Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Jitu Meningkatkan Selling Skill dalam Berjualan

Kompas.com - 18/03/2022, 17:00 WIB
Sumber Gambar: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Rahasia Sukses Menjual Ala Napoleon…
Pengarang: Napoleon Hill
|
Editor Novia Putri Anindhita

Dalam dunia bisnis, selling skill atau kemampuan dalam menjual sebuah produk maupun jasa, mutlak dibutuhkan agar bisa meningkatkan profit sekaligus mampu menjalin hubungan yang baik dan berkelanjutan dengan konsumen.

Selling skill tidak hanya berlaku bagi seorang sales saja, tapi pelaku usaha atau bisnis pun wajib mempunyai kemampuan yang akan menentukan perkembangan bisnis ini, apakah mampu bertahan dan berkembang, atau malah terpuruk dan tenggelam.

Untuk mempunyai selling skill yang baik dan mumpuni, kamu tidak hanya sekadar harus pintar bicara saja, tapi juga harus pandai dalam mendengarkan, sebab konsumen akan merasa nyaman dan dihargai saat penjual mampu mendengarkan keluh kesah akan masalah dan kebutuhan yang mereka inginkan.

Maka dari itu, penting sekali untuk dapat terus mengasah selling skill yang dimiliki agar kita mampu memahami dan menyentuh apa yang diinginkan oleh konsumen, karena jika kamu sudah bisa menguasai kemampuan menjual dengan baik, dijamin bisnis yang kamu jalankan akan tumbuh dengan sangat pesat.

Terus berlatih dan belajar adalah kunci untuk meningkatkan selling skill yang kamu punya agar kemampuan yang teramat krusial dalam dunia pemasaran ini bisa terus berkembang, untuk mampu mendapatkan minat konsumen agar mau membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

Namun, cara seperti apa yang mampu meningkatkan selling skill yang kita miliki? Berikut lima cara meningkatkan selling skill dalam berjualan agar mampu menjual produk dan jasa yang ditawarkan.

5 Cara Meningkatkan Selling Skill

1. Terus Asah Kemampuan Berbicara di Depan Umum

Kemampuan berbicara di depan umum harus terus ditingkatkan jika kamu menginginkan selling skill dapat terus terasah, karena dengan lancar berbicara di depan umum kepercayaan diri yang kamu punya pun akan semakin tinggi.

Dengan kemampuan berbicara yang lancar dan percaya diri, secara tidak langsung juga akan meningkat selling skill yang kamu punya, sehingga kamu akan dengan mudah mempresentasikan produk atau jasa yang akan dijual kepada konsumen.

2. Mencoba untuk Menjadi Seorang Pendengar yang Baik

Selain harus mampu lancar berbicara, selling skill yang baik juga harus bisa mendengarkan konsumen lain secara tulus dan mendalam, agar mereka bisa merasa nyaman dan percaya akan produk ataupun jasa yang kamu tawarkan.

Menjadi seorang pendengar yang baik juga akan membuat pelanggan merasa istimewa karena menerima pelayanan yang baik, sehingga akan menjadikan mereka konsumen setia dengan kemampuan selling skill kamu yang satu ini.

3. Selalu Terdepan dalam Perkembangan Industri

Perkembangan dunia penjualan selalu bergerak dengan cepat sehingga kamu harus proaktif melakukan riset dan mencari tahu tentang tren, strategi, dan hal apa saja yang diperlukan untuk meningkatkan selling skill yang kamu kuasai.

Jangan pernah lelah dan tidak menyerah untuk terus mau belajar dan terus update akan arus perubahan yang terus terjadi, agar selling skill yang kamu kuasai tidak berjalan di tempat dan bisa terus tumbuh berkembang.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Bukan Hanya Menjual, tapi Cobalah untuk Membantu

Meskipun selling skill yang kamu kuasai bertujuan untuk menjual produk dan jasa sebanyak mungkin, tapi jangan pernah melewatkan untuk mencoba membantu pelanggan dengan informasi akan produk ataupun jasa yang kamu tawarkan.

Jangan berusaha untuk menutup-nutupi apa pun yang ada dalam produk maupun jasa yang kamu tawarkan, terbukalah akan seluruh informasinya agar konsumen tidak merasa ditipu dan dibohongi, sehingga akan terus membeli apa pun yang kamu tawarkan nantinya.

4. Jalin Relasi yang Baik dengan Konsumen

Perkuat hubungan yang kamu jalin dengan konsumen agar mereka bisa terkoneksi dengan apa pun yang kamu tawarkan, sehingga mereka akan mencari kamu alih-alih kamu menawarkan produk maupun jasa kepada mereka.

Setelah berhasil menjual produk maupun jasa kepada konsumen, usahakan untuk terus menjalin komunikasi dengan mereka seperti menanyakan pengalaman mereka setelah menggunakan produk ataupun jasa yang kamu jual agar mereka merasa diperhatikan.

Kelima cara ini akan mampu membantu kamu dalam meningkatkan selling skill yang kamu kuasai untuk meningkatkan penjualan sekaligus menjalin relasi yang baik dan terjaga dengan konsumen.

Jika masih menginginkan cara-cara lainnya dalam meningkatkan kemampuan dalam berjualan, buku berikut ini bisa menambah ilmu dan wawasan kamu seputar selling skill.

Buku Rahasia Sukses Menjual ala Napoleon Hill akan memberikan ilmu serta wawasan seputar kemampuan menjual di tengah kondisi ekonomi yang serba tidak menentu seperti saat ini.

Di mana buku ini menekankan siapa pun Anda, apa pun pekerjaannya, kita semua adalah seorang penjual sehingga selling skill yang kita miliki harus terus diasah dan dikembangkan agar bisa membantu meningkatkan kualitas kehidupan.

Buku ini juga dilengkapi dengan kata pengantar dari pemimpin legendaris, Ken Blanchard yang menjadikannya karya klasik dengan prinsip sederhana beserta alat-alat yang sudah teruji untuk meraih kesuksesan.

Buku Rahasia Sukses Menjual ala Napoleon Hill bisa kamu pesan dan beli sekarang juga di Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com