Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Sukses di Usia Muda, Mulai Terapkan dari Sekarang Yuk!

Kompas.com - 08/03/2023, 16:00 WIB
 Cara Sukses di Usia Muda Sumber Gambar: Freepik.com Cara Sukses di Usia Muda
Rujukan artikel ini:
Belajar Bisnis Modal Nekat dari…
Pengarang: Rifcka Raudnick
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Tidak dapat dipungkiri bahwa kesuksesan masih menjadi salah satu cita-cita terbesar yang diimpikan oleh semua orang.

Meski definisi sukses bagi setiap orang itu berbeda-beda, kita tentunya tetap harus melakukan berbagai macam cara untuk bisa mencapainya.

Tantangan untuk meraih kesuksesan pasti akan selalu ada, fisik dan mental akan terus diuji sampai seseorang bisa benar-benar mencapai definisi sukses yang diinginkan.

Meskipun terlihat tidak mudah, menjadi sukses di usia muda sebenarnya bukanlah sesuatu yang mustahil karena beberapa orang sudah berhasil membuktikannya.

Di era digital seperti sekarang, kamu tentu sudah sering melihat orang-orang yang berhasil sukses di usia muda, bahkan sebelum mereka menginjak usia 25 tahun.

Untuk bisa mengikuti jejak mereka, kita tentunya membutuhkan perjuangan, pengorbanan, dan ketekunan yang kuat tanpa kenal lelah.

Nah, kalau kamu ingin tahu bagaimana caranya mencapai sukses di usia muda, kamu bisa simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

7 Cara Sukses di Usia Muda

1. Menetapkan Tujuan dalam Hidup

Sering kali kita menemukan orang-orang yang menghabiskan masa mudanya hanya untuk bersenang-senang, tanpa memikirkan dampaknya di masa depannya nanti.

Perlu dipahami bahwa kebiasaan yang kurang baik ini akan terus berlangsung jika tidak segera dihentikan.

Kita harus mulai merubah pola pikir dan menetapkan tujuan hidup yang ingin dicapai jika ingin mencapai kesuksesan di usia muda.

Menetapkan tujuan hidup sedini mungkin tentu akan berpengaruh besar terhadap kehidupanmu di masa sekarang dan masa yang akan datang.

2. Berani untuk Keluar dari Zona Nyaman

Seseorang biasanya akan merasa senang dengan hal-hal yang membuatnya nyaman, padahal berada di zona nyaman secara terus menerus bisa berdampak kurang baik pada kehidupan.

Berada di zona zaman membuat kamu tidak bisa berkembang dan sulit menemukan peluang baru yang mungkin bisa berdampak lebih besar untuk masa depan.

Jadi mulailah untuk mendorong diri sendiri dan temukan berbagai tantangan baru supaya kemampuanmu semakin terasah, dan nantinya mampu mencapai level yang baru.

3. Fokus pada Tujuan dan Pantang Menyerah

Untuk mencapai kesuksesan, kamu harus tetap fokus pada tujuan yang sebelumnya sudah kamu rencanakan.

Jangan pernah biarkan pikiran lain mengganggu dan menghancurkan konsentrasimu, mulailah berpikir positif supaya pendirian kamu tetap teguh dan tidak mudah goyah.

Selain fokus pada tujuan, sikap pantang menyerah juga harus selalu kamu miliki supaya kamu tidak mudah terpuruk jika ada sesuatu yang terjadi di luar ekspektasimu.

Pada intinya, ketekunan adalah salah satu kunci utama untuk bisa mencapai kesuksesan di usia muda, banyak pebisnis muda yang harus jatuh bangun berkali-kali sampai akhirnya mereka mampu berdiri di atas kakinya sendiri sampai sekarang.

4. Asah Kemampuan Berpikir Kritis

Kemampuan berpikir kritis menjadi salah satu hal penting yang harus dimiliki jika kamu ingin mencapai kesuksesan di usia muda.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kamu harus terus mengasah dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis yang nantinya bisa digunakan untuk menganalisis berbagai hal yang terjadi di masyarakat.

Tidak hanya itu, kemampuan ini juga bisa mempermudah kamu membaca peluang bisnis dan mengatasi berbagai permasalahan yang nantinya bisa mengancam bisnis yang kamu jalankan.

5. Memiliki Kedisiplinan dalam Hidup

Disiplin merupakan salah satu kiat terpenting untuk bisa meraih kesuksesan, khususnya di usia muda.

Sikap disiplin ini sendiri sebenarnya bisa tercermin dari hal-hal yang dianggap kecil, misalnya seperti disiplin dalam waktu.

Kamu bisa mulai dengan membuat jadwal yang berisi kegiatan atau pekerjaan yang akan kamu lakukan setiap harinya.

Kamu juga bisa membuat list target yang ingin kamu capai dalam kurun waktu tertentu, hal ini tentu akan membuatmu menjadi lebih disiplin dalam menjalani hari-hari ke depan.

6. Memperluas Relasi

Meski sering dianggap kurang penting, relasi sebenarnya merupakan salah satu aspek penting yang harus dimiliki sejak usia muda.

Kamu bisa mulai membangun relasi dengan cara bergaul dengan banyak orang dari berbagai kalangan, dan jangan lupa untuk menjalin hubungan yang baik dengan mereka.

Selain itu, kamu juga bisa bergabung dengan komunitas tertentu yang sesuai dengan minat yang kamu miliki, di sana kamu tentunya bisa membangun relasi yang jauh lebih luas.

7. Memiliki Kemampuan untuk Mengatur Keuangan

Pandai mengatur keuangan tentunya menjadi hal yang sangat penting jika kamu ingin sukses di usia muda.

Terutama jika kamu ingin menjadi seorang pebisnis muda, kamu tentu membutuhkan modal awal untuk memulainya.

Tapi, seiring dengan perkembangan zaman, sudah banyak bisnis yang tidak membutuhkan modal yang besar, misalnya seperti bisnis online.

Memanfaatkan media sosial dan berbagai platform online lainnya bisa menjadi alternatif terbaik untuk kamu yang ingin memulai bisnis online dan menghasilkan keuntungan.

Untuk mempelajari dunia bisnis, kamu bisa baca panduannya melalui buku Belajar Bisnis Modal Nekat dari Para Miliarder Dunia karya Rifcka Raudnick.

Dalam buku ini dijelaskan bahwa bisnis adalah salah satu cara untuk meraup keuntungan tanpa melupakan kegiatan beramal.

Sayangnya, masih banyak anak muda yang tidak berani untuk menggapai cita-citanya menjadi pebisnis karena takut mengalami kegagalan atau kerugian.

Melalui buku ini, kamu akan belajar bagaimana cara memulai bisnis, menghitung modal, dan meminimalisir berbagai faktor resiko yang bisa mengancam bisnismu di kemudian hari.

Tidak hanya itu, buku ini juga akan mengajarkan bagaimana caranya bertahan di dunia bisnis sampai kamu berhasil mencapai kesuksesan seperti Mark Zuckerberg, Jack Ma, Bill Gates, dan para pebisnis dunia lainnya.

Jadi, tunggu apalagi? Beli bukunya sekarang di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com