Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbagai Contoh Teks Ulasan yang Menarik Untuk Jadi Referensi

Kompas.com - 25/01/2023, 09:30 WIB
contoh teks ulasan Photo by ToNic-Pics on Pixabay contoh teks ulasan
Rujukan artikel ini:
Terampil Mengarang: Dari Persiapan Hingga…
Pengarang: Heri Jauhari
|
Editor Rahmad

Apakah kamu ingin membuat teks ulasan? Tepat sekali, jika ingin mereview karya, kamu bisa menggunakan teks ulasan ini. Misalnya mengulas buku, film, musik, dan karya lainnya. Kamu bisa perhatikan contoh teks ulasan berikut ini sebagai referensi.

Contoh Teks Ulasan

Berikut ini contoh teks ulasan buku novel dan film yang bisa kamu jadikan referensi jika ingin mengulas karya yang serupa:

1. Teks Ulasan Novel Habibie dan Ainun

a. Orientasi

Novel Habibie dan Ainun merupakan karya BJ Habibie yang diluncurkan pada 30 November 2010. Isi novel ini tak lain adalah kisah cinta Pak Habibie dan Bu Ainun. Kisah cinta Habibie dan Ainun dalam novel ini diawali dengan pertemuan mereka hingga maut memisahkan.

b. Interpretasi

Novel setebal 321 halaman ini juga memuat berbagai puisi doa dan cinta. Kisah novel ini diawali dengan pertemuan kembali Habibie dan Ainun. Mereka bertemu di rumah Ainun pada malam lebaran. Habibie saat itu sedang berlibur selama 3 bulan.

Setelah itu, Habibie kembali ke Jerman bersama Ainun. Perlahan mereka mengalami ujian cinta dan perjuangan yang harus mereka lalui sesampainya di Jerman. Ainun selalu mendukung pekerjaan dan tugas Habibie, sehingga Habibie tidak pernah mengeluh.

Meski hadir bersama Ainun, tetapi konsentrasi Habibie tak pernah terganggu. Dalam cerita yang ditulis dalam novel ini, Habibie menderita TBC. Meski Ainun melewati situasi sulit, tetapi dia selalu merawat Habibie dengan penuh kasih sayang dan memantau kesehatan Habibie.

Sebaliknya, Habibie selalu melibatkan Ibu Ainun dalam proses pengambilan keputusan. Berkat keharmonisan itu, Pak Habibie meraih banyak kesuksesan dan dikagumi banyak orang di Jerman.

Kisah cinta di antara mereka kemudian berakhir dengan kematian Ainun yang meninggal karena penyakit kanker yang dideritanya selama bertahun-tahun.

c. Evaluasi

Novel setebal 321 halaman ini disajikan dengan bahasa yang mudah dipahami agar pembaca dapat terlibat dengan cerita yang disajikan. Maka tidak heran jika novel ini sangat digemari banyak orang.

Menurut Pak Habibie, kehadiran buku itu menutupi kekosongan jiwa Pak Habibie hingga kini. Habibie dan Ainun merupakan novel yang patut dibaca oleh orang dewasa, khususnya pasangan suami istri.

Karena novel ini bercerita tentang perjuangan dan kesulitan yang mereka lalui. Dalam hal ini, kehidupan keluarga juga mendapatkan semangat dan motivasi agar lebih harmonis dan dapat saling mendukung.

2. Teks Ulasan Film Perahu Kertas

a. Orientasi

Film Perahu Kertas diangkat dari novel berjudul sama karya Dewi Lestari. Film ini tentang kejujuran hati dan perasaan yang terhalang oleh hal lain. Film ini diperankan oleh artis wanita cantik bernama Maudy Ayunda dan peran pria diperankan oleh Adipati Dolken.

b. Interpretasi

Film ini berfokus pada kisah cinta remaja. Film Perahu Kertas mengisahkan puncak-puncak hubungan Kugy dan Keenan. Mereka bertemu saat Kugy dan sahabatnya menjemput Keenan dari Belanda.

Namun, berbagi perasaan di antara keduanya tidak berjalan mulus. Pasalnya, saat pertama kali bertemu, Kugy menjalin hubungan dengan Ojos.

Sedangkan Keenan juga dekat dengan gadis yang bernama Wanda. Meskipun Keenan dan Kugy memiliki perasaan satu sama lain, tetapi mereka tidak pernah mengungkapkan perasaan tersebut satu sama lain.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kisah cinta mereka bermula saat mereka kuliah di Bandung. Dalam film tersebut, Kugy digambarkan sebagai wanita liar dan bahagia yang percaya bahwa dirinya adalah agen dewa Neptunus.

Ia lebih suka menulis ceritanya di atas kertas, yang kemudian dibentuk menjadi perahu dan mengapung di air. Meski terlihat kekanak-kanakan, Kugy sebenarnya adalah orang yang berpikiran dewasa.

Sedangkan Keenan merupakan pelukis muda yang berbakat namun dipaksa orang tuanya melanjutkan kuliah Fakultas Ekonomi. Keenan membentuk band seragam bersama Kugy dan sahabatnya, Noni dan Eko.

Persahabatan Lugu dan Keenan yang mereka lakukan hampir setiap hari tanpa disadari menimbulkan rasa cinta di antara mereka. Namun rintangan demi rintangan selalu ada dalam kisah mereka.

Keenan yang sudah kehilangan semangat akhirnya pergi ke rumah Pak Wayan. Pak Wayan sendiri adalah guru lukis Keenan yang menjodohkan Kugy dengan kliennya bernama Remi. Kugy yang lulus kuliah magang di biro iklan milik teman kakaknya.

Setelah sekian lama, Kugy dan Keenan akhirnya bertemu secara kebetulan di pernikahan Noni dan Eko. Hubungan keduanya akhirnya berakhir. Namun sayang ada kendala di antara mereka yaitu Remy dan Luhde.

c. Evaluasi

Film ini memiliki beberapa keunggulan, misalnya karakter yang dimainkan sangat kuat dan pas. Pesan moral yang tertanam dengan baik dalam cerita adalah cita rasa film ini. Sepanjang cerita, inspirasi maksimal para pemain dijelaskan, beserta plot dan konflik yang bagus.

Selain kelebihan film ini, film ini juga memiliki beberapa kekurangan. Misalnya, eksploitasi kehidupan pribadi masing-masing karakter, yang pada akhirnya memotong perhatian penonton.

Ending film ini juga terkesan menggantung tanpa ada kejelasan bagaimana kelanjutan film ini. Film berjudul Paper Boat sangat cocok untuk para remaja sehingga banyak yang bisa merasakan kisah cinta yang sama dengan film ini.

Ceritanya sangat cocok dengan kehidupan nyata, karakter nyata, konflik nyata tampaknya menjadi alasan mengapa remaja harus melihat kisah dua sejoli ini.

Buku Terampil Mengarang : Dari Persiapan Hingga Presentasi Dari Opini Hingga Sastra yang ditulis Heri Jauhari bisa kamu jadikan referensi menemukan contoh teks ulasan. Buku ini juga berisi cara menyusun teks opini berbagai isu dan mengarang sastra.

Buku ini bisa kamu pesan dan beli di Gramedia.com!

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.