Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Teks Pidato Kebersihan Lingkungan Sekolah, Menginspirasi dan Tepat Sasaran

Kompas.com - 02/03/2023, 09:00 WIB
Pidato Kebersihan Lingkungan Sekolah  Sumber Gambar: Freepik.com Pidato Kebersihan Lingkungan Sekolah 
Rujukan artikel ini:
The Communication Book: 44 Ide…
Pengarang: Mikael Krogerus dan Roman…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Ratih Widiastuty

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pidato adalah sebuah cara untuk mengungkapkan pikiran seseorang ke dalam bentuk kata-kata yang nantinya akan ditunjukkan atau disampaikan ke banyak orang.

Pembacaan pidato ini memiliki banyak sekali tujuan, bisa untuk meyakinkan para audiens atau pendengar, memberikan informasi baru, menghibur audiens, dan masih banyak lagi.

Selain tujuan, pidato biasanya juga disampaikan dengan tema yang beragam, tergantung dari tujuan, suasana, dan juga kondisi acara itu sendiri.

Ada beberapa topik penting yang umum dibicarakan oleh orang-orang dalam setiap pidato, salah satunya topik mengenai kebersihan lingkungan.

Lingkungan yang bersih tentunya akan membuat kita merasa nyaman untuk beraktivitas, sebaliknya, lingkungan yang kotor akan menjadi sarang penyakit yang tidak baik bagi kesehatan.

Salah satu pembahasan kebersihan lingkungan yang juga sering dibahas dalam pidato adalah kebersihan lingkungan di sekolah.

Sekolah adalah tempat untuk menuntut ilmu yang pastinya harus selalu dijaga kondisinya agar tetap bersih dan terawat.

Bagi kamu yang membutuhkan referensi pidato mengenai kebersihan lingkungan sekolah, berikut ada beberapa teks yang bisa kamu jadikan contoh.

Teks Pidato Kebersihan Lingkungan Sekolah

1. Pidato tentang Kebersihan 1

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Kepada para guru yang terhormat dan teman-teman sekalian yang saya sayangi, marilah kita sama-sama memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan YME karena kita bisa berkumpul di sini dalam keadaan sehat.

Teman-teman semua, perlu kita sadari bahwa lingkungan merupakan tempat tinggal semua makhluk hidup dan harus selalu kita jaga kebersihannya.

Tapi saya sangat menyayangkan karena lingkungan sekitar kita sekarang sudah mulai rusak akibat sampah dan kotoran lain yang dibuang sembarangan.

Sebagai warga sekolah, kita harus bisa menempatkan diri dan mengubah kebiasaan kita sesuai dengan keadaan yang ada.

Jika lingkungan sekitar kita kotor, sudah sepantasnya kita bersama-sama membersihkannya karena kebersihan lingkungan akan sangat berdampak pada kehidupan kita dan orang-orang di sekitar kita.

Selain itu, kebersihan lingkungan juga bisa menjauhkan kita dari penyakit, sehingga kita akan jauh lebih nyaman dalam belajar.

Teman-teman semuanya, saya berharap semoga setelah ini kita semua bisa lebih giat dan semangat dalam menjaga kebersihan, terutama kebersihan lingkungan sekolah kita.

Cukup sekian saja pidato dari saya, terima kasih atas per harian dan kesempatannya.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

2. Pidato tentang Kebersihan 2

Selamat pagi semua, kepada yang terhormat bapak dan ibu guru serta teman-teman semua yang saya sayangi.

Mari kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan YME, yang telah memberikan kita kesehatan sehingga kita bisa berkumpul pada hari ini dalam keadaan sehat.

Para hadirin yang saya cintai, lingkungan yang ada di sekitar kita ini seharusnya bisa dirawat dengan baik sebab dampaknya akan sangat besar bagi kita seluruh warga sekolah.

Terlebih sekolah ini merupakan tempat untuk menuntut ilmu, jadi sudah selayaknya kita jaga dan rawat agar selalu terlihat bersih, sejuk, dan asri, yang nantinya akan membuat kita lebih nyaman dalam belajar.

Sebagai bagian dari sekolah ini, saya tentu mengharapkan adanya kedisiplinan akan kebersihan setiap harinya.

Setiap siswa yang mendapatkan jadwal piket sebaiknya datang lebih awal untuk membersihkan kelas, dan seluruh warga sekolah diharapkan bisa membuang sampah di tempat yang seharusnya agar kebersihan lingkungan bisa selalu terjaga.

Menjaga kebersihan lingkungan sekolah akan mencerminkan diri kita yang juga cinta akan kebersihan, sehingga kita bisa menjadi salah satu bagian yang membuat sekolah menjadi tempat yang nyaman untuk digunakan.

Sampai disini saja pidato dari saya, mohon maaf jika ada kesalahan yang disengaja maupun tidak.

Terima kasih atas kesempatan dan perhatiannya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Pidato tentang Kebersihan 3

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hadirin yang berbahagia, pada kesempatan yang baik ini, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, kita semua bisa berkumpul dalam keadaan sehat pada hari ini.

Mengajarkan anak-anak untuk selalu menjaga kebersihan akan mengubah mereka menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Mereka akan tumbuh dengan baik dan peduli terhadap lingkungan di masa depan, ditambah juga dengan lingkungan sekolah yang bersih, yang akan membuat mereka nyaman untuk menuntut ilmu di sekolah ini.

Hadirin yang saya hormati, jika kita senantiasa menjaga kebersihan sekolah, kita juga akan menjadi contoh yang baik buat orang-orang di sekitar kita.

Semakin banyak orang yang mengikuti jejak kita, tentunya dampaknya akan menjadi semakin besar, jadi marilah kita menjadi pribadi yang bersih sehingga bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat luas.

Demikianlah pidato yang bisa saya sampaikan, semoga kita semua bisa selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita.

Akhir kata, saya ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

4. Pidato tentang Kebersihan 4

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat kepada bapak dan ibu guru serta staf sekolah, dan tidak lupa juga teman-teman sekalian yang saya cintai.

Pertama-tama tentunya marilah kita sama-sama memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas berkat dan karunia-Nya sehingga kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat walafiat pada hari ini.

Izinkan saya untuk menyampakan sepatah dua patah kata mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, khususnya lingkungan sekolah.

Kebersihan lingkungan merupakan salah satu hal yang sangat penting, yang nantinya akan berdampak pada kesehatan diri sendiri dan orang-orang yang ada di sekitar kita.

Tidak hanya itu saja, lingkungan juga merupakan faktor pendorong keberhasilan proses belajar mengajar di kelas, karena kelancaran pembelajaran juga tergantung dari kebersihan lingkungan di sekitar.

Sebagai warga sekolah, sudah sepatutnya kita sama-sama menjaga kebersihan lingkungan sekolah yang dimulai dari diri kita sendiri, seperti membuang sampah pada tempatnya dan tidak meninggalkan barang-barang di kolong meja karena akan menjadi sarang nyamuk.

Menjaga lingkungan sekolah menjadi sangat penting untuk dilakukan, guna menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman untuk melakukan berbagai macam kegiatan.

Untuk kedepannya, semoga kita bisa sama-sama bergotong royong untuk menjaga kebersihan lingkungan yang ada di sekitar kita.

Cukup sekian pidato singkat dari saya, apabila ada salah kata mohon untuk dimaafkan.

Terima kasih atas perhatian para hadirin sekalian.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Itulah beberapa contoh teks pidato kebersihan lingkungan sekolah yang bisa menginspirasi audiens dan bisa kamu jadikan referensi tambahan.

Dalam berpidato, kemampuan komunikasi tentu menjadi salah satu hal yang penting untuk dimiliki.

Jika ingin memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi, kamu bisa gunakan buku The Communication Book: 44 Ide Strategis untuk Komunikasi karya Mikael Krogerus dan Roman Tschappler.

Buku ini akan membantu meningkatkan keterampilan komunikasi agar koneksimu semakin luas dan beragam.

Buku ini cocok digunakan untuk kamu yang aktif di dunia bisnis, pendidikan, organisasi masyarakat, atau bahkan untuk orang-orang awam sekalipun.

Jika tertarik, kamu bisa dapatkan buku ini melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com