Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Dicatat, Berikut 6 Tips Keluar dari Zona Nyaman

Kompas.com - 01/08/2022, 18:30 WIB
tips keluar dari zona nyaman Sumber: rencanamu.id tips keluar dari zona nyaman
Rujukan artikel ini:
Keluarlah Dari Zona Nyaman
Pengarang: @Nyalakebaikan
|
Editor Rahmad

Setiap orang tentunya mempunyai zona nyaman sendiri sesuai dengan cakupannya masing-masing.

Tak semua zona nyaman perlu dihindari. Jika kamu berada di zona nyaman pada suatu bidang yang kamu geluti, sesuai dengan minat dan bakatmu, kamu bisa bertahan di zona tersebut. sebab disitulah kamu akan mencapai prestasi secara maksimal.

Zona nyaman yang perlu kamu tinggalkan adalah jika kamu menyukai berada di zona tersebut hanya karena memperoleh kemudahan. Hidupmu akan terancam tidak berkembang karena kamu malas untuk berpikir.

Satu-satunya cara untuk menghadapi hal tersebut adalah kamu harus berusaha untuk keluar dari zona nyaman dan mulai melakukan aksi yang baru. Lalu, bagaimana cara keluar dari zona nyaman?

6 Tips Keluar Dari Zona Nyaman

1. Pahami Tujuan Kamu

Tips yang pertama yang kamu perhatikan adalah tujuanmu. Kamu perlu memahami juga mengetahui ke mana arah yang akan dituju. Untuk mencapai sebuah kesuksesan yang besar, kamu perlu menentukan tujuan-tujuan kecil untuk bisa mendukung pencapaian tujuan yang besar itu.

Pastikan kamu mempunyai tujuan yang realistis. Jangan lupa untuk merumuskan beberapa alternatif cara untuk mencapai sebuah tujuan yang telah kamu susun.

2. Mengetahui Skill yang Ingin Dikembangkan

Apabila sudah mengetahui tujuanmu, maka kamu perlu fokus pada skill yang kamu ingin kembangkan dan kuasai. Pastikan skill tersebut sesuai atau relevan dengan tujuan atau cita-cita yang telah kamu rancang setelahnya. Di tahap inilah, kamu perlu mengenali dirimu, minat, kelebihan, dan juga kekurangan dirimu.

3. Mencari Lingkungan yang Produktif

Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah mencari lingkungan baru yang produktif. Setelah kamu mengetahui dan menentukan skill yang akan kamu kembangkan, kamu memerlukan sebuah wadah atau sarana untuk mengembangkannya.

Kamu bisa mencoba sebuah hal baru seperti mengikuti kursus, bergabung dalam sebuah komunitas, melakukan kegiatan volunteer, dan sebagainya. Pastikan kamu memilih lingkungan yang produktif, juga relevan dengan tujuan awalmu.

4. Lawanlah Rasa Takut

Untuk bisa keluar dari zona nyaman, yang perlu kamu lakukan adalah melawan rasa ketakutanmu. Seringkali rasa takut menjadi musuh nomor satu yang bisa menghalangi dirimu untuk berkembang. Kegagalan yang pernah dialami sebelumnya juga menjadi sebuah pemicu kemunculan rasa takut.

Padahal, yang menjadi kunci kesuksesan keluar dari zona nyaman adalah menghadapi rasa takut. Maka, yang perlu kamu lakukan adalah selalu berpikir positif dan selalu menghargai proses, termasuk menerima keberhasilan serta kegagalan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Dalam hal ini, kamu perlu bijak dalam merespon berbagai pencapaian kita. Ketika kita gagal, kita harus lekas kembali bangkit dan mengevaluasi apa yang menyebabkan kita gagal, lalu mencari solusinya.

Begitupun saat kamu berhasil, kamu perlu bijak dalam menyikapinya dan tak boleh langsung berpuas diri. rasa puas itulah yang akan menjebakmu masuk ke dalam zona nyaman.

5. Melakukannya dengan Konsisten

Tips yang selanjutnya untuk keluar dari zona nyaman ialah mempunyai tekad yang kuat dan melakukannya dengan cara konsisten. Komitmen yang kuat ini akan membuatmu siap dalam menjalani berbagai hal yang ada di depan mata.

Keberhasilan serta kegagalan bukan lagi menjadi akhir dari segalanya, melainkan menjadi sebuah pelajaran untuk terus mengembangkan diri kamu.

6. Mempunyai Sikap Optimis

Pentingnya mempunyai rasa optimis dalam setiap perubahan yang kamu alami. Jangan mudah menyerah dalam keadaan saat kamu tengah mencoba keluar dari zona nyaman.

Teruslah maju dan melangkah, karena perlu kamu sadari bahwa setiap perubahan tidak mungkin terjadi secara instan, semua membutuhkan sebuah proses.

Maka, kamu membutuhkan rasa optimis agar bisa mencapai goal yang telah kamu terapkan.

Untuk kamu yang ingin mencoba keluar dari zona nyaman yang sedang kamu rasakan saat ini, kamu bisa membaca buku Keluarlah Dari Zona Nyaman. Buku ini hadir untuk membantu kamu memberikan sebuah panduan langkah demi langkah agar kamu bisa keluar dari zona nyaman.

Buku ini juga mengingatkan kepada kita bahwa jika kita tidak berusaha untuk keluar dari zona nyaman, potensi besar yang ada di dalam diri akan tetap tersembunyi karena ketidak mauan kita dalam mencoba hal baru. Dengan buku Keluarlah Dari Zona Nyaman, betul-betul bisa menjadi panduanmu dalam melangkah menjadi pribadi yang lebih baik.

Buku Keluarlah Dari Zona Nyaman bisa segera kamu dapatkan di https://www.gramedia.com/

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com