Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal 10 Jenis Pantun Beserta Dengan Contohnya

Kompas.com - 28/02/2023, 12:30 WIB
Jenis Pantun Sumber: pexels Jenis Pantun
Rujukan artikel ini:
Buku Pintar Pantun & Puisi…
Pengarang: Andi Soenaryo
|
Editor Rahmad

Pantun merupakan salah satu jenis sastra lisan yang berbentuk puisi. Biasanya, penyebutan pantun di beberapa daerah memiliki istilah yang berbeda-beda. Misalnya saja, dalam bahasa Minang, berasal dari kata patuntun ‘petuntun’, sedangkan pada bahasa Jawa, pantun disebut dengan istilah parikan.

Pantun adalah salah satu bentuk kiasan yang biasanya digunakan pada setiap acara, baik itu acara pertemuan, kelahiran, pernikahan, ataupun acara adat. Bahkan, pada tradisi di masyarakat Betawi, terdapat tradisi yang unik, yaitu berbalas pantun pada saat upacara pernikahan.

Pantun sendiri ada banyak sekali jenisnya, seperti pantun nasihat, pantun cinta, pantun anak, pantun kepahlawanan, dan masih banyak lagi jenis pantun lainnya. Berbagai jenis pantun ini mempunyai fungsi sosial. Berikut ini penjelasan tentang jenis-jenis pantun beserta contohnya.

Jenis-Jenis Pantun

jenis pantun jenis pantun

1. Pantun nasihat

Pantun nasihat adalah jenis pantun yang berdasarkan pada isinya memiliki tujuan untuk menyampaikan sebuah pesan moral dan didikan. Jenis pantun berdasarkan isi yang nasihat di dalamnya biasanya mempunyai pesan-pesan bijak yang mengajak kepada kita untuk berbuat kebaikan.

Contoh pantun nasihat:

Jalan-jalan ke Kota Blitar

jangan lupa beli sukun

Jika kamu ingin pintar

belajarlah dengan tekun

2. Pantun pribahasa

Pantun jenis ini adalah jenis pantun yang berdasarkan isi yang memuat kalimat tentang peribahasa yang biasanya memiliki susunan yang tetap.

Contoh pantun pribahasa:

Berakit-rakit kita ke hulu

Berenang kita ke tepian

Bersakit-sakit kita dahulu

Bersenang-senang kemudian

3. Pantun jenaka

Pantun jenaka adalah pantun yang berdasarkan isi yang mempunyai tujuan utama untuk menghibur. Pantun ini biasanya dijadikan sebagai media untuk saling menyindir salam suasana yang penuh dengan keakraban.

Adanya pantun jenaka ini biasanya tidak akan menimbulkan perasaan tersinggung, malah mampu membuat suasana menjadi semakin riang.

Contoh pantun jenaka adalah:

Duduk manis di bibir pantai

Lihat gadis, aduhai tiada dua

Masa muda kebanyakan santai

Sudah renta sulit tertawa

4. Pantun cinta

Pantun cinta adalah jenis pantun yang isinya biasanya memuat pesan yang berhubungan dengan romantisme, cinta, atau asmara antara dua insan. Tidak jarang, pantun cinta ini memang secara sengaja dibuat untuk bisa mengungkapkan perasaan cinta kepada orang yang terkasih.

Contoh pantun cinta adalah:

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Walaupun hanya sebatang tebu

Tetapi bisa diramu

Walaupun jarang ketemu

Cintaku hanya untukmu

5. Pantun teka-teki

Pantun teka-teki adalah jenis pantun yang berdasarkan kepada isi yang berisikan kalimat pertanyaan pada baris akhir sebuah pantun. Jenis pantun teka-teki ini berisikan teka-teki yang ditujukan untuk para pendengarnya.

Contoh pantun teka-teki:

Kalau tuan muda teruna

Pakai seluar dengan gayanya

Kalau tuan bijak laksana

Biji di luar apa buahnya

6. Pantun adat

Pantun adat adalah pantun yang berdasarkan isinya adalah berisikan tentang hal-hal yang berkaitan dengan adat istiadat atau suatu kebudayaan tertentu.

Contoh pantun adat:

Bunga cempaka bunga seroja

Ada tertanam danau sana

Adat dijaga junjung pusaka

Adat pusaka akan terjaga.

7. Pantun anak

Pantun anak adalah pantun yang isinya berdasarkan pada tema anak-anak. Pantun anak ini terbagi ke dalam dua jenis, yaitu pantun anak bersuka cita dan berduka cita.

Contoh pantun anak:

Pagi hari pun segera datang

Pertanda ada hari yang baru

Hatiku senang bukan kepalang

Karena dapat sepeda baru.

Nah, itulah beberapa jenis pantun yang perlu untuk kamu ketahui dan bisa kamu pelajari. Nah, untuk kamu yang tertarik belajar menulis pantun, kamu juga bisa mempelajarinya secara otodidak melalui buku yang berjudul Buku Pintar Pantun & Puisi Dilengkapi Kata-Kata Mutiara yang ditulis oleh Andi Soenaryo.

Buku ini secara sengaja dibuat dalam rangka melestarikan kebudayaan bangsa Indonesia, yaitu pantun, supaya tidak terkikis oleh zaman modern. Buku ini berisikan tentang berbagai macam pantun, mulai dari pantun anak, pantun orang muda, termasuk pantun cinta di dalamnya.

Tidak hanya tentang pantun saja, buku ini juga berisi puisi, kata-kata Mutiara, serta peribahasa Indonesia. Buku ini cocok untuk pelajar dari sekolah dasar, sekolah menengah, sampai kalangan umum yang tertarik dengan karya sastra.

Buku ini bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com