Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekomendasi Buku Metode Penelitian Karya Sugiyono yang Bisa Kamu Jadikan Referensi dalam Kegiatan Penelitian

Kompas.com - 08/09/2022, 14:11 WIB
Buku Metode Penelitian Sugiyono Sumber Gambar: Freepik.com Buku Metode Penelitian Sugiyono
Rujukan artikel ini:
Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif,…
Pengarang: Prof. Dr. Sugiyono
Penulis Okky Olivia
|
Editor Almira Rahma Natasya

Pembahasan mengenai metode penelitian tentunya tidak akan jauh-jauh dari para mahasiswa yang tengah menjalani proses perkuliahan di perguruan tinggi.

Selama masa perkuliahan, para mahasiswa akan diajari tata cara penelitian yang nantinya akan membantu mereka untuk bisa berpikir lebih cerdas dan bekerja dengan lebih sistematis.

Pada semester akhir perkuliahan, kegiatan penelitian ini juga dijadikan sebagai salah satu tanggung jawab yang harus dikerjakan oleh para mahasiswa, yang biasanya diwujudkan dalam bentuk laporan skripsi maupun tesis.

Kegiatan penelitian ini sebenarnya bisa dilakukan di semua bidang studi ataupun jurusan, hanya saja dibedakan berdasarkan cara pengambilan datanya yang akan ditentukan sendiri oleh si peneliti.

Berdasarkan cara penelitiannya, metode penelitian akan dibagi menjadi 3 bagian yakni penelitian kuantitatif, penelitian kualitatif, dan penelitian gabungan.

Apa yang membedakan ketiga jenis penelitian ini dan apa yang harus dilakukan untuk bisa maksimal dalam kegiatan penelitian? Kamu bisa temukan jawabannya dalam buku-buku metode penelitian berikut ini.

Buku Metode Penelitian Karya Sugiyono

1. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan R&D

Buku dengan total 24 bab ini akan membahas mengenai materi metode penelitian secara jelas dan lengkap mulai dari metode penelitian kuantitatif, kualitatif, kombinasi (gabungan), dan metode penelitian R&D.

Dari bab 2 sampai bab 18, kamu akan belajar bagaimana caranya mengerjakan penelitian kuantitatif dan kualitatif, mulai dari landasan teori, cara pengajuan hipotesis, teknik pengumpulan data, cara menganalisis data, sampai cara menulis proposal hasil penelitian

Mulai dari bab 19 sampai terakhir, kamu akan belajar materi mengenai penelitian kombinasi mulai dari dasarnya sampai berbagai metode yang bisa kamu terapkan dalam penelitianmu.

2. Metode Penelitian Kebijakan

Buku yang secara khusus dibuat untuk Mahasiswa dan para pembuat kebijakan publik ini berisi 20 bab mengenai penelitian kebijakan mulai dari tahap mendasar sampai tahap yang sulit.

Dalam buku ini, kamu akan mempelajari berbagai metode yang akan kamu gunakan saat ingin melakukan penelitian kebijakan, mulai dari metode survey, metode eksperimen, metode evaluasi, dan masih banyak lagi.

Melalui buku ini, kamu akan memiliki banyak sekali alternatif dalam mengerjakan penelitian sehingga kamu tidak akan kebingungan dan terjebak dalam satu atau dua metode tertentu saja.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Rekomendasi Buku Metode Penelitian Terpopuler

1. Metode Penelitian: Prinsip dan Praktik – Unggul Purwohedi, PhD.

Buku metode penelitian yang baru saja terbit pada Juli 2022 ini akan memberikan pengetahuan mengenai penelitian dari segi teori dan praktek, supaya penelitian yang kamu hasilkan bisa bermanfaat bagi banyak pihak.

Buku ini juga akan membahas mengenai jenis-jenis penelitian, permasalahan yang biasanya ada dalam penelitian, cara mengembangkan kerangka teori, cara menentukan populasi dan teknik sampling, cara menganalisis data, dan masih banyak lagi.

Buku ini sangat cocok digunakan untuk para mahasiswa yang tengah bingung menentukan jenis penelitian yang cocok untuk digunakan karena buku ini ditulis dengan menggunakan 3 pendekatan penelitian yang sudah umum (kualitatif, kuantitatif, dan gabungan).

2. Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif – I Made Laut Mertha Jaya

Buku ini secara khusus dirancang dan ditujukan untuk para mahasiswa yang tengah bingung menentukan metode penelitian kuantitatif atau kualitatif.

Buku setebal lebih dari 200 halaman ini akan memaparkan materi mengenai metode penelitian secara lengkap untuk bisa membantu mempermudah prosesmu dalam kegiatan penelitian.

3. Ragam Analisis dalam Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi – Prof. Dr. Umi Narimawati, Dra., S.E, M.Si, dkk

Setelah mengetahui dan memahami penjelasan mengenai metode penelitian secara jelas, buku ini akan mengajarkan bagaimana caranya mengumpulkan dan mengolah data-data yang sesuai dengan tujuan penelitianmu.

Selain itu, buku ini juga akan mengajarkan cara-cara penggunaan berbagai macam software yang ternyata bisa membantu mempercepat proses pengolahan data penelitianmu, mulai dari software PLS, SmartPLS, LISREL, SEM, AMOS, dan masih banyak lagi.

Buku ini sangat cocok untuk kamu jadikan sebagai bahan referensi dalam pengolahan data penelitian untuk penulisan skripsi.

Walau terlihat rumit, menjalankan kegiatan penelitian sebenarnya menjadi salah satu hal paling seru di dunia perkuliahan, karena kamu bisa menentukan dan memilih sendiri tema, tujuan, serta metode penelitian yang akan kamu jalankan.

Untuk semakin mempermudah kegiatan penelitianmu, buku-buku diatas tentu bisa kamu jadikan sebagai bahan pembelajaran atau referensi.

Buku-buku ini bisa dengan mudah kamu dapatkan melalui Gramedia.com.

Selain itu, ada gratis voucher diskon yang bisa kamu gunakan tanpa minimal pembelian. Yuk, borong semua buku di atas dengan lebih hemat! Langsung klik di sini untuk ambil vouchernya.

Promo Diskon Promo Diskon

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com