Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Ini 7 Faktor Pendorong Terjadinya Perdagangan Internasional

Kompas.com - 02/11/2022, 12:30 WIB
penyebab adanya perdagangan internasional Sumber: Kompas.com penyebab adanya perdagangan internasional
Rujukan artikel ini:
Perdagangan Internasional : Kupas Tuntas…
Pengarang: Andri Feriyanto
|
Editor Rahmad

Perdagangan internasional adalah sebuah bentuk Kerja sama yang berlangsung antara dua negara ataupun lebih. Setiap negara biasanya menjalin suatu hubungan kekerabatan dengan negara-negara lain. Bentuk perwujudan kekerabatan ini salah satunya adalah dalam bentuk kerja sama hubungan dagang.

Hubungan perdagangan menjadi sangat penting karena berkaitan dengan kebutuhan negara serta penduduk di dalamnya. Di mana, kebutuhan tertentu itu tidak bisa diproduksi atau diperoleh dari negara tersebut, dan hanya bisa diproduksi oleh negara lain.

Maka dari itu, sangat banyak manfaat perdagangan internasional jika dilakukan oleh banyak negara. Bentuk dari aktivitas kegiatan perdagangan internasional adalah ekspor dan impor. Barang yang diperdagangkan terbagi ke dalam dua aktivitas kegiatan, yaitu bisa berbentuk barang mentah maupun berbentuk barang jadi.

Banyaknya manfaat perdagangan internasional yang bisa didapatkan, membuat aktivitas perdagangan internasional ini tentu tidak bisa terjadi secara sembarangan. Terdapat beberapa faktor yang mendorong dalam terjadinya perdagangan internasional.

Faktor Pendorong terjadinya Perdagangan Internasional

penyebab adanya perdagangan internasional penyebab adanya perdagangan internasional

Berdasarkan situs sumber belajar Kemdikbud, terdapat sejumlah hal yang bisa menjadi pendorong terjadinya aktivitas perdagangan internasional. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Terdapat perbedaan sumber daya

Tidak semua negara mempunyai sumber daya alam yang sama. Sumber daya alam menjadi sangat penting dan krusial karena merupakan bahan baru dari suatu produk tertentu. Negara yang membutuhkan sumber daya alam itu pastinya akan mencari negara yang mempinyai sumber daya alam tersebut.

Hal tersebutlah yang memicu terjadinya aktivitas perdagangan internasional. Contohnya, Indonesia terkenal dengan sumber daya alamnya. Akan tetapi, untuk urusan pengolahan, Indonesia belum memadai, sehingga mendorong Indonesia menawarkan hasil SDA ke negara lainnya untuk memenuhi kebutuhan di negara lain itu.

2. Memenuhi kebutuhan nasional

Karena tidak semua negara mampu memenuhi kebutuhan pasar dalam negeri maupun penduduk di negaranya. Jadi, untuk memenuhi kebutuhan tersebut, negara perlu melakukan aktivitas pada perdagangan internasional yang berupa impor barang dan jasa dari negara yang lain.

3. Meningkatkan pemasukan negara

Aktivitas ekspor ataupun impor adalah cara supaya negara memiliki peningkatan dalam pendapatan. Negara diuntungkan dari nilai pajak barang hasil dari ekspor dan impor tersebut.

Negara juga bisa melakukan ekspor melalui badan usaha milik negara dengan cara menjual bahan baku sumber daya alam atau teknologi ke negara lainnya.

4. Menghemat biaya produksi, SDM, serta ilmu pengetahuan

Setiap negara tentunya mempunyai kemampuan sumber daya manusia dan teknologi yang berbeda-beda. Negara yang dibekali dengan sumber daya manusia serta teknologi yang canggih mampu memproduksi barang-barang dengan kualitas yang terbaik.

Sedangkan untuk negara yang memiliki sumber daya manusia serta teknologi yang kurang memadai, maka membeli dari negara yang membuat (impor) dapat menjadi lebih murah, ketimbang memproduksinya sendiri.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

5. Meningkatkan produk UMKM

Kualitas produksi dalam negeri berpotensi untuk memiliki nilai jual yang tinggi di pasar internasional. kebutuhan inilah yang menjadi sebab terjadinya perdagangan internasional.

Bahan baku bisa didapatkan dengan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Produk kemudian dibuat sebaik mungkin, sehingga dapat bersaing di pasar internasional.

6. Memperluas pasar

Adanya ekspansi produk ke berbagai negara juga bisa menjadi salah satu faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional.

Manfaat perdagangan internasional dari pengenalan beragam produk yang berkualitas ke berbagai negara bisa memberikan sebuah keuntungan yang besar untuk meningkatkan hubungan kerja sama dagang yang baik ke negara-negara lainnya.

7. Kerja sama antarnegara

Sering kali produsen dari suatu negara membuka produknya di negara lain. Hal ini bisa terjadi jika terdapat kecocokan industri dan juga bisnis. Manfaat perdagangan internasional tentunya membawa dampak yang positif untuk kedua negara yang saling bekerja sama.

Dampak positif tidak hanya dirasakan oleh negara sebagai sebuah institusi saja, tetapi juga warga negaranya.

Itulah sejumlah faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional yang perlu untuk kita ketahui untuk menambah wawasan. Untuk menambah wawasan lebih tentang manfaat perdagangan internasional, kita juga bisa membaca banyak buku yang berkaitan.

Salah satunya buku yang berjudul Perdagangan Internasional : Kupas Tuntas Prosedur Ekspor Impor. Buku ini memang ditujukan untuk para masyarakat umum maupun mahasiswa yang ingin mempelajari tentang perdagangan internasional, khususnya tentang prosedur ekspor dan impor.

Pembahasan di dalam buku ini diulas secara berurutan, dimulai dari bab I yang berisi pengantar perdagangan internasional, lalu dilanjutkan dengan bab 2 yang berisi pelaku perdagangan internasional, dan bab-bab selanjutnya, hingga bab terakhir yaitu bab 12 yang membahas tentang kepabeanan dan bea cukai.

Buku ini bisa langsung kamu pesan melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com