Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Perlu Disiapkan Sebelum Pernikahan? Ini yang Perlu Kamu Lakukan

Kompas.com - 10/01/2023, 11:30 WIB
Apa yang perlu disiapkan sebelum pernikahan Photo by stempow on Pixabay Apa yang perlu disiapkan sebelum pernikahan
Rujukan artikel ini:
Kado Pernikahan Istimewa
Pengarang: M. As'ad Mahmud, Lc.
|
Editor Rahmad

Apa yang perlu dipersiapkan sebelum pernikahan? Ini adalah pertanyaan penting karena kamu perlu menyiapkan pernikahanmu dengan baik. Pernikahan adalah acara sakral sekaligus sangat memorial, jadi perlu dilaksanakan sebaik mungkin.

Apa yang Perlu Disiapkan Sebelum Pernikahan?

Berikut ini beberapa hal apa yang perlu disiapkan sebelum pernikahan agar acara bisa berjalan lancar:

1. Mental

Hal terpenting saat mempersiapkan pernikahan adalah persiapan mental. Mempelai antara laki-laki dan perempuan tentu harus siap mental jika ingin menikah yang akan sangat berpengaruh.

Pernikahan bukanlah hubungan yang mudah seperti saat pacaran. Kamu menghadapi hidup baru, mengalami suka duka hidup bersama dengan pasanganmu dan merasakan hal lain yang belum pernah kamu rasakan bersama.

2. Keuangan

Selain persiapan mental, kamu tentu harus siap secara finansial. Tentu saja, jika ingin menikah, ada biaya yang harus dikeluarkan dalam pernikahan, itu adalah hal yang penting untuk menikah.

Mengorganisir pernikahan juga sangat penting untuk kehidupan pribadi. Tentu saja, jika kita ingin menikah, kita harus stabil secara finansial, kita membutuhkan pekerjaan tetap untuk dapat menghidupi keluarga kita dengan aman.

Setelah menikah, ada banyak biaya seperti memikirkan tempat tinggal, biaya hidup sehari-hari, biaya anak, dll.

3. Restu

Pernikahan bukan hanya pernikahan antara sepasang kekasih pria dan wanita. Namun perkawinan juga berkaitan dengan dua keluarga antara keluarga laki-laki dan keluarga perempuan secara baik-baik

hal ini karena pernikahan ini mempersatukan dua keluarga, maka harus pula atas restu dari keluarga, terutama orang tua. Ini tentu berpengaruh pada kelancaran acara termasuk dalam pernikahan itu sendiri.

4. Tetapkan Rencana Pernikahan

Hal lain yang tak kalah penting adalah membenahi rencana pernikahan. Rencana pernikahan biasanya ditetapkan ketika kedua keluarga sedang melakukan kontak mengenai masalah pernikahan.

Salah satu agenda terpenting dalam sebuah acara pernikahan adalah jadwal acara itu sendiri bukan? Ini juga termasuk dari waktu, tempat, hingga hantaran pernikahan yang harus disiapkan.

5. Ikuti Panduan Pranikah

Cara lain untuk mempersiapkan pernikahan adalah melalui konseling pranikah. Bimbingan pranikah diatur dalam UU Nomor. 16 Tahun 2019 atas perubahan UU Perkawinan No. 1 Tahun 1974.

Undang-undang tersebut mewajibkan calon pengantin untuk mengikuti penyuluhan pranikah yang diselenggarakan oleh Kantor Urusan Agama Kementerian Agama Republik Indonesia.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Konseling pranikah seperti ini biasanya akan dilakukan dua hari setelah pasangan mendaftar. Waktunya juga ditentukan oleh KuA.

6. Tentukan Anggaran Pernikahan

Anggaran adalah salah satu yang harus disiapkan dalam perencanaan pernikahan. Anggaran sulit karena mencakup seluruh upacara pernikahan. Konsep, catering, dan tempat pernikahan sesuai dengan keinginan kamu jika memiliki anggaran yang cukup.

7. Menentukan Konsep Pernikahan

Setelah membicarakan masalah budget, lanjut ke konsep wedding. Konsep pernikahan biasanya berdasarkan keinginan pasangan, namun tidak menutup kemungkinan melibatkan keluarga juga.

Biasanya, keluarga menyarankan untuk memasukkan praktik perkawinan ke dalam konsep pernikahan anak mereka. Sebelum menentukan konsep secara menyeluruh, kamu bisa memilih konsep dasar untuk pernikahanmu.

Konsep dasar ini adalah formal, semi formal atau santai. Setelah kamu mendefinisikan konsep dasar, kamu dapat mendefinisikan konsep tersebut secara detail.

8. Penggunaan Jasa Wedding Planner

Setelah Anda menentukan konsep pernikahan, kamu bisa menyewa jasa wedding planner untuk mewujudkan konsep pernikahanmu. Dengan adanya jasa wedding planner, Anda lebih mudah karena tidak harus melakukannya sendiri.

Kamu dapat memberi mereka konsep dan mereka mengurus semuanya. Harga menggunakan jasa wedding planner tidak berbeda jauh. Ini juga bisa termasuk mempersiapkan catering, dekorasi, dan baju pengantin.

9. Menentukan Undangan dan Souvenir Pernikahan

Saat melangsungkan acara pernikahan, kamu perlu membuat undangan bukan? Tentukan ingin menggunakan undangan seperti apa. Selain itu siapkan juga buah tangan atau souvenir pernikahan yang akan diberikan kepada tamu yang datang ke acara pernikahan.

Buku Kado Pernikahan Istimewa bisa kamu jadikan referensi untuk mengetahui apa yang perlu disiapkan sebelum pernikahan. Buku ini akan memberimu panduan lengkap mempersiapkan pernikahan dengan sangat baik. Termasuk mempersiapkan mental.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com