Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Jualan Laris Manis yang Bisa Kamu Terapkan

Kompas.com - 25/01/2022, 12:00 WIB
Sumber Foto: Freepik.com
Rujukan artikel ini:
Seni Berjualan Laris Manis Dalam…
Pengarang: Richard Mahaputra
|
Editor Ratih Widiastuty

Zaman sekarang untuk mendapatkan penghasilan tambahan tidaklah menyulitkan jika kamu mau berusaha dan kreatif dalam mencari ide yang dapat dieksekusi sebagai solusi untuk menghasilkan uang.

Berjualan adalah salah satu cara paling klasik dan ampuh untuk menghasilkan uang serta penghasilan yang akan sangat membantu keadaan finansial di saat seperti ini.

Namun, selain harus memikirkan jenis produk apa yang akan dijual, teknik promosi dan jualan pun mutlak dibutuhkan agar dagangan yang kamu tawarkan bisa diterima dan laris manis di pasaran, sehingga bisa terus dibeli secara berulang.

Produk yang bagus belum tentu bisa laku untuk dijual jika cara promosi dan penjualannya tidak mampu mengikat dan menarik konsumen untuk merasa penasaran akan produk yang kamu jual tersebut.

Maka dari itu, diperlukan tips yang tepat dan ampuh untuk membuat jualan kamu menjadi laris manis agar diserbu konsumen dan dijamin mampu membuat mereka menjadi pelanggan setia.

Namun, tips apa saja yang bisa diterapkan agar membuat jualan kamu menjadi laris manis? Berikut enam tips jualan laris manis yang bisa kamu terapkan.

6 Tips Jualan Laris Manis

1. Tetapkan Target Konsumen dan Pasar

Tips pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mendeskripsikan target konsumen atau pasar yang paling akurat serta cocok dengan produk yang kamu jual, sehingga tingkat penjualan produk tersebut dapat naik dengan drastis.

Menentukan target pasar juga bisa menghemat biaya promosi karena kamu sudah tahu konsumen seperti apa yang akan tertarik untuk membeli produk yang kamu jual dan tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk konsumen yang masih abu-abu.

2. Tunjukkan Kelebihan atau Keunggulan dari Produk yang Kamu Jual

Agar konsumen dapat tertarik untuk membeli produk yang kamu tawarkan, berikan detail yang paling akurat untuk kelebihan atau keunggulan apa saja dari produk yang kamu jual.

Berikan sebanyak-banyaknya nilai plus dan manfaat yang akan didapatkan oleh konsumen jika membeli produk yang kamu jual agar mereka tidak merasa ditipu ataupun dibohongi saat akan membelinya.

3. Beri Promo Gratis Ongkos Kirim

Tidak bisa dipungkiri, promo gratis ongkir memang kini telah menjadi salah satu faktor penentu dari membeli sebuah produk atau tidak, karena dengan adanya gratis ongkir, akan sedikit meringankan konsumen.

Berikan promo gratis ongkir dengan syarat pembelian yang sudah kamu perhitungkan terlebih dahulu agar laba masih bisa diperoleh, dengan begitu kamu dapat memuaskan pelanggan sekaligus meraup keuntungan.

4. Berikan Potongan Harga

Konsumen mana yang tidak akan tergoda dengan kata diskon ketika hendak membeli sesuatu? Dengan memberikan potongan harga pada produk-produk yang kamu jual akan menarik minat konsumen untuk membelinya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Hitung kembali selisih harga yang pas dan sesuai sebelum menentukan besaran potongan harga yang akan diberikan agar kamu juga tidak mengalami kerugian, sehingga kedua belah pihak dapat mendapatkan manfaatnya.

5. Tanggapi dengan Serius Keluhan dari Pelanggan

Pelayanan yang ramah dan memuaskan adalah faktor kunci dari kesuksesan sebuah bisnis karena di sini kamu dituntut untuk mendengarkan apa yang diinginkan konsumen berikut dengan segala keluhan mereka terhadap produk yang kamu jual.

Tanggapi dan dengarkan secara serius keluhan yang disampaikan oleh pelanggan agar mereka merasa diperhatikan, karena tidak dapat dipungkiri, pengalaman belanja tidak hanya berfokus pada produk saja, tapi pelayanan yang maksimal pun menjadi faktor konsumen untuk tetap membeli produk kamu.

6. Sematkan Foto Produk yang Kamu Jual dengan Kualitas Tinggi

Penampakan dari produk yang kamu jual juga harus jelas dan tajam agar konsumen dapat melihat kualitas, bentuk, dan materi apa saja yang ada dalam produk tersebut, sehingga bisa menjadi faktor penentu memutuskan untuk membelinya.

Gunakan jasa foto produk profesional yang kini keberadaannya sudah sangat banyak dan menjamur untuk dapat membantu kamu menghasilkan foto produk dengan kualitas gambar yang tajam dan jernih.

Semoga saja keenam tips jualan laris manis ini bisa membantu menaikkan omset penjualan dari produk yang kamu jual, tapi jika kamu memerlukan tips lainnya untuk meningkatkan penjualan, buku yang satu ini akan sangat membantu.

Buku Seni Berjualan Laris Manis dalam Masa Krisis yang ditulis oleh Richard Mahaputra bisa menjadi jawaban bagi kamu yang menginginkan jualannya laku diserbu oleh pelanggan.

Kamu akan mendapatkan berbagai jenis tips sederhana dalam berjualan yang akan membantu kamu dalam meningkatkan omset penjualan dalam buku ini.

Terdapat 100 tips berjualan secara laris manis yang dilengkapi dengan contoh-contoh penerapannya agar semakin mudah untuk diaplikasikan oleh pembaca yang ingin meningkatkan omset penjualan secara gila-gilaan.

Bukunya sendiri dapat kamu beli di Gramedia.com dan selamat meningkatkan omset penjualan.

Ada gratis voucher diskon yang bisa kamu dapatkan dan gunakan tanpa ada minimal pembelian. Langsung klik di sini untuk dapatkan vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com