Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh-Contoh Pidato yang Menarik dan Tidak Membosankan, Cocok untuk Dijadikan Referensi

Kompas.com - 21/02/2023, 13:00 WIB
Contoh Pidato yang Menarik dan Tidak Membosankan  Sumber Gambar: Freepik.com Contoh Pidato yang Menarik dan Tidak Membosankan 
Rujukan artikel ini:
Buku Cara Berbicara Kepada Setiap…
Pengarang: Emma Sargent & Tim…
Penulis Okky Olivia
|
Editor Puteri

Saat mengikuti atau menghadiri sebuah acara, kita akan menemukan orang-orang yang tengah berpidato, terutama di bagian awal atau pertengahan acara.

Pidato tersebut biasanya disampaikan dengan tema yang berbeda-beda tergantung dari tujuan, suasana, atau kondisi acara itu sendiri.

Jika dibaca dari KBBI, pidato bisa diartikan sebagai sebuah ungkapan pikiran yang dituangkan ke dalam bentuk kata-kata atau bisa juga wacana yang ditunjukkan kepada khalayak luas.

Sebelum berpidato, seseorang tentunya harus melakukan berbagai persiapan, seperti mempersiapkan mental dan naskah pidato yang akan dibacakan.

Saat tengah berpidato, seseorang biasanya menyampaikan pemikiran dan idenya di depan banyak orang sehingga membutuhkan keberanian dan berbagai persiapan yang matang.

Pada umumnya, struktur pidato yang utuh terdiri dari pembukaan (berisi beberapa kalimat sapaan), isi (pokok permasalahan yang akan disampaikan), dan penutup (berisi ajakan atau kesimpulan dari pembahasan sebelumnya).

Pidato ini disampaikan dengan tujuan agar para audiens bisa mendapatkan informasi baru, atau bisa juga digunakan untuk mencairkan suasana dalam sebuah acara.

Untuk kamu yang ingin belajar membuat naskah pidato yang menarik dan bisa membuat suasana menjadi kondusif, kamu bisa simak beberapa referensinya berikut ini.

Contoh Pidato yang Menarik dan Tidak Membosankan

1. Pidato tentang Kebersihan Lingkungan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Hadirin yang berbahagia, budaya kita sejatinya adalah budaya yang selalu mengedepankan kenyamanan sehingga penting bagi kita semua untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Lingkungan yang kotor dan tidak terurus tentu akan membuat penghuninya merasa tidak nyaman dan tentunya juga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yang bisa menyerang kita kapan saja.

Menjaga kebersihan lingkungan berlaku dimana saja termasuk juga di lingkungan sekolah kita tercinta.

Lingkungan sekolah yang selalu terjaga kebersihannya akan membuat kita nyaman dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar sehingga saya berharap agar semua pihak sekolah aktif dalam menjaga kebersihan sekolah kita.

Hal tersebut bisa dimulai dari kedisiplinan setiap individu yang ada di lingkungan sekolah, misalnya dengan rutin membuang sampah pada tempat yang semestinya.

Pada tingkat kelas, setiap siswa harus melaksanakan jadwal piket dengan penuh tanggung jawab, datang lebih awal untuk membersihkan kelas sebelum jam pelajaran dimulai dan setelah jam pelajaran berakhir.

Dengan adanya kesadaran dalam diri masing-masing individu, saya yakin bahwa lingkungan sekolah kita akan selalu terjaga kebersihannya sehingga kita juga bisa menjaga dan meningkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sekian pidato dari saya, terima kasih atas waktu yang diberikan, mohon maaf apabila ada kata-kata yang tidak berkenan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

2. Pidato Singkat tentang Pendidikan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena berkat rahmat dan hidayah-Nya, kita bisa berkumpul bersama di hari yang berbahagia ini.

Saya berdiri di depan Anda semua, dengan tujuan ingin membahas mengenai pentingnya pendidikan bagi manusia.

Pendidikan sejatinya sangatlah penting dalam kehidupan manusia.

Baik perempuan maupun laki-laki, semuanya berhak untuk mendapatkan pendidikan.

Dahulu, banyak orang tua yang menganggap bahwa pendidikan tidak terlalu penting untuk dikejar, terutama bagi anak perempuan yang dituntut untuk tidak menempuh pendidikan sampai perguruan tinggi.

Padahal, hal itu adalah pemikiran yang salah sebab persaingan akan selalu ada dari hari ke hari sehingga manusia harus terus berkembang dan belajar tanpa kenal waktu.

Jika seorang wanita tidak berpendidikan tinggi, bagaimana nanti ia bisa mengajari anak-anaknya untuk menjadi manusia yang juga berilmu dan berpendidikan?

Pendidikan tentu bukan hanya di sekolah, tapi juga bisa kamu tempuh dimana saja, kapan saja, dari lahir sampai akhir hayat.

Demikian penjelasan dari saya mengenai pentingnya pendidikan, semoga saudara-saudara bisa mengambil pelajaran dari apa yang saya sampaikan.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

3. Pidato tentang Pendidikan Karakter

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat siang semua hadirin yang berbahagia.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena hari ini kita masih diberikan kesempatan untuk berkumpul dalam keadaan sehat tanpa kekurangan suatu apapun.

Pada kesempatan hari ini, saya ingin menyampaikan beberapa kata mengenai pendidikan karakter, semoga nantinya apa yang akan saya sampaikan ini bisa memberikan manfaat bagi kita semua.

Para hadirin yang berbahagia, saat ini generasi muda sedang menghadapi banyak persoalan serius, misalnya mengenai penurunan nilai moral dan karakter karena mereka sangat mudah terpengaruh oleh gaya hidup hedonis sehingga sering mengabaikan nilai dan norma dalam masyarakat.

Selain itu, menurut informasi yang didapatkan dari BNN, para remaja adalah golongan yang cukup banyak mengonsumsi narkoba.

Dengan adanya fenomena ini, pastinya timbul pertanyaan mengenai peran pendidikan sekolah, guru, dan orang tua, salah satunya mengenai alasan mengapa para remaja bisa terjerumus ke dalam gaya hidup bebas tanpa mengindahkan norma serta agama.

Hal ini terjadi sebenarnya karena lemahnya pendidikan karakter yang ada di Indonesia, sebab sistem pendidikan kita masih terkesan fokus pada nilai saja sehingga mengabaikan hal-hal lain yang tidak kalah penting.

Bahkan di sekolah, jam pelajaran Pancasila juga sudah mulai berkurang sehingga para siswa akan semakin kehilangan panutan atau role model yang baik sebagai anak muda.

Oleh karena itu, kita harus mulai saling menekankan pentingnya pendidikan moral, tidak hanya di sekolah tapi juga di dalam rumah, tentunya peran keluarga juga amat penting dalam hal ini.

Demikian pidato yang bisa saya sampaikan, mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.

Terima kasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

4. Pidato tentang Bahaya Merokok

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua.

Yang terhormat ibu Kepala Sekolah, bapak dan ibu Guru, serta teman-teman semua yang saya cintai.

Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih karena telah memberikan kepercayaan kepada saya untuk menyampaikan pidato singkat ini dalam rangka mewujudkan hari bebas rokok.

Sudah bukan rahasia umum lagi, para perokok sebenarnya sudah mengetahui dan merasakan dampaknya dari bahaya merokok tapi mereka seolah tutup mata dengan berbagai alasan.

Padahal kenyataannya, asap rokok secara ilmiah sudah terbukti bisa menimbulkan setidaknya 25 jenis penyakit yang berbahaya jika terhirup oleh tubuh.

Sebagai negara berkembang, Indonesia justru menjadi surga bagi industri rokok, padahal seharusnya negara ini bisa berusaha untuk memperketat peraturan yang membahas soal rokok demi menjaga kesehatan warga negaranya.

Di sisi lain, meski sudah banyak peraturan dan larangan yang telah diberlakukan seperti dilarang merokok di tempat umum, tidak sedikit pula para perokok yang masih tidak menaati peraturan yang ada.

Oleh karena itu, kita sebagai warga negara yang peduli akan kesehatan harusnya bisa belajar untuk mewujudkan hidup sehat tanpa asap rokok yang diawali dari diri kita sendiri.

Mudah-mudahan di hari bebas rokok sedunia ini, kita bisa lebih menyayangi diri sendiri dan juga orang-orang yang ada di lingkungan sekitar kita.

Akhir kata, mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan di hati para hadirin sekalian.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Itu dia beberapa contoh referensi pidato yang temanya menarik dan tidak membosankan sehingga mudah diserap oleh para audiens atau pendengar.

Selain mempersiapkan diri dan naskah pidato, kamu juga tentunya harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik sehingga para audiens nantinya tidak bosan dan bisa menangkap setiap poin yang kamu sampaikan.

Melalui buku Cara Berbicara Kepada Setiap Orang dalam Setiap Situasi karya Emma Sargent & Tim Fearon bisa kamu jadikan panduan jika ingin menguasai ilmu tentang komunikasi.

Seseorang biasanya akan mudah canggung jika berada di sebuah ruangan yang dipenuhi orang-orang yang tidak ia kenal.

Untuk bisa memulai sebuah obrolan atau pembicaraan, seseorang perlu memiliki keberanian dan keterampilan dalam berkomunikasi agar orang lain juga mau mendengarkan kita.

Buku ini akan mengajarkan bagaimana caranya berkomunikasi dengan tenang dan terkendali tanpa ada rasa canggung atau malu.

Buku ini juga sangat cocok dibaca oleh para pemula karena bahasanya sangat ringan dan sederhana, tidak lupa juga dilengkapi dengan berbagai tips yang bisa dengan mudah diterapkan dalam kegiatan komunikasi sehari-hari.

Jika kamu ingin lebih percaya diri dan ingin memiliki banyak ide saat berkomunikasi dengan banyak orang, buku ini adalah salah satu pilihan yang tepat untuk dibaca.

Buku ini bisa kamu dapatkan melalui Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com