Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Contoh Kalimat Rendah Hati yang Penuh Makna dan Kebijaksanaan

Kompas.com - 20/02/2023, 09:00 WIB
Kalimat Rendah Hati Sumber Gambar: Freepik.com Kalimat Rendah Hati
Rujukan artikel ini:
Rendah Hati Membuka Pintu Sukses
Pengarang: Jemmy Setiawan
|
Editor Ratih Widiastuty

Memiliki sikap rendah hati dapat menjadi renungan untuk selalu menjadi pengingat diri agar tidak sombong.

Beberapa ciri dari seseorang yang memiliki sikap rendah hati umumnya tidak selalu menganggap dirinya lebih baik dari orang lain.

Oleh karena itu, mereka akan cenderung merasa selalu butuh belajar lebih banyak dan lebih baik lagi tanpa berpikir untuk merasa hebat dibandingkan orang lain.

Sikap rendah hati tidak hanya hadir sejak lahir, tetapi juga dapat dilatih salah satunya dengan membaca ungkapan kalimat rendah hati.

Ungkapan kalimat rendah hati yang penuh makna dan kebijaksanaan dapat menjadi pemicu kita dalam bersikap lebih baik lagi.

Dengan memiliki sikap rendah hati, kita dapat memberikan energi positif bagi orang-orang yang ada di sekitar kita.

Tak hanya itu, sikap tersebut juga dapat memberikan kenyamanan pada lawan bicara ketika mengobrol dengan kita.

Maka, kita perlu melatih sikap rendah hati sejak dini agar mampu membangun karakter baik yang kuat.

Nah, untuk melatih membangun sikap tersebut, berikut contoh kalimat rendah hati yang penuh makna dan kebijaksanaan, sehingga bisa jadi inspirasi.

Baca buku sepuasnya di Gramedia Digital Premium

Kalimat Rendah Hati

  • "Kesederhanaan membuat kita memiliki ruang untuk berpikir lebih dalam terhadap setiap makna dari kehidupan."
  • "Ingat untuk senantiasa memiliki rendah hati dan bersyukur atas apa yang dimiliki dan setiap hal yang telah mampu dicapai hingga hari ini."
  • "Menjadi seseorang yang mudah memaafkan merupakan bagian dari ciri kerendahan hati, mencerminkan kebesaran jiwa dan keberserahan yang tulus."
  • "Jangan pernah menganggap dirimu hebat, berusahalah untuk tetap rendah hati, karena dengan sikap itulah rezeki akan datang menghampiri."
  • "Kerendahan hatimu tidak akan membuat dirimu menjadi manusia hina, tetapi sikap itu justru akan akan membuatmu menjadi manusia lebih terhormat di hadapan orang lain."
  • "Dengan sikap kerendahan hati, kesombongan hanya akan memperoleh rasa malu."
  • "Jangan memandang rendah diri kamu untuk mendapatkan sesuatu, tapi menurunkan hati untuk memberikan sesuatu."
  • "Setiap orang yang memiliki ketulusan dan kerendahan hati dalam hidupnya akan menjadi pribadi yang sukses."
  • "Memiliki sikap rendah hati dapat menjauhkan dari kesombongan, asal jangan merasa rendah diri agar tidak kehilangan kesempatan untuk bertumbuh lebih baik."
  • "Salah satu kebahagiaan hidup datang dari sikap rendah hati."

Kalimat Rendah Hati Penuh Kebijaksanaan

  • "Rendah hati dapat menjadi sayap yang kokoh untuk terbang tinggi dalam perjalanan menjadi sosok pribadi lebih baik."
  • "Memiliki sikap pamer hanya menjadi ide yang bodoh untuk sebuah kemenangan."
  • "Kesombongan dapat membuatmu memiliki kehormatan yang lebih tinggi, namun rendah hati mampu membawamu pada jenis penghormatan yang jauh lebih tinggi."
  • "Menjadi sosok orang yang rendah hati bisa membuat diri sendiri merasa nyaman dan orang lain dapat merasakan hal tersebut."
  • "Sikap rendah hati seperti halnya pepatah yang menyebut berdiri sama tegak dan duduk sama rendah."
  • "Ketika semakin tinggi kita ditempatkan, sadari bahwa hal tersebut merupakan pengingat agar kita juga dapat semakin rendah hati dalam berjalan."
  • "Orang dewasa merupakan sosok yang bijaksana, bertanggung jawab, selalu bersyukur, dan rendah diri ketika mereka dapat menyadarinya."
  • “Merendahkan orang lain tidak akan pernah membuatmu terlihat mulia, karena Kemuliaan dimiliki oleh mereka yang rendah hati."
  • "Tetap bersahaja ketika kaya, bersikap setiap meski banyak pilihan, dan selalu rendah hati padahal hebat."
  • "Bersikaplah rendah hati meski setinggi apapun kedudukanmu dan tetaplah percaya diri meski masih banyak kekurangan. Bersyukur dalam segala keadaan merupakan kuncinya."
  • "Jangan bersedih karena memiliki kekurangan dan jangan sombong akan kelebihan yang kamu punya. Tetaplah bersikap rendah hati dan teruslah berjuang untuk mengerjakan sesuatu yang berarti."
  • "Meski sikap rendah hati membuat dirimu terlihat lemah, namun sesungguhnya itu menunjukkan bahwa kamu kuat dan merupakan manusia yang sejati.”
  • “Sikap rendah hati ibarat perhiasan yang memiliki nilai sama dengan sebuah kerajaan."
  • "Kerendahan hati yang mampu membuat seseorang akan terlihat lebih istimewa di hadapan orang lain."
  • "Jadikan kelebihan diri sebagai bentuk kerendahan hati dan lihatlah kekurangan sebagai bentuk motivasi."

Itulah berbagai contoh kalimat rendah hati yang penuh makna dan kebijaksanaan untuk bisa jadi inspirasi kamu dalam melatih diri menjadi pribadi lebih baik.

Dalam buku Rendah Hati Membuka Pintu Sukses, dikatakan bahwa sikap rendah hati merupakan salah satu hal yang dapat membawa kita pada kesuksesan.

Buku ini juga menjelaskan bahwa terdapat lima unsur yang ada dalam menjalani proses kesuksesan, salah satunya fokus diri.

Di antara hal-hal yang berkaitan dengan fokus diri, memiliki sikap rendah hati dapat membuat kita menjadi pribadi lebih baik sekaligus mampu mendatangkan kesuksesan.

Maka dari itu, untuk kamu yang tertarik meningkatkan kemampuan sikap rendah hati dapat membaca buku Rendah Hati Membuka Pintu Sukses.

Buku yang ditulis oleh Jemmy Setiawan ini akan memperkenalkanmu untuk lebih fokus dalam mengenali diri yang kemudian dapat meningkatkan sikap rendah hati.

Salah satu contoh yang dijelaskan dalam buku ini yaitu bagaimana kita dalam menerapkan sikap rendah hati perlu memahami untuk berfokus pada Tuhan sebagai pondasi utama kehidupan.

Adapun fokus Tuhan yang dijelaskan dalam buku ini, yaitu niat lurus karena Allah SWT, selalu berbuat beramal baik, memandang musibah sebagai rahmat dan menerapkan formula bahagia salah satunya rendah hati.

Penulis juga memberikan berbagai contoh tokoh-tokoh terkenal yang memiliki pesona rendah hati yang membawa mereka pada kesuksesan.

Tertarik membaca buku Rendah Hati Membuka Pintu Sukses? Tersedia dalam bentuk e-book yang bisa kamu dapatkan secara online di Gramedia.com.

Rekomendasi Buku Terkait

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com