Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Contoh Kerja Sama Bilateral dan Pengertiannya Berikut Ini

Kompas.com - 22/02/2023, 10:27 WIB
Contoh Kerjasama Bilateral  Sumber Gambar: Freepik.com Contoh Kerjasama Bilateral 
Rujukan artikel ini:
Dinamika Kerja Sama Ekonomi dan…
Pengarang: Badan Kebijakan Fiskal
|
Editor Puteri

Kerja sama antar negara Internasional merupakan hubungan yang dibentuk antara dua negara atau lebih dalam berbagai sektor untuk mencapai tujuan bersama.

Beberapa contoh kerja sama antarnegara antara lain impor, ekspor, pertukaran pelajar, investasi, dan lain sebagainya.

Kerja sama antarnegara memang memiliki dampak positif yang sangat signifikan karena dapat membantu tujuan bersama segera terwujud.

Contohnya saja ketika Indonesia mempunyai sumber daya alam melakukan ekspor ke negara Amerika Serikat, maka kerja sama antar dua negara ini berhubungan dengan bidang ekonomi dan industri.

Faktor yang memicu untuk terjadinya kerja sama antar negara karena terdapat persamaan maupun perbedaan.

Contohnya seperti Indonesia yang mempunyai kelebihan sumber daya alam seperti batu bara dan Jepang yang memiliki kelebihan teknologi seperti komputer, maka kelebihan inilah yang menjadi pemicu terjadinya kerja sama, seperti impor dan ekspor.

Tidak hanya itu saja yang menjadikan kerja sama antar negara berlangsung, kondisi geografis juga menjadi pemicu terjalinnya kerja sama.

Contohnya ketika kondisi geografis Indonesia sangat memungkinkan untuk menghasilkan rempah-rempah, sementara akan sangat sulit dihasilkan di benua Eropa, maka banyak negara Eropa yang memilih untuk mengimpornya dari Indonesia.

Dari beberapa jenis kerja sama internasional, kerja sama bilateral adalah salah satunya.

Apa sebenarnya kerja sama bilateral itu sendiri? Apa contohnya? Cari tahu jawabannya di bawah ini.

Pengertian Kerja Sama Bilateral

Kerja sama bilateral adalah kerja sama yang terjalin antar dua negara dalam bentuk hubungan diplomatik, pendidikan, perdagangan, hingga kebudayaan.

Untuk menjalin hubungan kerja sama bilateral, Indonesia menekankan nilai-nilai saling menghormati, menolak memakai kekerasan, tidak ikut ikut campur urusan dalam negeri negara lain, dan memprioritaskan konsensus.

Boleh dibilang, kerja sama bilateral merupakan kerja sama antara dua negara yang sifatnya saling membantu di berbagai bidang.

Berikut beberapa contoh kerja sama bilateral yang dijalin oleh Indonesia menurut situs Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia:

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat adalah mitra strategis serta mitra dagang untuk Indonesia selama dua tahun berturut (2020 dan 2021).

Di tahun 2022 sendiri, jumlah nilai perdagangan (Januari – September) mencapai USD 30,75 miliar, naik 16,67 % dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Nilai ekspor Republik Indonesia ke Amerika Serikat tahun 2022 (Januari – September) sebesar USD 21,97 miliar, naik 20,38% dibanding dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

2. Honduras

Hubungan diplomatik Indonesia dan Honduras terjalin pada tahun 1997.

Honduras dirangkap oleh KBRI Panama City dan Indonesia dirangkap dari Perutusan Tetap Honduras di PBB, New York.

Isi perdagangan bilateral antara Indonesia dengan Honduras pada tahun 2021 adalah seberapa USD 154,7 juta.

Kerja sama bilateral Indonesia dan Honduras fokus pada beberapa bidang, seperti pertanian, khususnya kelapa sawit.

3. Belanda

Fokus utama hubungan bilateral antara Indonesia dan Belanda adalah peningkatan bidang ekonomi, pengembangan kapasitas SDM Republik Indonesia, serta sumber transfer teknologi dan inovasi.

Hubungan ekonomi antara Indonesia dan Belanda saat ini bersifat “from aid to trade” yang menegaskan kerja sama kedua negara sebagai mitra yang setara.

Belanda memosisikan Indonesia sebagai mitra prioritas bisnis Belanda di benua Asia setelah Tiongkok.

Dalam bidang investasi, realisasi investasi sektor riil Belanda di Indonesia pada tahun 2021 menempati posisi ke lima paling besar setelah Singapura, Tiongkok, Amerika Serikat, dan Jepang.

Jika kamu ingin mengetahui kerja sama bilateral Indonesia di bidang ekonomi secara lebih menyeluruh, buku Dinamika Kerja Sama Ekonomi & Keuangan Regional & Bilateral dalam Upaya Mewujudkan Indonesia Maju 2045 bisa menjadi sumber referensi yang pas.

Buku ini memaparkan kajian dan gagasan para analis dan peneliti di Pusat Kebijakan Kerja Sama Regional dan Bilateral, Badan Kebijakan Fiskal mengenai kerja sama ekonomi dan keuangan yang dibangun bersama negara-negara mitra dalam berbagai forum.

Peran kerja sama internasional sangat penting untuk diperkuat dan diarahkan supaya kinerja dan target perekonomian Indonesia bisa terus berjalan sesuai harapan meskipun dalam kondisi yang masih sulit seperti sekarang.

Pesan dan dapatkan bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com