buku Gramedia atau secara online melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com