Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Contoh Mahar Simple dan Elegan yang Bisa Menjadi Pilihan

Kompas.com - 20/02/2023, 10:00 WIB
Contoh Mahar Simple Elegan Sumber Gambar: Pexels.com Contoh Mahar Simple Elegan
Rujukan artikel ini:
Anti Panik Mempersiapkan Pernikahan
Pengarang: Tiga Generasi
|
Editor Puteri

Pernikahan tentunya menjadi hari yang paling sakral dan dinanti-nantikan oleh beberapa orang karena akan menjadi gerbang untuk sebuah kehidupan baru bersama pasangan dalam membangun mahligai rumah tangga.

Tentunya akan ada banyak hal yang harus dipersiapkan untuk prosesi pernikahan, salah satunya adalah mahar atau maskawin yang menjadi syarat wajib untuk melaksanakan pernikahan.

Dalam ajaran agama Islam, mahar merupakan salah satu syarat wajib dan sah dalam suatu pernikahan yang apabila tidak ada di dalamnya, maka syarat sah tersebut tidaklah terpenuhi.

Meskipun mempelai wanita tidak meminta atau mensyaratkan mahar, bukan berarti kewajiban mempelai pria untuk memberi maha menjadi batal.

Hal ini juga berdasarkan firman Allah SWT dalam surah An-Nisa ayat 4:

وَءَاتُوا۟ ٱلنِّسَآءَ صَدُقَٰتِهِنَّ نِحْلَةً ۚ فَإِن طِبْنَ لَكُمْ عَن شَىْءٍ مِّنْهُ نَفْسًا فَكُلُوهُ هَنِيٓـًٔا مَّرِيٓـًٔا

Artinya:

Dan berikanlah maskawin (mahar) kepada perempuan (yang kamu nikahi) sebagai pemberian yang penuh kerelaan. Kemudian, jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari (maskawin) itu dengan senang hati, maka terimalah dan nikmatilah pemberian itu dengan senang hati.” (Q.S. An-Nisa ayat 4)

Mahar juga tidak harus benda yang mahal atau mewah karena suatu pernikahan yang berkah pada dasarnya merupakan yang paling mudah maharnya.

Hal ini juga senada dengan sabda Rasulullah SAW:

Sesungguhnya perkawinan yang besar berkahnya adalah yang paling mudah maharnya.”

Lalu, inspirasi mahar apa saja yang simple dan elegan untuk dijadikan pilihan? Simak beberapa contohnya berikut ini.

5 Contoh Mahar Simple dan Elegan

1. Cincin

Meskipun terkesan mainstream, tapi mahar berbentuk cincin dapat menjadi simbol bukti kemurnian hati mempelai pria atas ketulusan cintanya.

Cincin adalah simbol kasih sayang dan kesetiaan yang mengikat pasangan dalam sebuah hubungan pernikahan.

Selain terasa romantis, cincin juga menjadi mahar yang simpel dan elegan sehingga akan sangat cocok untuk menemani momen pernikahan yang hanya berlangsung satu kali dalam seumur hidup.

Kamu bisa menambahkan ukiran nama atau tanggal pernikahan pada cincin yang diberikan sebagai mahar agar terasa lebih spesial lagi.

2. Seperangkat Alat Salat

Setiap pasangan suami istri pastinya mengharapkan hubungan pernikahan yang langgeng atas ridha Allah SWT.

Maka dari itu, mahar seperangkat alat salat bisa dipilih untuk diberikan sebagai tanda jika mempelai pria memang menginginkan hubungan yang sejalan dengan jalan Tuhan.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Beberapa contoh alat shalat, seperti mukena, sajadah, Al Quran, dan tasbih bisa dipilih sebagai seperangkat alat ibadah untuk mahar.

Susun dan hias seluruh alat-alat ibadah tersebut dalam sebuah box agar bisa terlihat cantik, simpel, dan elegan.

3. Buku yang Memiliki Makna

Siapa yang bilang jika mahar atau maskawin hanya dapat berupa uang tunai saja?

Pasalnya, jika mempelai wanita memiliki hobi membaca, maka buku favoritnya dapat dijadikan mahar yang tentunya akan sangat berkesan.

Apalagi jika mempelai pria merupakan seorang penulis, tentunya buku karyanya sendiri akan menjadi jauh lebih bermakna untuk dijadikan mahar.

Carilah buku yang tepat dan sesuai dengan kesukaan mempelai wanita agar ketika diberikan sebagai mahar bisa bermanfaat dan dibaca.

Mungkin beberapa buku seperti filsafat, tentang hubungan asmara, hingga fiksi romansa bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mahar pernikahan.

4. Make Up dan Skincare

Saat ini make up dan skincare sepertinya sudah menjadi kebutuhan wajib bagi kaum hawa.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika menjadikan make up dan skincare sebagai mahar pernikahan.

Cari tahu make up dan skincare seperti apa yang cocok atau digunakan oleh mempelai wanita agar bisa digunakan dan tidak menjadi sia-sia.

Apalagi kini sudah banyak sekali merek make up dan skincare yang bisa menjadi opsi untuk maskawin pernikahan.

5. Emas Batangan

Emas batangan dapat menjadi mahar simpel dan elegan yang memiliki nilai tinggi.

Jika ingin memberikan sesuatu yang mahal dengan nilai investasi yang tinggi, maka emas batangan adalah pilihan yang tepat.

Susun dan letakkan emas batangan dalam sebuah kotak kaca yang dihias dengan bunga agar terlihat lebih cantik saat diberikan.

Apalagi saat ini sudah banyak pilihan tema untuk menghias mahar emas batangan menjadi jauh lebih indah sebagai maskawin.

Selain mahar tentunya akan ada banyak hal yang mesti dipersiapkan, maka dari itu, buku Anti Panik Mempersiapkan Pernikahan karena dapat membantu para pasangan yang ingin menikah dalam mempersiapkan pernikahan impian mereka.

Buku ini merupakan salah satu buku yang cocok untuk kalian yang tengah mempersiapkan pernikahan agar tidak terlalu gelisah dan khawatir.

Tidak hanya memberikan teori, tetapi juga langkah praktis agar calon pengantin atau calon suami dan istri lebih tenang menghadapi masa baru dalam hidupnya.

Segera miliki dan pesan bukunya di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com