Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Buku Metodologi Penelitian Sebagai Panduan Kamu dalam Menyusun Skripsi

Kompas.com - 27/01/2023, 10:30 WIB
rekomendasi buku tentang metodologi penelitian Sumber: pixabay rekomendasi buku tentang metodologi penelitian
Rujukan artikel ini:
Metodologi Penelitian : Lengkap, Praktis,…
Pengarang: V. Wiratna Sujarweni
|
Editor Rahmad

Buku metodologi penelitian sangatlah penting bagi kamu yang sedang menyusun skripsi. Melalui buku metodologi penelitian, kamu bisa mendapatkan informasi maupun referensi yang bisa mendukung karya tulis skripsi kamu.

Bagi mahasiswa perguruan tinggi tingkat akhir, penelitian dan menyusun skripsi menjadi fase yang wajib dilalui sebelum nantinya mereka secara resmi dinyatakan lulus dari perguruan tinggi tersebut. Sebagai bentuk pertanggungjawaban dari penelitian yang kamu lakukan, maka kamu diharuskan menulis laporan dalam bentuk skripsi.

Dalam memudahkan proses penelitian yang kamu jalani, maka kamu butuh buku tentang metodologi penelitian. Meskipun setiap jurusan mempunyai buku referensi metodologi penelitiannya masing-masing, tetapi tetap saja kamu membutuhkan buku referensi tambahan.

Melalui buku metodologi penelitian, ini sangat membantu kamu dalam melaksanakan penelitian, karena buku tersebut akan membantu kamu mengarahkan bagaimana cara membuat laporan penelitian.

Berikut adalah rekomendasi buku tentang metodologi penelitian yang bisa kamu jadikan sebagai panduan dalam penyusunan skripsi kamu.

Rekomendasi Buku Metodologi Penelitian

1. Metodologi Penelitian : Lengkap, Praktis, Dan Mudah Dipahami

Buku tentang metodologi penelitian karya V. Wiratna Sujarweni adalah bagian dari pengayaan berbagai literatur mengenal metodologi penelitian. Buku ini juga ditulis berdasarkan pada literatur yang luas yang dipaparkan melalui bab-bab yang ada di dalamnya.

Bab di dalam buku ini merupakan bagian terpenting dalam penelitian. Sehingga, dengan adanya buku ini diharapkan bisa menjadi pedoman bagi mahasiswa ataupun peneliti yang menginginkan sebuah buku metodologi penelitian yang praktis, lengkap, serta menggunakan bahasa yang mudah untuk dipahami.

2. Belajar Mudah Metodologi Penelitian

Metodologi penelitian merupakan suatu metode atau cara yang digunakan untuk menjalankan sebuah penelitian. Metodologi penelitian juga berisikan sekumpulan aturan, kegiatan, serta prosedur yang digunakan oleh peneliti untuk menyelesaikan suatu permasalahan penelitian terhadap objek yang dikajinya.

Melalui buku metodologi penelitian karya Sutanta ini, kamu bisa menemukan berbagai informasi lengkap tentang metodologi penelitian. Buku ini terdiri dari 8 bab yang semuanya penting untuk dibahas.

Mulai dari dasar-dasar penelitian, jenis penelitian, unsur dari masing-masing metodologi penelitian, perancangan, hingga pelaksanaan dan penulisan laporan penelitian. Buku ini sangat lengkap dan cocok untuk kamu gunakan sebagai referensi kamu saat memilih model metodologi penelitian.

3. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori Dan Aplikasi

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Buku metodologi penelitian karya Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul Jannah ini tidak hanya membahas tentang penelitian kualitatif saja, tetapi juga membahas mulai dari bagaimana memilih topik penelitian sampai kepada cara untuk menyajikan data yang ada di dalam laporan.

Buku ini juga menjelaskan tentang prinsip dalam penelitian, peranan etika dalam penelitian, serta bagaimana seorang peneliti bisa menerapkan pendekatan kuantitatif menggunakan sebuah asumsi dasar yang ada. Disajikan pula contoh kasus yang diambil dari suatu penelitian beserta penjelasan detailnya.

4. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya

Pada dasarnya, sebuah penelitian berfungsi untuk menemukan kebenaran, bukan atas dasar asumsi. Untuk memperoleh kebenaran tersebut, maka dibutuhkan penelitian yang dilandasi oleh kaidah-kaidah yang tepat.

Buku metodologi penelitian yang ditulis oleh Prof.Deddy Mulyana, M.A., Ph.D. menyajikan berbagai hal tentang metodologi penelitian secara gamblang. Mulai dari perencanaan penelitian sampai menyajikan hasil penelitian kepada publik. Setiap tahapan dalam penelitian diuraikan pada buku ini.

5. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif : Teori, Penerapan, dan Riset Nyata

Ini adalah buku metodologi penelitian yang ditulis oleh I Made Laut Mertha Jaya. Buku yang berisi 232 halaman ini memuat berbagai materi yang paling penting tentang metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif yang dirancang dengan jelas, lengkap dan sangat detail.

Buku ini tidak hanya membahas tentang teori saja, tetapi juga penerapannya dan riset nyata, sehingga bisa membuat kamu lebih mudah dalam memahaminya. Buku ini memang dirancang untuk memenuhi materi perkuliahan tentang metodologi penelitian kualitatif dan kuantitatif.

Semua bab yang ada di dalam buku ini adalah bab yang penting dalam penelitian. Selain itu, buku ini disusun dengan lengkap dan praktis, sehingga bisa menjadi pedoman bagi mahasiswa untuk penelitian kualitatif ataupun kuantitatif.

Itulah beberapa buku yang bisa kamu jadikan sebagai pedoman dalam penelitian skripsi kamu. Semua buku tersebut bisa langsung kamu pesan dan beli melalui gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, beli buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

promo diskon promo diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com