Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menguntungkan! Ternyata Ini 6 Manfaat Perdagangan Internasional

Kompas.com - 02/11/2022, 11:30 WIB
manfaat perdagangan internasional Sumber: money.kompas.com manfaat perdagangan internasional
Rujukan artikel ini:
Perdagangan Internasional: Konsep & Aplikasi
Pengarang: Eddie Renaldy
|
Editor Rahmad

Di era globalisasi seperti saat ini, hampir di seluruh negara yang ada di dunia melakukan perdagangan internasional. Namun, apa saja sih manfaat perdagangan internasional?

Perdagangan internasional sendiri merupakan kegiatan perdagangan yang dilakukan oleh penduduk dari suatu negara kepada negara lainnya atas dasar konsensus secara kolektif.

Meskipun perdagangan internasional ini sudah terjadi selama ribuan tahun yang lalu, tapi dampak terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan politik baru bisa akan dirasakan setelah beberapa abad belakangan ini.

Dampak perdagangan internasional terhadap produksi bisa diketahui dari empat aspek, yaitu spesialisasi produksi, investasi surplus, vent for surplus, serta kenaikan produktivitas.

Mungkin sebagian orang juga bertanya-tanya apa manfaat perdagangan internasional yang selama ini sering disebutkan di dalam berbagai macam berita.

Seperti yang sudah diketahui bersama bahwa setiap negara tentunya mempunyai keterbatasannya sendiri dalam sumber daya alam, sehingga kegiatan perdagangan ini menjadi sangatlah penting untuk dilakukan.

Di beberapa negara, adanya perdagangan internasional ini menjadi salah satu faktor utama untuk dapat meningkatkan GDP.

Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan saja, keberadaan perdagangan internasional tentunya memberikan banyak manfaat baik serta keuntungan pada suatu negara yang anyaankannya.

Hal ini terjadi karena perdagangan internasional sejatinya merupakan sebuah bentuk transaksi atau kesepakatan bersama, sehingga mampu menguntungkan banyak pihak.

Berikut ini adalah beberapa manfaat perdagangan internasional yang perlu kamu ketahui.

Manfaat Perdagangan Internasional

manfaat perdagangan internasional manfaat perdagangan internasional

1. Bisa memperoleh barang yang tidak dapat diproduksi oleh negaranya sendiri

Dengan adanya kegiatan impor barang, maka masyarakat di suatu negara mampu mendapatkan suatu produk tertentu yang tidak bisa diproduksi oleh negaranya sendiri. Banyak juga faktor yang menyebabkan negara tersebut tidak bisa memproduksi suatu produk tertentu, misalnya saja karena kondisi geografi, iklim, sampai tingkat penguasaan IPTEK.

2. Memperluas keuntungan dari spesialisasi

Manfaat perdagangan internasional selanjutnya adalah mampu memperluas keuntungan dari spesialisasi. Maksudnya, meskipun suatu negara telah bisa memproduksi suatu barang yang jenisnya sama dengan negara lain, tetapi ada kalanya produk yang diproduksi oleh negara lain lebih baik dari segi kualitasnya. Oleh sebab itu, negara tersebut tetap akan mengimpor produk yang sama.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Memperluas pasar

Dalam hal ini, manfaat perdagangan internasional yang banyak dirasakan oleh para pengusaha. Terkadang, beberapa pengusaha tidak menjalankan mesin alat produksinya secara maksimal, karena mereka khawatir bisa terjadi kelebihan produksi. Hal itu yang menyebabkan bisa turunnya harga produk tersebut.

Nah, dengan adanya perdagangan internasional, nantinya para pengusaha bisa menjalankan mesin alat produksinya dengan maksimal. Lalu, menjual kelebihan produk tersebut ke luar negeri.

4. Transfer teknologi modern

Dengan adanya kegiatan ini, maka manfaat perdagangan internasional adalah suatu negara mampu memperoleh kesempatan untuk bisa mempelajari teknik produksi dan manajemen yang lebih modern daripada negara yang lainnya.

5. Mampu meningkatkan hubungan persahabatan antar negara

Adanya kegiatan perdagangan internasional, maka manfaat perdagangan internasional yang bisa dirasakan adalah transaksi serta kesepakatan antar negara yang secara tidak langsung mampu mewujudkan suatu hubungan persahabatan.

Apabila proses transaksi dalam perdagangan internasional saja bisa terjalin dengan baik, maka hubungan persahabatan antar negara ini juga akan terjalin dengan sangat baik. Negara-negara yang menjalankan perdagangan internasional bisa semakin akrab.

Nantinya, jika suatu negara mengalami kesulitan, maka negara lainnya juga bisa membantu dalam memenuhi kebutuhannya itu.

6. Mampu memperluas lapangan pekerjaan

Jika pasar luar negeri semakin meluas, maka produksi barang dan jasa yang dihasilkan suatu negara tersebut juga akan semakin bertambah. Nah, dari situlah peningkatan hasil produksi barang dan jasa bisa meningkatkan kesempatan kerja, dan mampu mengurangi pengangguran.

Nah, itulah ulasan mengenai manfaat perdagangan internasional yang bisa dirasakan oleh setiap negara yang melakukan kegiatan tersebut. Untuk kamu yang ingin mempelajari lebih lanjut mengenai wawasan tentang perdagangan internasional dan manfaat lainnya, kamu bisa membaca buku Perdagangan Internasional: Konsep & Aplikasi.

Buku ini akan banyak sekali membahas hal yang berkaitan dengan perdagangan internasional, seperti ketentuan dan peraturan dalam perdagangan internasional, jenisnya, serta sistem pembayarannya. Akan dijelaskan pula dokumen yang dibutuhkan dalam perdagangan internasional, pemasaran internasional, hingga organisasi perdagangan internasional.

Buku ini bisa langsung kamu pesan melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com