Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fungsi Tulang Hasta sebagai Membantu Pergerakan Tangan!

Kompas.com - 16/02/2023, 12:30 WIB
fungsi tulang hasta Sumber: pixabay fungsi tulang hasta
Rujukan artikel ini:
Ayo, Cari Tahu! Tubuh Manusia
Pengarang: DR. BIPASHA CHOUDHURY
|
Editor Rahmad

Apakah kamu mengetahui apa fungsi tulang hasta? Ya, tulang hasta adalah salah satu dari dua bagian pada tulang manusia yang terdapat pada bagian lengan.

Fungsi tulang hasta sendiri sangatlah banyak. Tulang hasta memiliki letak yang sejajar dengan kelingking dan bagian atasnya.

Tulang hasta yang terletak di lengan, sehingga fungsi tulang hasta sangatlah penting untuk pergerakan tangan itu sendiri. apabila tulang hasta mengalami retak atau patah, mungkin seseorang memerlukan tindakan pembedahan untuk bisa memperbaiki tulang.

Selain itu, dibutuhkan juga terapi fisik untuk bisa membantu kamu dalam mendapatkan Kembali kemampuan serta kekuatan untuk bergerak.

Fungsi tulang hasta adalah untuk membantu pergelangan tangan manusia supaya bisa berotasi atau berputar.

Nah, untuk bisa mendapatkan fungsi ini, maka tulang hasta harus disokong juga dengan pengumpil atau radius.

Tulang-tulang ini memiliki bentuk seperti pipa dengan ujungnya yang tebal dan juga kuat. Lalu, batang dari tulang hasta mendekati ujung bawah makin kecil. Fungsi tulang hasta sangatlah beragam, yuk, ketahui apa saja fungsi tulang hasta.

Fungsi Tulang Hasta

fungsi tulang hasta fungsi tulang hasta

Sebetulnya, tulang hasta mempunyai fungsi yang sama seperti halnya pada tulang lainnya, yaitu untuk membantu pergerakan serta menopang tubuh, maka berikut ini adalah beragam fungsi tulang hasta yang perlu kamu ketahui:

1. Membentuk struktur tulang lengan bagian bawah

Fungsi tulang hasta adalah untuk membentuk serta menopang struktur tulang lengan bawah, bersama dengan jari-jarinya. Tulang hasta menempati hamper dari sepertiga bagian dari tulang lengan bawah.

2. Membantu pergelangan tangan untuk berputar

Bersamaan dengan tulang radius dan juga tulang karpal, fungsi tulang hasta atau tulang lengan bawah ini adalah untuk membantu pergerakan atau perputaran dari pergelangan tangan.

Karena adanya tulang hasta inilah maka manusia bisa menggerakkan pergelangan tangannya dan juga bisa melakukan ragam aktivitas, seperti mengetik, menulis, mengangkat barang, memutar gagang pintu, dan lain sebagainya.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

3. Mampu mendukung persendian siku

Bersama dengan tulang lengan atas, fungsi tulang hasta adalah untuk membangun serta menopang sendi siku. Dikarenakan adanya tulang hasta, maka sendi siku bisa bergerak dengan lebih bebas.

Hal ini juga yang bisa membuat sendi siku hanya dapat membantu lengan menekuk serta meregang. Fungsi tulang hasta juga untuk membantu lengan bawah supaya bisa bergerak tanpa perlu mengandalkan gerakan dari persendian bagian siku.

4. Tempat otot melekat

Fungsi tulang hasta yang selanjutnya adalah sebagai tempat otot melekat. Di mana otot-otot yang melekat di tulang ini adalah otot yang ada pada lengan bagian bawah. Otot lain yang melekat di bagian tulang hasta adalah otot tangan.

5. Menyimpan asupan mineral

Salah satu yang menjadi fungsi tulang hasta yang paling utama adalah untuk menyimpan asupan mineral. Mineral yang masuk ke tubuh tersimpan pada tulang hasta.

Lalu, mineral tersebut yang nantinya akan menghasilkan sel-sel darah. Sel-sel darah inilah yang disebut dengan sumsum.

Adanya asupan mineral yang terkandung pada tulang hasta juga sangat mendukung pergerakan. Pergerakan yang ada di bagian punggung dan juga bagian bahu.

Selain itu, mineral yang terdapat pada tulang hasta ini, nantinya akan menghubungkan ligament vital ke seluruh otot-otot yang ada di dalam tubuh manusia.

Nah, itulah berbagai fungsi tulang hasta yang perlu kamu ketahui. Selain fungsi utamanya sebagai pergerakan lengan, fungsi tulang hasta ini memang beragam.

Untuk mempelajari tentang tulang pada tubuh manusia serta anatomi tubuh lainnya, kamu juga bisa mencari tahunya melalui buku Ayo, Cari Tahu! Tubuh Manusia.

Buku yang terdiri dari 68 halaman ini memuat beragam hal yang berkaitan dengan tulang manusia dan juga keseluruhan dari tubuh manusia. Jadi, tidak hanya membahas tulang saja, tetapi buku ini juga dilengkapi dengan informasi lain tentang tubuh seperti, berapa jenis bakteri yang hidup di dalam kulit kamu, apa yang terjadi dengan makanan yang sudah kamu makan, dan sebagainya.

Buku ini juga dilengkapi dengan gambar dan ilustrasi yang menarik. Pastinya sangat menarik mempelajari tentang anatomi tubuh manusia melalui buku ini.

Segera pesan dan beli buku ini melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com