Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Agar Sayur Sop yang Kamu Buat Lebih Sedap! Simak disini!

Kompas.com - 09/03/2023, 10:30 WIB
Tips Agar Sayur Sop yang Kamu Buat Lebih Sedap Sumber: stevepb/pixabay Tips Agar Sayur Sop yang Kamu Buat Lebih Sedap
Rujukan artikel ini:
Step by Step 25 Resep…
Pengarang: Sisca Soewitomo
|
Editor Rahmad

Ada banyak sekali olahan sayur khas Nusantara yang tentunya bisa menjadi makanan favorit karena memiliki cita rasa yang gurih, salah satunya adalah sayur sop. Bumbu dasar dalam pembuatan sayur sop juga sangat sederhana, ada bawang putih, garam, merica, dan juga gula.

Akan tetapi, meskipun cara pembuatannya bisa dibilang mudah, tetap saja ada beberapa orang yang masih merasa kesulitan dalam memasak sayur sop.

Masih banyak yang merasa bingung bagaimana cara membuat sop yang sedap serta gurih.

Sayur sop juga menjadi makanan yang sangat tepat untuk disajikan saat musim hujan seperti saat ini.

Nah, jika kamu salah satu yang masih bingung tentang cara membuat sop yang gurih dan sedap, maka kamu harus mencoba tips dan trik dalam memasak sop berikut ini.

Tips Agar Sayur Sop yang Kamu Buat Lebih Sedap dan Gurih

1. Menggunakan bawang merah sebagai bahan dasar

Walaupun bawang putih menjadi bumbu utama dalam cara membuat sayur sop yang gurih dan lezat, tetapi kamu juga memerlukan bawang merah sebagai bahan utama.

Untuk takarannya, kamu tidak membutuhkan bawang merah yang terlalu banyak, cukup menyiapkannya dengan jumlah setengah dari bawang putih yang kamu gunakan.

2. Tumis bumbu halus sampai matang

Setelah bumbu-bumbu dasar yang dibutuhkan kamu haluskan, maka tumis bumbu halus tersebut sampai matang dan juga mengeluarkan aroma yang sangat wangi.

Jangan lupa juga untuk selalu mengaduk bumbu halus saat kamu menumis, supaya tidak gosong.

Bumbu halus yang kamu tumis ini yang nantinya mampu menciptakan rasa gurih dan harus pada kuah sayur sop yang kamu buat.

3. Menggunakan kaldu ayam asli

Jika kamu biasanya dalam cara membuat sop menggunakan kaldu bubuk instan, maka untuk kali ini tidak ada salahnya kalau kamu mencoba untuk menggunakan kaldu alami dari rebusan ayam atau sapi.

Daging ayam atau sapi yang kamu gunakan untuk membuat kaldu, nantinya juga bisa kamu tambahkan ke dalam sayur sop kamu.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dengan cara membuat sop seperti ini, dijamin rasanya akan lebih nendang dan aromatik tentunya.

4. Menambah daun seledri dan daun bawang

Cara membuat sop agar aromanya lebih harum, jangan lupa untuk menambahkan daun seledri dan juga daun bawang pada proses akhir dalam cara membuat sayur sop.

Aroma kuat yang berasal dari daun seledri dan juga daun bawang ini mampu melengkapi kuah sayur sop kamu yang gurih, sehingga rasanya akan menjadi lebih segar lagi.

5. Hindari untuk memanaskannya Kembali

Pada dasarnya, sayur sop mampu bertahan selama delapan jam saja. Selebihnya, kuah sayur sop ini akan terasa kurang enak dan lebih asam rasanya.

Namun, hindari untuk memanaskan sayur sop Kembali dengan tujuan supaya sayur sop yang kamu buat lebih tahan lama.

Sebab, dengan kamu memanaskan sayur sop, maka kuah yang dihasilkan dari hasil kamu panaskan akan jauh lebih asin. Rasa yang dihasilkan setelah kamu panaskan tentunya menjadi berubah.

Nah, itulah beberapa tips dan trik cara membuat sayur sop yang gurih dan lezat. Jika kamu pecinta makanan sayur sop, maka kamu wajib mencoba cara ini di rumah.

Kamu juga bisa mengetahui cara membuat sop dari berbagai buku yang memuat tutorial cara membuat sop. Salah satunya melalui buku Step by Step 25 Resep Sop dan Soto Kuah Bening ala Sisca Soewitomo karya Sisca Soewitomo.

Siapa yang tidak mengenal Sisca Soewitomo? Pakar kuliner yang sudah malang melintang di dunia kuliner ini. Sudah lebih dari 100 acara demo masak yang sudah dilakukannya.

Sisca Soewitomo ini akhirnya membuat sebuah buku yang memuat 25 resep sajan sop dan juga soto bening yang digemari oleh banyak orang.

Buku cara membuat sop dan soto ini juga dilengkapi dengan foto setiap langkah dalam cara membuat sop, sehingga lebih memudahkan kamu dalam mempraktekkannya di rumah.

Buku resep cara membuat sop ini wajib dimiliki oleh kamu pecinta kuliner atau pun pengusaha jasa boga maupun restoran yang ini mengeksplorasi makanan nusantara. Atau untuk kamu yang hobi memasak, buku ini sangat cocok untuk kamu.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com