Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Teks Prosedur Beserta Penjelasan Terkait Kegunaannya!

Kompas.com - 30/01/2023, 15:30 WIB
jenis teks prosedur Sumber: pixabay jenis teks prosedur
Rujukan artikel ini:
22 Jenis Teks Dalam Pembelajaran…
Pengarang: Dr.E.Kosasih, M.Pd
|
Editor Rahmad

Apa kamu pernah mendengar istilah teks prosedur? Beberapa dari kita mungkin asing dengan istilah dari teks prosedur dan juga jenis pada teks prosedur. Teks prosedur merupakan teks yang berisi cara untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Secara umum, teks prosedur ini disusun secara berurutan dalam setiap langkahnya.

Isi dari teks prosedur biasanya membuat suatu cara, tutorial tentang langkah dalam melakukan suatu hal, dan juga tips. Isi dalam teks prosedur sendiri biasanya memiliki banyak kata perintah yang menyuruh kepada setiap pembacanya untuk mengikuti panduan atau langkah-langkah yang dijelaskan.

Teks prosedur sendiri terdiri dari beberapa jenis berdasarkan pada topik yang dibahas di dalamnya. Apa saja itu? Simak penjelasan tentang jenis teks prosedur berikut ini.

Jenis-Jenis Teks Prosedur

jenis teks prosedur jenis teks prosedur

1. Teks untuk menggunakan alat atau benda

Jenis teks prosedur yang pertama adalah teks yang berisikan tentang prosedur ataupun langkah yang akan menjelaskan suatu cara menggunakan suatu benda atau alat tertentu. Lalu, bisa juga untuk menjelaskan tentang penggunaan beberapa bahan secara lengkap berdasarkan pada takarannya.

Dengan begitu, isi dan tujuan dari teks prosedur jenis ini adalah bertujuan untuk bisa menjelaskan pembuatan suatu hal.

2. Teks untuk melakukan suatu kegiatan tertentu

Jenis teks prosedur yang satu ini sering kali digunakan untuk menjelaskan tentang suatu kebiasaan serta sifat yang bermanfaat bagi orang banyak. Maka dari itu, teks prosedur tidak selalu berisikan mengenai proses dalam membuat suatu benda atau alat, tetapi juga dapat digunakan untuk menjelaskan mengenai kegiatan atau aktivitas.

Selain jenis teks prosedur yang berdasarkan dengan pada isi dan tujuannya seperti penjelasan di atas, teks prosedur juga dibedakan berdasarkan pada tingkat kerumitannya. Berikut ini penjelasannya.

3. Teks prosedur sederhana

Pengertian jenis teks prosedur yang satu ini adalah sebuah teks yang berisi tentang beberapa langkah saja dan biasanya prosesnya tidak terlalu sulit dan mudah untuk diikuti serta dipraktikkan.

Biasanya, teks prosedur ini hanya memuat dua, tiga langkah saja. Beberapa jenis teks prosedur yang termasuk ke dalam jenis teks prosedur sederhana misalnya cara membuat teh, cara menyalakan TV, atau bisa juga cara menaiki lift.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

4. Teks prosedur kompleks

Teks prosedur kompleks adalah jenis teks prosedur yang memuat banyak langkah dan tahapan yang dimuat di dalamnya biasanya cukup rumit dan kompleks. Bahkan, bisa saja langkah yang satu dengan yang lainnya dilakukan dengan cara paralel atau bahkan juga serial.

Namun, pada jenis teks prosedur ini, ada hal yang wajib untuk diperhatikan oleh pembacanya yaitu masalah ketelitian. Beberapa jenis teks prosedur yang termasuk ke dalam jenis teks prosedur ini adalah cara membuat batik tulis, cara memasak rendang, dan cara membangun rumah.

5. Teks prosedur protokol

Teks prosedur protokol adalah jenis teks prosedur yang memuat cara serta langkah yang ringan, sehingga sifatnya teks ini mudah untuk bisa dipahami oleh pembacanya.

Beberapa jenis teks yang termasuk ke dalam jenis teks prosedur adalah cara menghidupkan mesin mobil, cara menyalakan handphone, serta cara membersihkan karpet dengan bersih.

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang jenis teks prosedur yang perlu untuk kamu ketahui. Saat sudah melihat jenis teks prosedur di atas, pasti kamu sebetulnya sering menemukan teks prosedur pada bacaan kamu, bukan?

Jika kamu ingin mengetahui beragam jenis teks lainnya, kamu juga bisa mempelajarinya melalui buku 22 Jenis Teks & Strategi Pembelajarannya di SMA/MA/SMK. Sesuai dengan judulnya, buku yang berisi 552 halaman ini memuat 22 jenis teks yang ada di dalam bahasa Indonesia.

Buku ini bisa menjadi referensi yang tepat bagi siswa dan pengajar dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas. Buku ini tidak hanya berisikan seluruh teks yang dipelajari di bangku sekolah SMA-MA/SMK saja, tetapi juga diintegrasikan dengan suatu strategi pembelajaran di dalam kelas.

Jadi, melalui buku ini mampu memudahkan tim pengajar dalam proses pembelajaran di kelas. Sebab, buku ini memang bertujuan untuk meningkatkan kualitas siswa serta kegiatan belajar mengajar di kelas.

Buku ini bisa langsung segera kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com